Nama “D.” di sebuah karakter memang selalu menjadi sorotan tajam para fans One Piece. Mereka-mereka yang memiliki nama “D.” pasti akan selalu memberikan kejutan. Mereka yang memiliki nama “D.” akan selalu membawa “badai” dalam hidupnya. Dan mereka-mereka yang memiliki nama “D.” akan selalu tercatat dalam sejarah peradaban dunia.

Hal ini bukan bualan semata. Pasalnya, sejarah mencatat bahwa mereka yang memiliki nama “D.” bukanlah orang sembarang atau setidaknya dia adalah orang yang akan mengguncang dunia. Siklus dari “D.” ini berjalan setiap 20 tahun sekali, jika dirunut secara sejarah. Apakah memang benar seperti itu?

Berbagai Siklus Kejadian Setiap 20 Tahun Sekali

Setiap 20 tahun sekali pastinya akan selalu ada generasi baru yang coba dibangun dan membuat sejarah, dalam cerita One Piece. Insiden ‘God Valley’ yang terjadi dengan bajak laut Rocks, terjadi sekitar 38 tahun sebelum lini masa saat ini. Bisa diprediksi bahwa seorang Oden yang masih muda sekitar 41 tahun yang lalu, pada akhirnya akan bergabung dengan bajak laut Roger di akhir cerita flashback Wano nanti.

Oden sendiri bergabung dengan bajak laut Roger dalam perjalanan terakhirnya, sehingga  masih ada sekitar dua tahun sebelum insiden legendaris tersebut terjadi. Mungkin selama itu kita akan diperlihatkan apa saja yang terjadi, misalnya memberi tahu apa sebenarnya One Piece itu. Bell-Mere, Inuarashi, dan Nekomamsuhi lahir 40 tahun lalu sebelum masa sekarang.

Marshall D. Teach, karakter yang diperkirakan akan menjadi lawan yang terakhir akan Luffy hadapi, lahir tepat 40 tahun yang lalu. Banyak yang kemudian berpendapat bahwa Teach memiliki hubungan “khusus” dengan Rocks D. Xebec, dan setidaknya juga dia tahu tentang abad yang hilang. Kru bajak laut Brook yang dulu, mulai berlayar sekitar 20 tahun sebelum Roger memulai petualangannya.

Gol D. Roger dieksekusi oleh angkatan laut sekitar 21-22 tahun yang lalu, sebelum dimulainya cerita tentang Luffy. Whitebeard mengumumkan bahwa pulau manusia ikan merupakan wilayah perlindungannya 20 tahun yang lalu. Di pulau manusia ikan sendiri terdapat informasi tentang Joyboy, perahu besar Nuh, dan juga salah satu tiga senjata kuno.

Kami diadopsi oleh Bell-mere 20 tahun sebelum lini masa saat ini. Inuarashi dan Nekomamsuhi menghilang 20 tahun sebelum kejadian sekarang akibat sebuah peristiwa yang melibatkan Kozuki Oden. Oden sendiri dan istrinya, Toki, dibunuh oleh Orochi dan Kaido untuk mengambil alih kekuasaan Wano sekitar 20 tahun yang lalu. Toki kemudian menggunakan buah iblisnya untuk mengirim Red Scabbard ke 20 tahun yang akan datang.

Monkey D. Luffy sendiri saat ini berusia 18 tahun, dan ada kemungkinan besar jika seri ini One Piece akan selesai sebelum atau saat Luffy berusia 20 tahun. Insiden Ohara sendiri terjadi 20 tahun sebelum dimulainya series ini. Nico Robin bertemu dengan Saul D. Jaguar, dan Saul kemudian tewas melindungi Robin 20 tahun setelah seriesnya dimulai.

Portgas D. Ace lahir 20 tahun sebelum cerita tentang Luffy dimulai, hal ini dikarenakan Roge sengaja menahan Ace lebih lama di dalam kandungannya. Sabo juga berusia sekitar 20 tahun karena Sabo dan Ace memiliki usia yang sama. Hatchan menyelamatkan nyawa Rayleigh ketika dia terdampar di pantai sekitar 20 tahun sebelum cerita Luffy dimulai. Sama seperti Shanks yang bertemu dengan Yasopp 20 tahun yang lalu.

20 tahun adalah angka indikator bagi seorang Eiichiro Oda, khususnya ketika berbicara tentang kejadian besar yang melibatkan karakter atau orang-orang yang memiliki “D.” dalam namanya. Meskipun ada juga kelipatannya seperti 40 tahun.

Mengapa Begitu Penting?

Ada sebuah teori yang menyebutkan bahwa kemungkinan besar para klan D, dahulu merupakan salah satu bagian dari kaum naga langit atau bagian dari pemerintahan dunia, sampai ada yang bekhianat kepada pemimpin mereka, yang bisa jadi adalah Joyboy. Rocks D. Xebec bisa jadi merupakan orang yang melanjutkan tekad balas dendam klan D, sedangkan Gol D. Roger ingin melanjutkan tekad dari Joyboy.

Blackbeard sendiri kemungkinan lahir setelah kekalahan dari Rocks dan Luffy lahir setelah Gol D. Roger dieksekusi oleh angkatan laut. Merkea berdua sepertinya memang ditakdirkan untuk kembali mengulang apa yang terjadi sebelumnya. sama-sama memiliki tujuan, namun takdir mereka berbeda. Ada kemungkinan juga bila topi yang digunakan oleh Bealchbeard merupakan milik Rocks, yang mana indikator dari tekad awal D. Sama seperti topi jerami Luffy.

Blackbeards membuat teritoi yang dulunya milik Rocks menjadi miliknya, menamai kapalnya dengan nama Rocks, dan Blackbeard juga sering kali berbicara tentang mimpi seseorang yang tidak akan pernah menyerah. Blackbeard sadar betul akan takdirnya. Bukan tidak mungkin, jika dia menggunakan topi tersebut setelah menjadi Yonko. Dan salah satu alasan dia menjadi seorang Yonko adalah untuk bisa mendapatkan topi tersebut. Intinya dia berusaha untuk mengikuti jejak Rocks.

Pulau Ikan Adalah Pusat Dari Dunia One Piece

Janji yang belum terpenuhi kepada Poseidon yang asli diakibatkan karena, sosok asli yang tadinya akan memberikan benda tersebut kepada Rocks/Blackbeard ternyata mengkhianati Joy Boy sebelum akhirnya dia bisa pergi ke pulau manusia ikan. Gol D. Roger pernah mengatakan kepada Whitebeard, apa sebenarnya D. dan Whitebeard sendiri sadar bahwa dia harus memenuhi tekad tersebut pada akhirnya.

Tentunya ada alasan lain mengapa Whitebeard melindungi pulau manusia ikan. Bukan hanya Whitebeard membenci perbudakan, tapi juga ada sesuatu yang diungkapkan oleh Roger sebelumnya. Big Mom sendiri sempat mengendalikan wilayah tersebut, meskipun hanya sekitar dua tahun saja sebelum akhirnya Luffy menghancurkan dominasi Big Mom di wilayah tersebut.

Whitebeard menunggu sampai orang yang ditakdirkan sesuai kriteria Roger muncul. Ini juga bisa jadi alasan mengapa Jinbe mau bergabung atau bergaul dengan Whitebeard dan mau bertarung bersama Ace. Jika dia tidak memiliki keyakinan tersebut, mengapa Jinbe mau bergabung dengan Ace atu bergaul dengan Whitebeard?

Blackbeard sendiri bisa jadi merupakan orang yang menyebabkan kehancuran pulau manusia ikan yang sudah lama diprediksikan bahwa dia akan pergi ke Alabasta untuk menemukan Pluton. Luffy kemudian yang harus bertindak ketika ini berlangsung, karena Big Mom sudah tidak lagi berkuasa di wilayah tersebut. Blackbeard bisa jadi akan menculik Shirahoshi atau Poseidon dan memeaksa pemerintah dunia untuk bertindak. Skenario ini bisa jadi akan memancing arc terakhir cerita One Piece.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2