Setelah debutnya tahun 2003 lalu, franchise Pirates of the Caribbean menghasilkan pendapatan senilai $ 4,5 miliar di seluruh dunia. Film ini juga membuat sang aktor utama, Johnny Depp, berhasil masuk ke nominasi Oscar berkat perannya sebagai Jack Sparrow. Namun, dua entri terakhir, khususnya Pirates of the Caribbean On Stranger Tides dan Dead Men Tell No Tales disambut dengan ulasan negatif dan mengalami penurunan pendapatan finansial. Hal ini membuat Disney memutuskan untuk menghentikan Pirates versi Johnny Depp dan memulai sebuah reboot baru.

Dilansir dari THR, Disney bahkan telah menggaet dua penulis untuk reboot ini. Mereka adalah Craig Mazin dan Ted Elliott. Craig Mazin sendiri mulai dikenal berkat kesuksesan miniseri Chernobyl yang beberapa waktu lalu sempat tayang di HBO. Sedangkan Elliot adalah “orang lama” yang sebelumnya terlibat sebagai penulis pada empat film Pirates pertama, tetapi tidak terlibat dalam penulisan Dead Men Tell No Tales 2017.

Sebelum menulis Chernobyl, Mazin juga dikenal sebagai penulis film komedi seperti Scary Movie 3 & 4 dan The Hangover Part II & III. Dia juga memiliki andil dalam penulisan sekuel-spin off Snow White, The Huntsman: Winter’s War, dan mengerjakan reboot Charlie’s Angels. Dengan berbagai pengalaman yang dimilikinya, wajar jika Disney melihat Mazin sebagai pilihan yang baik untuk mencoba menghidupkan kembali franchise Pirates of the Caribbean.

Sebenarnya, Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales menampilkan adegan pasca-kredit yang untuk Pirates of the Caribbean 6, tetapi setelah kritik negatif yang diterima, masuk akal bagi Disney untuk melakukan reboot film ini. Namun tidak sedikit para penggemar yang menolak hal tersebut, bahkan mengajukan petisi agar Johnny Depp tetap sebagai Jack Sparrow.