Setelah sekian lama dinantikan, akhirnya HBO secara resmi merilis episode pertama dari series Watchmen. Dan seperti biasa, Watchmen tidak tanggung-tanggung dalam menghadirkan berbagai hal-hal aneh dalam ceritanya. Salah satunya adalah hujan gurita. Guritanya sendiri tidak besar, hanya seukuran jari, namun tetap saja hal itu menimbulkan pertanyaan. Berikut adalah penjelasannya.

Cumi-cumi Raksasa Dalam Versi Komik

Cumi-cumi raksasa bisa dibilang merupakan inti cerita dari Watchmen. Dalam cerita komiknya, manusia paling cerdas di muka bumi, Adrien Veidt alias Ozymandias berencana untuk mengakhiri perang dingin antara Uni Soviet dan juga Amerika. Ozy berencana untuk menakut-nakuti kedua negara tersebut dengan sebuah ancaman besar, sehingga memaksa mereka untuk bekerja sama.

Ancaman buatan tersebut adalah sebuah serangan alien alias makhluk luar angkasa. Dengan menggunakan teknologi yang didapatkan dari Mr. Manhattan, dia memindahkan seekor cumi-cumi raksasa ke tengah-tengah kota New York. Namun, sayangnya rencana tersebut gagal karena cumi-cumi raksasanya meledak di tengah perjalanan.

Meskipun tidak diperlihatkan sampai akhir, cumi-cumi buatan Ozy tersebut sudah memperkuat cerita dari Watchmen. Ozy membunuh the Comedian karena dia ternyata mengetahui semua rencananya, dan juga usaha untuk menggunakan teknologi dari Dr. Manhattan. Di akhir ceritanya, rencana tersebut ternyata terbukti berhasil. Richard Nixon, presiden saat itu, akhirnya mendeklarasikan perdamaian.

Sebenarnya untuk versi komik. cerita tentang cumi-cumi raksasa tersebut sangatlah jenius. Visulanya benar-benar menampilkan surealisme dari medium komik. Dalam film Watchmen versi 2009 karya Zack Snyder, rencana cumi-cumi raksasa tersebut dirubah menjadi bom psionic yang menyasar beberapa kota dengan meninggalkan jejak Dr. Manhattan, seolah itu adalah idenya.

Terlepas dari perbedaan ide tentang rencana dari Ozy, impak atau dampaknya sendiri cenderung sama. Hanya saja, untuk cumi-cumi dirasa pantas untuk medium komik. Perubahan yang sempat menimbulkan kontroversial ini sebenarnya sebuah keputusan yang tepat, mengingat mediumnya adalah layar lebar.

Hujan Cumi-Cumi di TV Seriesnya

Cerita tentang cumi-cumi juga sepertinya tidak hanya di komiknya, tapi juga coba ditampilkan dalam episode perdana TV seriesnya yang mulai tayang sejak minggu kemarin. Ada beberapa poin yang menunjukan bagaimana cumi-cumi tidak lepas dari series ini. Dalam ruangan kelas, kita bisa melihat sebuah poster tentang anatomi cumi-cumi, dan kemudian di perjalanan pulang Angela menyaksikan sebuah fenomena aneh yaitu hujan cumi-cumi.

Di ruang interogasi pun kita bisa melihat sebuah gambar dari mata seekor cumi-cumi raksasa, yang pastinya bisa dikenali buat Geeks yang membaca komiknya. Meskipun semua hal yang disebutkan tentang cumi-cumi tersebut mereferensikan cerita dari komik, hujan cumi-cumi yang terjadi di seriesnya sedikit diberi sentuhan yang berbeda.

Salah satunya adalah apa sebenarnya penyebab hujan cumi-cumi tersebut? apakah akibat cumi-cumi raksasa yang meledak seperti di komiknya? Bisa jadi hal tersebut merupakan ide dari Ozymandias (yang dianggap sudah mati dalam seriesnya) demi menjaga kedamaian yang sudah dia lakukan. Kemungkinan lainnya adalah sebuah kekuatan dari luar, yang masih belum diketahui. Apakah menggunakan teknologi Dr. Manhattan atau teknologi alien lain? Masih harus kita tunggu.

Apa Artinya Bagi Masa Depan Seriesnya

Terlepas dari apapun itu, cumi-cumi sepertinya kembali menjadi bagian penting bagi cerita Watchmen. Apa yang terjadi dengan hujan cumi-cumi di seriesnya, sepertinya bukan sebuah musibah yang alami atau bukan fenomena alam yang memang biasa terjadi. Namun, yang pasti adalah rencana dari Ozy berhasil dan sudah ada petunjuk tentang makhluk dari luar angkasa.

Tapi, tentu saja tidak semuanya percaya tentang rencana Ozy tersebut. Looking Glass sendiri sempat bertanya perihal hujan cumi-cumi tersebut merupakan sebuah hal yang direncanakan oleh pemerintah Amerika. Masih belum diketahui apa maksud dari hujan cumi-cumi ini, kebenaran yang asli masih harus kita tunggu dan mungkin di episode selanjutnya kita akan menemukan jawabannya.