Ketsuryugan

Doujtsu unik ini hanya dimiliki oleh klan Chinoike. Ketsuryugan sendiri memiliki arti merah menyala, karena ketika mengaktifkan Doujutsu ini mata penggunanya akan berubah menjadi merah menyala. Kekuatan unik dari Ketsuryugan ini adalah penggunanya bisa mengendalikan zat besi di dalam tubuh musuhnya atau cairan lain yang mengandung besi atau logam. Jika mereka mau, musuhnya bisa dihancurkan dalam sekejap menggunakan doujutsu ini dengan cara meledakan sel-sel darah di dalam tubuh musuh yang berakibat pada meledaknya tubuh musuh tersebut.

Tenseigan

Awalnya doujutsu ini dimiliki oleh Hamura Otsutsuki dan juga para keturunannya yang ada di bulan.  Meskipun bagi para penduduk bulan, doujutsu ini hanyalah Kekkai Genkai biasa. Seseorang yang mengakses Tenseigan akan bisa mengaktifkan juga menggabungkan Chakra Otsutsuki dengan Byakugan yang dimiliki oleh klan Hyuuga.

Kekuatan Tenseigan hampir mirip dengan Rinnegan, dimana Boruto atau pengguna lainnya mampu mengendalikan gravitasi atau daya tarik bumi sehingga mampu memindahkan posisi bulan. Selain itu, Tenseigan juga diaktifkan ketika dalam keadaan terdesar sehingga penggunanya bisa mengeluarkan sebuah jutsu yang membungkus tubuh mereka dalam mode  Chakra untuk memperkuat dirinya.

Jougan

Masih belum diketahui bagaimana asal-usul dari Jougan, tapi yang pasti Boruto secara tidak sengaja mengaktifkannya. Jougan sendiri akan aktif ketika Boruto fokus pada seseorang atau benda secara tidak sadar. Dengan jurus ini, Boruto mampu melihat pintu antardimensi dan kekuatan lainnya memiliki hubungan dengan klan Otsutsuki. Kemampuan dari Jougan sendiri merupakan gabungan antara Byakugan dan juga membaca emosi negatif dari Naruto atau Kurama.

Doujutsu lainnya

Selain Doujutsu di atas, ada juga beberapa doujutsu atau jurus mata yang tidak begitu populer. Pertama adalah mata Ranmaru, yang memiliki keampuan mirip seperti Byakugan. Kekuatan dari Doujutsu ini adalah mampu melihat berbagai benda atau orang dibalik tembok atau halangan lainnya, memecahkan genjutsu dan melakukan penyembuhan.

Kedua adalah Mata Shion, yang mana doujutsu ini muncul pertama kali di film Naruto Shippuden the Movie. Pendeta perempuan bernama Shion adalah pemilik doujutsu ini. Dengan kemampuannya, dia bisa membaca masa depan. Ketiga adalah mata Yome, merupakan doujutsu yang hampir mirip dengan Sharingan dimana penggunanya mampu bereaksi lebih cepat dari manusia biasa.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.