Jika diperhatikan, hal ini wajar karena kembali lagi, dia tidak memiliki Haki penguasa. Katakuri dan Luffy memiliki Haki tersebut dan keduanya mampu melakukan hal yang sama untuk melihat masa depan. Jadi, rasanya masuk akal jika Haki penguasa berbeda dengan kedua Haki lainnya, dan juga menyimpulkan jika seseorang tidak memiliki Haki penguasa rasanya mustahil seseorang bisa melakukan hal tersebut.

Ini juga menjelaskan mengapa warna Haki peguasa bisa berpadu dengan warna Haki lainnya untuk mendapatkan sebuah warna yang baru. Contohnya, kita bisa mendapatkan warna Haki memprediksi masa depan dengan memadukan Haki penglihatan dan juga Haki penguasa. Hal ini juga berlaku untuk Implosion Ryou atau Haki yang mengalir.

Seperti dalam chapter sebelumnya dijelaskan, dengan kemampuan ini seseorang mampu menghancurkan sebuah benda atau objek bukan hanya dari luarnya saja tapi juga dari dalam. Seperti yang dipraktekan Luffy untuk melepaskan gelang peledaknya dan juga ketika Rayleigh melepaskan gelang Camie. Hal ini merupakan perpadukan antara Haki penguasa dan juga Armament Haki, yang akhirnya mendapatkan Implosion Ryou.

Inilah mengapa Ryou yang dipraktekan oleh Luffy diluar Ryou yang normal dan mengapa hal ini tidak bisa dipelajari oleh seseorang yang tidak memiliki Haki pengasa. Pada dasarnya, Haki tersebut masih Ryou pada umumnya hanya saja ada sebuah Haki lainnya yang dipadukan ke dalamnya yang tidak bisa dilakukan melalui proses latihan.

Haki penguasa hanya bisa diperkuat atau dikembangkan oleh pengalaman dan juga kondisi penggunanya, seperti saat pertarungan antara Luffy dan Katakuri. Inilah alasan mengapa Haki penguasa berbeda dan mampu menyatu dengan Haki lainnya untuk menciptakan warna baru.

Flaming Haki

Mengapa Flaming Haki memiliki hubungan dengan Haki penguasa? Karena berdasarkan ceritanya, mereka yang sudah berada di level selanjutnya (seperti Big Mom, Katakuri, dan Luffy) juga memiliki kemampuan ini. Apa yang akan terjadi bila hardening atau kemampuan mengeraskan tubuh dengan Haki penguasa dipadukan? Jawabannya adalah Haki yang terbakar.

Penggunanya mengalirkan semangat ke dalam diri mereka, yang mana hal ini mampu membuat pengguna buah iblis tetap mampu mengeluarkan kemampuan buah iblisnya. Inilah alasan mengapa Doflamingo kaget ketika berhadapan dengan form Luffy ini, karena dia belum pernah menghadapi situasi seperti ini sebelumnya. Kemampuan ini memadukan semua unsur yaitu kemampuan buah iblis, Haki, dan Haki penguasa.

Untuk mengilustrasikan poin ini kita ambil contoh lainnya yaitu Trafalgar Law. Seseorang yang hebat seperti Law, tentunya memiliki potensi untuk bisa menggunakan kemampuan yang sama seperti Luffy. Tapi, sayangnya dia tidak memiliki akses untuk melakukan hal tersebut meskipun dia mengetahui konsep dari mengeraskan tubuh.

Meskipun dia dipaksa menggunakan kemampuan lainnya seperti Ryou, untuk diaplikasikan ke pedangnya, dia tidak bisa mengaktifkan kekuatan buah iblisnya. Itulah mengapa hanya karakter-karakter kuat yang mampu melakukan tahap mengeraskan tubuhnya, tapi juga tetap mendapatkan efek dari buah iblis yang mereka konsumsi.

Sebenarnya, dengan menggunakan kemampuan Ryou dan juga teknik mengeraskan mampu membuat seorang pengguna pedang merubah pedangnya menjadi Black Blade. Karena, dengan mengalirkan Haki ke pedangnya dan menguncinya, pedang tersebut akan berubah. Tapi, seperti yang disebutkan tidak semua orang mampu mempertahankan kekuatan buah iblisnya. Alasan lainnya adalah karena Haki penguasa memiliki cara kerja yang berbeda dengan mereka yang menggunakan pedang atau benda lainnya.

Ultimate Haki

Black Lightning atau Haki berwarna hitam dianggap merupakan bentuk sempurna dari Haki penguasa. Selama ini, Black Lightning memiliki hubungan dengan Haki penguasa, tapi di sisi lain kemampuan ini memiliki hubungan juga dengan Armament Haki. Sabo merupakan salah satu dari beberapa orang yang mampu mengendalikan Black Lightning.

Tapi, apakah Sabo juga memiliki Haki penguasa? Mengingat Sabo adalah “saudara” dari Ace dan juga Luffy, tidak heran jika Sabo juga memiliki Haki tersebut. Bahkan, Sabo juga sepertinya lebih kuat dibandingkan Luffy saat ini sehingga wajar jika dia berada di posisi kedua dibawah Dragon dalam pasukan revolusi.

Apa artinya? Jika kemampuan pengerasan dan juga Ryou digunakan secara bersamaan, seperti yang dilakukan oleh Sabo, lalu kira-kira apa yang akan terjadi jika Implosion dan juga Flaming Haki digunakan secara bersamaan? Maka bisa dipastikan kita akan melihat sesuatu hal yang baru lagi.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 3