Menjadi seorang superhero bukanlah sesuatu yang mudah dan juga murah. Buat mereka yang tidak memiliki kekuatan super, selain latihan yang berat, mereka juga butuh berbagai peralatan yang mahal untuk menunjang usaha mereka. Untuk karakter seperti Tony Stark, Oliver Queen, atau Bruce Wayne, menjadi superhero merupakan sebuah langkah yang mudah.

Selama ini baik Tony ataupun Bruce sering kali bersaing untuk menentukan siapa yang paling kaya. Sempat dibahas dalam artikel sebelumnya, terbukti jika Tony memiliki keunggulan dari segi kekayaan dibandingkan Bruce. Tapi, apakah Tony merupakan superhero terkaya? Tidak juga. Titel tersebut ternyata dipegang oleh pemimpin dari Wakanda yaitu T’Challa.

Vibranium, Sumber Kekayaan Wakanda

Sebelum T’Challa memimpin wilayah Wakanda, sebuah meteorit besar jatuh di wilayah Afrika yang sekarang dikenal sebagai Wakanda. Ternyata meteorit tersebut mengandung sebuah material yang sangat kuat yang disebut sebagai Vibranium. Vibranium lazim digunakan di berbagai peralatan dan juga berbagai benda yang ada di Marvel Comics (dan MCU). Contohnya adalah kostum Black Panther dan tameng milik Captain America.

Vibranium juga digunakan untuk keperluan lainnya dalam pembangunan Wakanda. Seperti yang diperlihatkan di film Black Panther, Vibranium digunakan untuk keperluan medis dan juga pengembangan teknologi. Majalah Money pada 1998 sempat memperkirakan berapa kekayaan kerajaan Wakanda, yaitu sekitar USD 90.7 triliun dengan perhitungan bahwa satu gram Vibranium berharga USD 10.000.

Material termahal lainnya di bumi saat ini adalah Rhodium, dengan harga USD 30 per gramnya dan kemudian permata yang dijual sekitar USD 2.000 per gramnya. Tapi, Rhodium dan permata seringkali hanya dipergunakan untuk keperluan mempercantik sebuah benda. Sedangkan Vibranium memberikan sebuah efek yang luar biasa kepada para penggunanya.

Salah satu contoh kemampuan Vibranium adalah mampu mengembalikan energi kinetik atau energi gerak yang diterimanya. Tapi, perlu diingat bahwa Vibranium dan seluruh fungsinya hanya ada dan berlaku di cerita Marvel saja. Suplai Vibranium di Wakanda sendiri sangatlah besar sehingga jika suatu saat Wakanda ingin mengkapitalisasi Vibranium, apalagi dengan harga yang sangat tinggi, wajar jika mereka Black Panther ataupun Wakanda menjadi pahlawan yang paling kaya.

Kekayaan Yang Tidak Akan Habis Dari Penguasa Wakanda

Sedari dulu, Wakanda tidak pernah menjadi sebuah negara yang miskin. Rajanya pun tidak pernah mengalami kesusahan. Semua berkat harta yang diwariskan secara turun-temurun karena Wakanda bersifat Monarki (dan juga berkat Vibranium). T’Challa sendiri mendapatkan kekayaan besar dari ayahnya, T’Chaka.

Reed Richards dan Hank Pym ataupun Tony Stark sudah banyak menghasilkan uang yang mencapai milyaran bahkan trilunan dollar dari hak paten dan juga teknologi yang mereka temukan atau hasilkan. Dari paten tersebut mereka mendapatkan keuntungan, apalagi teknologi dan paten mereka pastinya digunakan di seluruh dunia.

Hal yang berbeda justru dilakukan oleh Wakanda, dimana mereka pada awalnya sangat tertutup dengan dunia luar. Harta yang mereka miliki digunakan untuk pembangunan warga mereka sendiri. Sebelum akhirnya mereka membuka diri kepada dunia dan menyuplai Vibranium yang mereka miliki untuk berbagai keperluan perdamaian dunia. Kekayaan Black Panther membuat kaya seluruh dunia.