Perubahan sering terjadi dalam sebuah cerita, khususnya komik. Perubahan tersebut bisa jadi merupakan perubahan sifat, karakter, atau mungkin yang paling simpel adalah perubahan kostum. Perubahan tersebut disesuaikan dengan cerita dan juga karakternya, contoh karakter tersebut berada di universe alternatif. Hal ini juga berlaku kepada salah satu karakter populer dari DC, Superman. Ada beberapa perubahan kostum Superman yang dianggap paling keren. Apa saja?

Versi Post-Crisis

DC Comics pertama kali melakukan reboot besar-besaran setelah event populer, Crisis on Infinite Earths. Reboot tersebut dilakukan untuk “membereskan” cerita dan karakter yang kacau akibat ulah Anti-Monitor yang mengacak-acak realita yang ada. Superman merupakan salah satu karakter yang mendapatkan reboot cerita origin dalam komik Superman: The Man of Steel, yang pada saat itu ditulis oleh John Byrne.

Meskipun secara sekilas desain kostum terbaru ini terlihat sama dengan versi orisinal atau versi sebelumnya, ada beberapa detail yang memberikan pembeda terhadap kostum baru ini.  warna biru dan juga merah pada kostumnya cenderung lebih gelap, dan jubahnya juga cenderung terlihat dikaitkan di pundaknya dan bukan menempel di punggungnya. Juga huruf “S” di dadanya berukuran lebih besar yang menutupi bagian depan Superman.

Versi Kingdom Come

Bagaimana jika DC Universe memiliki masa depan yang gelap dalam ceritanya. Hal inilah yang diangkat oleh Mark Waid dan Alex Ross dalam mini seri Kingdom Come. Dalam cerita Kingdom Come, memperlihatkan bagaimana para anggota Justice League yang sudah tua kembali berkumpul dan bersatu demi menghadapi sebuah ancaman baru bagi bumi.

Superman dalam versi ini berbeda dengan versi yang orisinal. Di masa depan, istrinya, Lois Lane, tewas terbunuh beberapa tahun sebelumnya. Selain itu, masyarakat pun sudah meragukan Superman sebagai seorang pahlawan. Namun, Superman tidak putus asa dan tetap berjuang demi melindungi manusia. Superman kemudian menggunakan kostum yang sesuai dengan era tersebut. Yang paling menonjol dari kostumnya adalah huruf “S” di dadanya yang terlihat memiliki background warna hitam.

Versi Return

Meskipun selama ini Superman sering kali diidentikan dengan warna merah dan biru, bukan berarti dia tidak cocok dengan warna hitam. Ketika Superman kembali bangkit dari kematiannya setelah pertarungannya melawan Doomsday, dia menggunakan kostum yang memiliki warna perak dan hitam dan tidak memiliki jubah di belakangnya. Kostumnya sendiri terlihat klasik dengan sentuhan modern dari sisi simbol.

Superman versi ini dikenal sebagai Pre-Flashpoint Superman, yang kemudian kembali muncul di New 52 setelah event Convergence. Superman versi ini juga muncul dalam versi New 52 bersama dengan Superman yang lebih muda. Untuk versi New 52, Superman tetap menggunakan kostum berwarna hitam dan perak. Hanya saja ada tambahan sabuk berwarna perak di bagian pinggangnya.

Versi Golden Age

Kostum Superman sudah mengalami berbagai perubahan seiring berjalannya waktu sejak pertama kali debutnya di Action Comics #1. Masing-masing komikus atau artist mencoba untuk menonjolkan desain kostum versinya. Pada masa itu, kostum Superman berwarna biru dan merah yang sangat cerah dibandingkan versi modernnya.

Hal tersebut wajar, karena warna tersebut disesuaikan dengan origin story awal dari Superman yaitu sebagai bagian dari atraksi sirkus sebagai manusia terkuat. Biasanya Superman versi Golden Age dan Silver Age diwakili oleh Superman yang berasal dari Earth-2. Superman versi universe tersebut merupakan Superman yang selamat dari pembersihan Multiverse.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2