Indra Otsutsuki

Anak pertama dari Hagoromo, Indra Otsusuki, merupakan seorang shinobi jenius yang mampu melampaui apapun. Otsusuki mewarisi chakra kuat milik ayahnya, dan juga kemampuan Sharingannya. Terkadang, Indra juga mampu membangkitkan kemampuan Mangeyou Sharingan miliknya, meskipun tidak diketahui kemampuan sebenarnya

Di animenya, diperlihatkan bahwa Indra mampu menggunakan Amaterasu, tapi di manganya dia tidak memiliki kemampuan ini. Namun, Indra memiliki kemampuan untuk mengendalikan seluruh tubuh Susano’o tanpa harus membuka Eternal Mangekyou Sharingan, yang mana merupakan sesuatu hal yang luar biasa. Dia bahkan cukup kuat untuk bisa bertarungan Ashura dalam pertempuran, yang mana hal ini menjadikan dia salah satu pengguna Mangekyou Sharingan terkuat.

Uchiha Obito

Dibandingkan Uchiha lainnya, Obito bisa dibilang telat dalam mengembangkan kemampuan Sharingannya. Setelah menyaksikan kakashi membunuh Rin, dia kemudian mampu membangkitkan Mangekyou Sharingan di mata sebelah kiri, yang disebut sebagai Kamui. Dengan menggunakan Kamui, Obito mampu mengirimkan bagian tubuhnya menuju sebuah dimensi yang lain, membuatnya menjadi sosok yang sulit dikalahkan.

Selain mampu memindahkan tubuhnya, dia juga mampu memindahkan siapapun yang menyentuhnya. Selama bertahun-tahun, Obito terus menyempurnakan kemampuan Mangekyou Sharingan miliknya ini. Sebagai Jinchuuriki dari monster berekor sepuluh, Obito sayangnya harus kehilangan kemampuan Mangekyou Sharingannya tersebut.

Uchiha Madara

Madara merupakan Uchiha pertama di klannya, bersama dengan Izuna, yang membangkitkan kemampuan Mangekyou Sharingan. Setelah bertahun-tahun melatih kemampuannya ini, dia akhirnya berhasil mendapatkan kekuatan yang dahsyat yang dia gunakan untuk bertarung melawan Hashirama Senju. Tapi, sayangnya Hashirama masih terlalu kuat untuk Madara.

Madara kemudian mencari kekuatan lainnya. setelah menyaksikan saudaranya tewas, dia pun mengambil matanya untuk membangkitkan Eternal Mangekyou Sharingan. Dengan menggunakan kemampuannya ini, Madara mampu membangkitkan kemampuan untuk mengendalikan Susano’o secara penuh. Menariknya, meskipun dia merupakan orang pertama yang mendapatkan Mangekyou Sharingan tidak diketahui apa kemampuannya.

Kakashi Hatake

Berkat Sharingan yang dia miliki, Kakashi mampu menirukan berbagai jenis jutsu yang dia lihat. Oleh karena itu, Kakashi memiliki julukan si ninja peniru. Seperti yang diketahui, kakashi merupakan mantan anbu yang kemudian menjadi guru bagi Sasuke, Naruto, dan Sakura. Kakashi juga “unik,” pasalnya meskipun dia bukan keluarga Uchiha namun dia memiliki kemampuan Sharingan.

Mata Sharingan tersebut sebenarnya merupakan pemberian dari Obito, setelah sebelah mata Kakashi terluka parah. Kemampuan Mangekyou Sharingan kakashi didapatkan setelah dia melihat kematian dari Rin. Sama seperti Obito, dia juga memiliki kemampuan untuk menggunakan Kamui, tapi bukan tubuhnya yang dijauhkan melainkan benda. Ketika Kakashi berhasil mengakses mata Sharingan Obito yang lain, dia bahkan mampu bertarung melawan Kaguya Otsutsuki.

Sasuke Uchiha

Dibandingkan keluarga Uchiha lainnya, Sasuke bisa dibilang merupakan pengguna Mangekyou Sharingan terkuat di series Naruto. Dia berhasil membangkitkan Mangekyou Sharingan miliknya saat misi pertama di jembatan Tenchi. Setelah mengetahui tentang kematian dari Itachi, Sasuke kemudian berhasil membangkitkan Mangekyou miliknya dan memiliki kekuatan yang dahyat.

Mata kirinya memberikan Sasuke kemampuan untuk mengendalikan Amaterasu, sementara mata kanannya mampu memberikan Sasuke kemampuan untuk memanipulasi justu. Sasuke juga mampu menggunakan Eternal Mangekyou setelah mengganti matanya dengan mata dari Itachi. Hal itu membuatnya mampu mengeluarkan Susano’o. Mata kirinya kemudian berkembang lagi dengan mampu mengakses Rinnegan.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.