Trailer final untuk Star Wars: The Rise of Skywalker menampilkan adegan menakjubkan di mana Millennium Falcon bergabung dengan armada Resistance.  Dan bagi kamu yang penasaran, artikel ini akan membahas berbagai pesawat yang hadir di adegan tersebut. Mengesampingkan kehadiran unit Mon Calamari, mari kita bedah satu persatu unit yang teridentifikasi dan lanjut dengan unit pesawat yang tampil dari berbagai zamannya. Check this out Geeks!

Millennium Falcon

Siapa yang tidak tahu Millennium Falcon, pesawat antariksa paling legendaris di sejarah perfilman ini pada dasarnya adalah andalan para pahlawan dari cerita Star Wars. Pesawat ini bertipe Corellian YT-1300, yang sebenarnya adalah pesawat pengangkut barang. Namun setelah berbagai modifikasi selama beberapa dekade, pesawat ini mampu bertransformasi menjadi pesawat tempur yang dilengkapi dengan AI, dan senjata kelas militer (ilegal).

Menariknya, meskipun pesawat ini identik dengan Han Solo, namun pesawat ini didapatkan oleh dirinya setelah menang taruhan dengan Lando, yang kini menjadi sahabat karibnya. Di trailer ini juga kita diperlihatkan dengan Lando yang kembali ke kursi kemudi Millenium Falcon, yang masuk akal karena siapa lagi yang pantas mengemudikan pesawat ini selain Lando dan Han Solo?

The Ghost

The Ghost sebenarnya merupakan kapal barang kecil bertipe VCX-100 yang dimodifikasi.  The Ghost juga menjadi rumah bagi para Rebellion Hera Syndulla, di cerita di Star Wars Rebels. Meskipun ini kapal tua, Ghost selalu dapat diandalkan, dan mampu berada di garis depan Galactic Civil War. Dengan kehadirannya di trailer ini, ada kemungkinan bahwa Hera Syndulla telah kembali beraksi untuk bertarung bersama Leia Organa sekali lagi.

The Crubicle

Sebuah kapal kuno yang diyakini berumur lebih dari seribu tahun. Crucible digunakan oleh Jedi Order untuk mengangkut para Padawan. Namun pesawat ini telah ditembak jatuh selama Clone War, hanya saja puing-puingnya sempat diselamatkan oleh Hondo Ohnaka. Kehadiran Crucible mungkin mengisyaratkan bahwa dunia bawah tanah galaksi telah memihak Resistance, dan Hondo sendiri telah mengambil bagian dalam konflik ini.

Shadow Caster

Bagi para penggemar Star Wars yang jeli, kamu mungkin melihat sepintas pesawat Shadow Caster, yang sempat muncul di Star Wars Rebels. Ini adalah kapal pengejar yang digunakan oleh bounty hunter, Ketsu Onyo. Pesawat yang memiliki kelebihan di kecepatan dan kekuatan tampaknya telah diberi sedikit modifikasi jika dilihat dari tampilannya yang sedikit berbeda.

The Eravana

Milenium Falcon mungkin adalah pesawat Han Solo yang paling terkenal, tetapi ia juga memiliki pesawat lain yang unjuk gigi di trailer Star Wars 9. Eravana adalah pesawat yang diterbangkan Han dan Chewbacca setelah mereka kehilangan Falcon, seperti yang terlihat dalam Star Wars: The Force Awakens. Bagian haluan kapal yang besar didominasi oleh penahan berfungsi ganda sebagai tempat berlabuh. Han dan Chewie sempat meninggalkan Eravana ke Guavian Death Gang, yang anggotanya adalah Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman, tetapi tampaknya pesawat tersebut telah menemukan jalan kembali ke pihak Resistance… atau para Guavian akan kembali muncul?

The Outrider

The Outrider adalah pesawat bertipe Corellian YT-2400, dan di Expanded Universe, pesawat ini diterbangkan oleh penyelundup terkenal Dash Rendar, yang bersikeras bahwa kapalnya hampir setenar Milenium Falcon. Kapal itu dibuat untuk proyek Shadows of the Empire, dan dimasukkan ke dalam Edisi Khusus 1997 dari A New Hope. Ini adalah pertama kalinya pesawat ini benar-benar muncul di layar lebar dan akan menarik untuk mengetahui apa yang sebenarnya mampu dilakukan Outrider.

The Collosus

Pesawat yang satu ini sebenarnya sedikit memunculkan perdebatan, tetapi kita cukup yakin jika pesawat ini tampak seperti Colossus, yang tampil dalam Star Wars Resistance. Colossus diperkenalkan sebagai stasiun pengisian bahan bakar pesawat, di planet laut yaitu Castilon di Outer Rim. Pesawat ini juga merupakan rumah bagi pilot terampil Ace Squadron. Collosus memiliki mesin rahasia dan hyperdrives yang mampu untuk membawanya menjelajah ruang angkasa. Masuk akal bagi Colossus untuk bergabung dalam pertarungan, dan ini mungkin berarti Ace Squadron juga ada.

Itulah beberapa unit pesawat individu yang tampil di adegan final battle, namun sekarang giliran beberapa unit yang tampil dari berbagai zaman. Simak selengkapnya di halaman 2 artikel ini.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2