Cerita di Marvel Comics, selain berisi para pahlawan dan juga karakter ikonik di dalamnya juga terdapat karakter yang dianggap sebagai diktator kuat bagi negara atau kelompoknya. Mereka memimpin bangsa atau kelompoknya dengan sangat tegas. Lalu, kira-kira siapa saja karakter yang dianggap sebagai diktator terkuat di Marvel Universe? berikut adalah pembahasannya.

Annihilus

Ribuan tahun yang lalu, bangsa Tyannan memulai sebuah proyek untuk membangun sebuah kehidupan di negative zone, sebuah wilayah yang sangat terisolasi. Meskipun butuh usaha ekstra, namun pada akhirnya mereka berhasil membangun kehidupan di wilayah terisolasi tersebut. Tapi, seperti yang disebutkan bahwa butuh usaha ekstra, proyek ini harus dibayar dengan nyawa mereka.

Setelah pesawat mereka jatuh di sebuah gunung berapi di planet Arthos, bangsa Tyannans yang selamat harus tewas akibat kelaparan. Spora dari tubuh mereka pun tersebar di negative zone dan akhirnya memunculkan sebuah kehidupan di wilayah tersebut. Ketika kehidupan muncul, insectoid yang sangat jenius tersebut kemudian menggunakan teknologi bangsa Tyannans untuk menaklukan negative zone dan juga berbagai planet juga wilayah lainnya.

Supreme Intelligence

Buat Geeks yang sudah menonton Captain Marvel, pasti tahu siapa (atau apa) itu Supreme Intelligence. Pada zaman dahulu, bangsa Kree menciptakan Supreme Intelligence untuk membantu mereka membuah sebuah kotak kosmik (cosmic cube) agar mereka bisa mengalahkan bangsa pesaing mereka, Skrulls. Namun, Supreme Intelligence yang diciprakan dari kombinasi berbagai ilmuwan terhebat Kree, pada akhirnya mengambil alih kendali dirinya dan bergerak sesuai keinginannya.

Supreme Intelligence kemudian terus melanjutkan pertumbuhan di wilayah Kree. Dia juga bahkan menggantikan kepemerintahan Kree, dimana seluruh keputusan tergantung persetujuanya. Bahkan, bagi bangsa Kree dia sudah dianggap sebagai tuhan. Dalam beberapa cerita, Supreme Intelligence juga merupakan karakter yang menjadi kunci kehancuran Kree, dengan alasan demi meningkatkan kualitas hidup bangsa Kree.

En Sabah Nur

En Sabah Nur atau banyak fans X-Men mengenalnya sebagai Apocalypse, selalu meyakini bahwa siapapun yang kuat harus berada di atas yang lainnya dan mengambil alih kendali. “Beruntung” bahwa tidak ada yang lebih kuat darinya di sekitar planet tempat dia tinggal. Kapanpun ketika Apocalypse berada di sebuah wilayah, dia pasti mengubah tempat tersebut sesuai dengan aturannya.

Aturannya adalah seperti yang disebutkan, siapapun yang kuat bebas melakukan apapun yang dia inginkan. Dia juga berhak memimpin dan mengambil alih kendali yang lain. Hal itu berlaku sampai ada sosok atau orang yang berhasil mengalahkan orang kuat tersebut, atau istilahnya ada sosok lain yang lebih kuat. Meskipun Apocalypse adalah sosok yang tangguh, dia akhirnya berhasil dikalahkan oleh X-Men.

Dormamu

Dormamu memang memilik sejarah panjang untuk menjadi penguasa, memiliki kekuatan lebih, dan juga menjadi yang terkuat. Steelah menyerap sebanyak mungkin energi kehidupan dan juga kekuatannya, Dormamu dan adiknya, Umar, kemudian membunuh ibu mereka sebelum pergi dari rumah. Ketika mereka dibawa ke berbagai universe dan juga dimensi, mereka akhirnya berada di dimensi kegelapan.

Disana dia bertemu dengan penguasa dimensi tersebut yaitu raja Ulnar. Ulnar kemudian memberikan kekuatan besar kepada mereka berdua, dengan syarat mereka mau mengajarkan Ulnar untuk bisa pergi ke berbagai dimensi. Setelah beberapa puluh dekade berusaha untuk menguasai dimensi tersebut, akhirnya dia berhasil mengalahkan Ulnar dan mengambil alih dimensi kegelapan. Dia pun meneruskan tradisi untuk menghancurkan dimensi lainnya, sampai pada akhirnya dia berusaha untuk mengambil alih bumi.

Thanos

Rasanya saat ini tidak ada yang tidak mengenal Thanos. Hampir seluruh orang, baik penggemar Marvel Comics ataupun bukan, mengenal sosok penguasa di planet Titan ini. Avengers: Infinity War dan Endgame memberikan gambaran bagaimana sosok Thanos menjadi seorang diktator yang mengerikan dan berusaha untuk menghilangkan separuh kehidupan di alam raya ini.

Meskipun di versi MCU Thanos percaya bahwa apa yang dia lakukan adalah demi kebaikan, berbeda halnya dalam versi komik. Dalam versi komik, semua kejahatan, tindakan gila, dan apapun yang dilakukan oleh Thanos tujuannya hanya satu, yaitu mendapatkan perhatian dari sosok wanita yang dia idamkan, Lady Death.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2