Ancient Weapon atau senjata kuno merupakan senjata terkuat dalam cerita One Piece. Banyak teori yang beredar di kalangan para fans, tentang senjata kuno ini. Salah satunya adalah senjata kuno dibuat untuk menghancurkan dunia dan sebuah kerajaan yang sangat berkuasa pada saat itu. Sejauh ini, kita sudah mengetahui salah satu senjata kuno yaitu putri Shirahoshi.

Salah satu senjata kuno lainnya adalah bernama Pluton, yang sampai saat ini masih belum diketahui bentuknya. Sebenarnya, Franky memiliki salinan dari senjata kuno Pluton tapi, dia kemudian membakarnya demi menghindari jatuh ke tangan yang jahat. Hal ini sempat menimbulkan pertanyaan, apakah artinya Thousan Sunny yang dibuat oleh Franky merupakan senjata kuno Pluton?

Banyak sekali argumen terkait hal tersebut, tapi memang ada kecenderungan jika Franky perlahan mulai mengubah kapal Sunny Go menjadi salah satu senjata paling mematikan. Pertama adalah mengenai desain. Franky merupakan seorang tukang kapal terhebat yang masih hidup saat ini, selain Iceburg. Sebelum cetak birunya dibakar, Franky sempat melihat isi dari cetak biru tersebut. Franky tentunya bisa dengan mudah mengingat bagaimana cara pembuatan senjata kuno ini.

Senjata Pluton pertama terbuat dari kayu Adam, yang terkenal akan kekuatannya. Kayu tersebut pernah digunakan di perahu milik Gol D. Roger dan sekarang, material tersebut ada di tubuh kapal Thousand Sunny. Meriam Gaon milik Sunny juga terbukti sangat mengerikan, dengan berhasil menghancurkan seluruh markas Duval hanya dengan satu kali tembakan. Hal itu terjadi sebelum time-skip terjadi sebelum Franky mendapatkan ilmu pengetahuan teknologi dari lab Vegapunk.

Dengan pengetahuan Franky saat ini tentang teknologi dan persenjataan, bisa dibayangkan bagaimana dia bisa mengupgrade kekuatan dari meriam Gaon Thousan Sunny pada suatu saat nanti. Hal penting lainnya yang patut diperhatikan adalah sedari kecil Franky selalu senang untuk membangun sebuah kapal perang, dan impiannya adalah membuat sebuah kapal paling hebat di dunia yang bisa digunakan untuk berkeliling dunia.

Jika Geeks bisa membayangkan, apa sebenarnya kapal terhebat tersebut? jawabannya adalah Pluton. Jadi, intinya adalah meskipun saat ini Thousand Sunny masih merupakan kapal yang digunaka untuk transportasi Luffy dan krunya, perlahan suatu saat nanti Franky akan meningkatkan kekuatan Thousand Sunny dan merubahnya menjadi salah satu senjata kuno terkuat yaitu Pluton.