Wano bukanlah sebuah tempat atau destinasi biasa. Banyak sejarah dan juga teka-teki terdapat di wilayah yang tertutup dari negala luar tersebut. Memang ada beberapa akses untuk bisa menuju Wano, tapi semuanya tidak ada yang mudah. Di arc Wano kita melihat bahwa ada beberapa bajak laut Worst Generation selain Luffy yang juga ada Wano. Lalu, bagaimana dengan mereka yang tidak ikut ke Wano?

Jewelry Bonney

Bajak laut Jewelry Bonney adalah salah satu yang tidak ikut pergi ke Wano. Terakhir kali diperlihatkan Bonney dan krunya sedang berada di wilayah Mary Geoise. Dia sedih dan menangis melihat bagaimana pemerintah dunia memperlakukan Kuma. Hal ini sendiri terjadi sebelum babak pertama dari arc Wano dimulai.

Ketika babak kedua akan dimulai, situasi di sana mulai sedikit memanas. Sabo dan juga beberapa komandan dari pasukan revolusioner mau tidak mau harus berhadapan dengan Issho, Ryokugyu, dan mungkin angkatan laut juga beberapa pasukan pemerintah lainnya. Setelah babak kedua selesai, kita diperlihatkan bahwa angkatan laut sedang menghadapi sebuah pergolakan di wilayah tersebut. Bahkan, raja Ryugu pun sampai harus dikawal oleh Garp.

Apa yang sebenarnya terjadi dengan Bonney? Ada dua kemungkinan. Pertama adalah bisa jadi saat peperangan besar meletus antara pasukan revolusioner dan angkatan laut juga beberapa pasukan lainnya, Bonney sudah tidak ada di wilayah Mary Geoise dan melanjutkan perjalanan. Kedua, Bonney ikut bertarung melawan pasukan Issho bersama Sabo dan yang lainnya. Mungkin sekarang mereka sedang bersembunyi sebelum akhirnya kembali meneruskan perjalanan.

Uruouge

Uruouge sendiri terakhir terlihat berada di pulau langit. Dia kabur kesana setelah dikalahkan oleh Cracker. Dibandingkan dengan Kid, Killer, Hawkins dan Apoo, nasib sang rahib gila sendiri bisa dibilang sangat beruntung bisa lolos. Pasalnya, seperti yang diperlihatkan nasib buruk justru terjadi kepada empat rekannya. Yang menjadi pertanyaan kemudian apakah Uruouge akan selamanya berada di pulau langit? Apakah dia akan ke Wano untuk menghadapi Kaido? Meskipun kemungkinannya kecil, tapi bisa jadi hal itu terjadi.

Blackbeard

Setelah sekian lama diam, ketika Blackbeard mendengar kabar (entah kabar tentang Sabo atau kabar bahwa Kaido dan Big Mom sudah membuat sebuah aliansi) dia dan krunya pun bergerak. Teach hanya muncu di satu panel saja di salah satu chapter setelah babak kedua selesai, dengan mengatakan bahwa dia akan merebut sesuatu sebelum diambil oleh angkatan laut.

Banyak spekulasi jika dia dan krunya cukup gila untuk pergi ke Wano dan menghadapi Kaido. Luffy sendiri tentunya tidak punya pilihan lain selain “menerima” kedatangan dia dan krunya disana. Jadi, Luffy mungkin akan “dibantu” oleh Teach saat mengalahkan Kaido mengingat Teach sendiri memiliki tujuan yang sama, menjadi penguasa lautan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.