Sejak pertama kali dirilis pada 1984 silam, Film bertema robot pembunuh dari masa depan, The Terminator, sudah menghadirkan semua teknologi yang ada meskipun mungkin dirasa pada saat itu masih belum memungkinkan alias kemungkinan masih belum akan terjadi. Tapi, dengan perkembangan teknologi yang pesat pada saat ini, Skynet versi nyata bisa saja akan segera terwujud.

Ada beberapa model Terminator yang sempat muncul di berbagai medium franchise Terminator, mulai dari filmnya sampai TV series spinoff Terminator: The Sarah Connor Chronicles. Apa saja?

T-800

T-800 merupakan sebuah terobosan baru yang diciptakan oleh Skynet, yaitu sebuah sibernetik organisme alias robot yang menyerupai manusia. Dalam filmnya diceritakan jika model purwarupa ini pernah mencoba untuk menghancurkan John Connor dan juga T-800 yang diprogram ulang oleh Connor untuk dikirim ke masa lalu, yang diperankan oleh Arnold.

Meskipun baru model pertama yang dibuat oleh Skynet, ketangguhan T-800 tidak perlu diragukan lagi. Terminator ini tahan terhadap serangan apapun, terbukti di film pertama Terminator T-800 begitu tangguh untuk terus mengejar targetnya yaitu Sarah Connor. Terminator ini baru berhentu setelah kekasih Sarah, Kyle Reese, mengorbankan dirinya dan membuat T-800 hancur oleh hidraulik. Yang mengerikannya, tangannya masih terus mencoba untuk mencekik Sarah terlepas dari badannya yang sudah hancur.

T-1000

T-1000 merupakan model yang komplit dan sempurna dibandingkan model T-800. Hampir semua kemampuan dimiliki oleh model T-1000 ini. Kemampuan berubah bentuk, mampu kembali ke bentuk seperti semula, benar-benar sebuah Terminator pembunuh yang efektif. T-800 sendiri sempat kesulitan untuk mengalahkan T-1000, karena dia selalu bisa kembali ke kondisinya yang sempurna berkat kemampuan regenerasinya.

Yang mengerikan dari model T-1000 ini adalah kemampuan untuk berubah wujud menjadi manusia atau seseorang yang sudah bunuh atau lihat. Hal itu tentunya membuat T-1000 menjadi Terminator yang pas untuk melakukan infiltrasi terhadap wilayah musuh. Di Terminator Judgement Day, kita diperlihatkan bagaimana tangguhnya model terbaru ini. Meskipun dia sudah hancur, tetapi karena dia terbuat dari besi cair dia bisa kembali hidup dengan menyatukan “tetesan” besi miliknya.

T-X

Ketika ada pertanyaan siapa Terminator yang paling kuat, selalu ada pilihan sulit antara T-1000 dan T-X. T-X juga merupakan Terminator ikonik selain T-1000 dan sempat menjadi antagonis utama dalam film Terminator 3: Rise of the Machines. T-X merupakan Terminator yang lebih modern dan lebih maju. T-X sendiri terbuat dari baja cair seperti T-1000 dan juga endoskeleton yang terbuat dari baja.

T-X merupakan model Terminator yang lebih kuat, lebih cepat, dan lebih tahan banting dibandingkan model pendahulunya. Model ini juga sengaja diciptakan sebagai anti-Terminator. Kemampuan dari T-X adalah mampu meretas berbagai mesin dan komputer untuk berjalan sesuai dengan perintahnya. Di dalam tubuhnya juga terdapat berbagai senjata seperti flame thrower, meriam plasma, dan masih banyak lainnya.

T-101 (T-805 Series)

Setelah T-800 di film Judgement Day mati di akhir filmnya, model terbaru yaitu T-850 atau T-101 kembali muncul dalam film Rise of the Machine. Masih diperankan oleh Arnold Schwarzenegger, T-850 di film ini dikirim ke masa lalu oleh Kate Brewster yang merupakan istri dari John Connor. Tujuannya masih sama yaitu melindungi John dan juga Kate.

Fakta menariknya adalah sebelum dikirim ke masa lalu, T-850 ini merupakan Terminator yang membunuh John Connor di masa depan tepatnya pada 2032. Pasukan pemberontak kemudian menangkap Terminator tersebut dan memrogram ulang otaknya. Secara penampilan fisik, T-800 dan T-850 memang memiliki kesamaan. Tapi, ada beberapa tambahan baru di model T-850 yaitu pemahaman tentang psikologi dasar manusia. Model ini juga mampu mengambil alih program komputer miliknya dan berjalan secara independen.

T-1

Sebelum Skynet berhasil menciptakan sosok Terminator atau sibernatik organisme, mereka menciptakan sebuah purwarupa yang diberi nama T-1. Model T-1, sesuai dengan namanya, merupakan Terminator mesin pertama yang diciptakan oleh Skynet, dan bentuknya masih berupa robot biasa bukan berbentuk cyborg seperti T-800 atau model-model lainnya yang kita kenal dalam filmnya. Terminator model T-1 dibekali dengan senjata gatling gun dan dilapisi oleh armor yang sangat tebal. Robot ini memang di desain untuk medang pertempuran.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.