Misteri memang sepertinya memang sudah menjadi bagian dari keluarga Monkey D. Luffy. Ada banyak sekali misteri yang menyelimuti keluarga yang cukup gila ini. Pertama adalah misteri tentang sosok Monkey D. Dragon, ayah dari Luffy dan juga pemimpin pasukan revolusi. Sampai saat ini, masih belum diketahui apa kekuatannya dan juga berbagai informasi lainnya tentang Dragon.

Hal yang masih menjadi misteri lainnya dari keluarga tersebut adalah tentang ibu dari Luffy. Bahkan ibu dari Luffy jauh lebih misterius dibandingkan Dragon. Pertama adalah kita masih belum mengetahui siapa namanya. Kedua seperti apa rupanya, dan terakhir adalah bagaimana sosok dri ibu Luffy tersebut. Juga yang jadi misteri adalah mengapa sedari kecil Luffy sudah diurus oleh Garp?

Satu hal yang konyol dari Luffy adalah pada awalnya, dia tidak mengetahui bahwa dia memiliki seorang ayah, sampai akhirnya Garp “tidak sengaja” mengatakan tentang siapa ayahnya. Bagaimana dengan ibunya? Sampai saat ini pun Garp tidak pernah membahas mengenai hal tersebut. seolah-olah ada sebuah hal yang ditutup-tutupi atau sengaja tidak diungkapkan atau dibahas.

Banyak dari para fans One Piece kemudian berspekulasi dan melemparkan teori tentang sosok ibu dari Luffy, salah satunya adalah teori yang menyebutkan bahwa ibu dari Luffy adalah seorang Celestial Dragon atau kaum naga langit. Dalam teorinya juga menyebutkan jika sebelumnya, Dragon terlibat dalam sebuah takdir yang cukup aneh sehingga bisa jatuh cinta kepada sosok kaum naga langit tersebut.

Seiring berjalannya waktu, mereka berdua kemudian melahirkan seorang anak (yaitu Luffy) dari hasil cinta terlarang mereka. Ada dua kemungkinan dari sosok ibu Luffy ini, pertama adalah dia sudah tewas dieksekusi akibat jatuh cinta dengan orang biasa dan juga anggota dan klan D, yang mana merupakan musuh dari kaum naga langit. Kedua adalah dia masih hidup dan tinggal di wilayah Marijeois atau wilayah lainnya yang belum diketahui.

Kelahiran anak dari salah satu anggota kaum naga langit dan Dragon ini kemudian diketahui oleh beberapa orang saja di pemerintah dunia. Mereka pun memutuskan untuk memberikan tugas mengasuh anak tersebut kepada Garp. Mereka pun memerintahkan Garp untuk tidak memberi tahu tentang masa lalu Luffy, dan juga siapa dia sebenarnya. Ini juga mungkin yang menjadi alasan mengapa Luffy tumbuh di wilayah East Blue. Apakah di akhir ceritanya Luffy akan tahu siapa sebenarnya ibunya (atau ayahnya)? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.