Siapa yang tidak kenal dengan spons kuning yang selalu riang, Spongebob Squarepants. Dia adalah salah satu karakter yang paling populer di seluruh dunia. Itulah mengapa acara TVnya yang mulai tayang sejak 1999, masih tetap tayang sampai saat ini. Dengan kepopuleran dari sosok Spongebob dan juga karakter lainnya, para fans banyak yang melontarkan teori tentang seri ini.

Salah satu teori yang berkembang adalah adanya kesamaan antara karakter utama di series Spongebob Squarepants dengan villain dalam cerita Shazam, yaitu Seven Deadly Sins. Pertama adalah dalam teori tersebut Patrick mewakili “Sloth”, yang mana sesuai dengan karakternya yang pemalas, dan hanya Patrick yang ahli melakukannya. Dia bahkan pernah mendapatkan penghargaan karena tidak melakukan apa-apa.

Binatang peliharaan Spongebob, Gary, mewakili “Gluttony”. Gary memang diperlihatkan sering kali tidak melakukan apapun selain makan (meskipun dia pernah diperlihatkan sangat pintar). Plankton mewakili “envy”, yang mana sudah sangat jelas bahwa Plankton iri terhadap kesuksesan tuan Krab. Dia selalu berusaha untuk mencuri resep Krabby Patty dan membuat versinya.

Tuan Krab sendiri mewakili “greed”, yang sama seperti Plankton, hal ini sudah jelas terlihat dari sifatnya yang sangat serakah. Bahkan dia pernah menyanyikan sebuah lagu tentang serakah. Krab sangat suka dengan uang bahkan dia juga pernah menjual nyawa Spongebob kepada Flying Dutchman seharga 62 sen.

Squidward mewakili “Wrath”, yang mana dia menunjukan kebenciannya terhadap apapun. Squidward membenci hampir semua orang dan semua hal yang ada di Bikini Bottom, kecuali dirinya dan klarinet miliknya. Sandy mewakili “pride”,  yang mana dia selalu memiliki sifat kompetitif yang tinggi dalam dirinya. Sandy juga memiliki ego yang besar, dan terlalu membanggakan berbagai hal tentang Texas.

Terakhir adalah Spongebob, yang menurut teori merupakan perwakilan dari “Lust”. Istilah ini biasa dipahami dan digunakan untuk hasrat seksual, tapi ada juga yang mengartikannya sebagai rasa cinta terhadap sesama. Hal ini dibuktikan dengan Spongebob yang tidak pernah marah terhadap siapapun dan mencintai hampir setiap orang di Bikini Bottom. Meskipun terkadang rasa cinta tersebut sangat mengganggu.

Karakter-karakter tersebut memang memiliki sifat yang sesuai dengan Seven Deadly Sins, meskipun ada kemungkinan hal itu tidak dilakukan dengan sengaja. Ada juga yang tidak setuju dengan teori tersebut dengan mengatakan bahwa seharusnya Squidward adalah perwujudan “pride” sedangkan Sandy adalah “wrath”. Bagaimana menurut kalian Geeks?