Eiichiro Oda akhirnya merilis chapter 960 kemarin dan para fans akhirnya mengetahui lebih banyak tentang siapa sebenarnya Oden. Berdasarkan penuturan di chapter 960 kemarin, kita melihat bagaimana wajah asli dari Kozuki Oden setelah selama ini menjadi misteri dan selalu diperlihatkan dalam bentuk siluet. Kita juga diperlihatkan bagaimana Oden di usia 18 tahun dan menjadi “sensasi” di wilayah Wano.

Menurut penuturan pengawal istana, sejak kecil memang sudah memiliki bakat dan juga sudah berbuat onar. Dia pernah pergi ke kawasan khusus dewasa, dia pergi ke tempat perjudian, bahkan yang lebih gila lagi adalah dia pernah membakar tempat judi dan bertarung melawan yakuza atau organisasi kejahatan di Wano. Di akhir cerita, secara tidak sengaja Oden bertemu dengan Kin’emon muda dan sosok misterius Denjiro bersama dengan anak babi putih.

Lalu, apa yang akan terjadi di chapter 961? Seperti yang diperlihatkan di chapter 960, Oden bukanlah pria biasa melihat “bakat” dan juga “talentanya” sejak kecil. Di chapter 961 nanti, kita sepertinya masih akan diperlihatkan lebih banyak lagi petualangan yang luar biasa epik dari sosok Kozuki Oden. Dan karena di akhir cerita chapter 960, diperlihatkan Oden sepertinya akan melakukan sesuatu terhadap sang dewa gunung tersebut.

Mungkin Oden akhirnya akan menghadapi dewa gunung tersebut dan menyelamatkan Wano dan juga menyelamatkan nyawa Kin’emon. Tapi, apakah memang Oden akan menghajar dewa gunung tersebut? atau melakukannya dengan cara “damai” seperti mengembalikan anaknya? Masih harus kita nantikan. Tapi, yang pasti adalah pertarungan melawan dewa gunung tersebut akan merubah citranya.

Selama ini, Oden dikenal sebagai sosok yang buruk karena perilakunya dan apa yang dilakukannya terhadap hewan besar tersebut tentunya akan mengubah citranya, apalagi dia bertarung demi melindungi Wano. Mungkin ini juga awal mula mengapa Kin’emon begitu berhutang kepada sosok Oden dan akhirnya mau mengabdi kepadanya.

Oden sendiri mengabdi menjadi Daimyo di wilayah Wano di umur 20 tahun, dan sekarang dia berusia 18 tahun. Artinya, Oden memiliki waktu dua tahun lagi untuk mengalahkan Kuri dan mengalahkan Ashura Doji untuk kemudian menjadi penguasa Wano. Salah satu hal lainnya yang mungkin akan dibahas di chapter 961 adalah bagaimana wilayah yang tadinya berjalan tanpa hukum, yaitu Kuri, karena dianggap wilayah kumuh kemudian dirubah menjadi wilayah yang damai dan menjadi sebuah wilayah peternakan oleh Oden.

Terakhir adalah kita melihat bagaimana Kin’emon bertemu dengan Denjiro, dan kita juga sudah dtahu setidaknya kemampuan yang dimilikinya. Denjiro dan Kin’emon sendiri merupakan bagian dari Akazaya atau Red Scabbards, kelompok samurai legendaris Wano. Mungkin akhirnya kita bisa melihat bagaimana kelompok tersebut dibentuk.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.