Diantara sekian banyak klan di series Naruto, klan Uchiha bisa dibilang merupakan salah satu yang terkuat. Bukan tanpa sebab, keluarga Uchiha diberkahi oleh kemampuan untuk menggunakan salah satu jurus paling mengerikan, Sharingan. Sharingan sendiri dianggap sebagai salah satu jutsu visual yang kuat, selain Byakugan dan Rinnegan. Bila seorang Uchiha mampu melakukannya, dia bisa meningkatkan Sharingan miliknya menjadi Mangekyou Sharingan.

Seperti yang diperlihatkan di seriesnya, tidak mudah untuk bisa meningkatkan kemampuan Sharingan tersebut. Ada sebuah syarat yang sangat berat dan sukar untuk dilakukan, yaitu mereka harus membunuh seseorang yang dianggap dekat dengan mereka dan mengalami sebuah trauma emosional. Berikut adalah pengguna Sharingan terkuat di series Naruto.

Uchiha Izuna

Uchiha Izuna merupakan salah satu dari empat saudara kandung Uchiha Madara. Dia juga merupakan seorang shinobi yang pemberani. Bersama keempat saudaranya, dia merupakan orang pertama yang berhasil membangkitkan kemampuan Mangekyou Sharingan di klan Uchiha. Kemampuan pasti dari Mangekyou Sharingan miliknya tidak diketahui, tapi yang pasti hal ini membuat dia menjadi sosok yang kuat untuk memimpin klan Uchiha bersama Madara.

Di masa mudanya, dia sudah berhasil mengalahkan banyak sekali shinobi Senju. Tapi, pada akhirnya dia harus tewas akibat luka fatal dari pedang Tobirama. Sampai dia tewas pun, kemampuan Mangekyou Sharingan milik Izuna masih menjadi misteri, tapi dengan kemampuan tersebut membuat dia menjadi pemimpin klan Uchiha yang kuat, pastinya Mengekyou miliknya sangat dahsyat.

Shimura Danzo

Danzo merupakan salah satu ninja terkuat di desa Konoha. Dia merupakan sosok yang diberikan tugas oleh Hokage untuk mengurusi berbagai operasi gelap dari Konoha tanpa diketahui oleh siapapun. Dalam salah satu usaha untuk membuatnya lebih kuat demi melindungi Konoha, Danzo sudah tidak terhitung berhasil mencuri Sharingan milik orang lain.

Salah satu orang yang berhasil dicuri Sharingannya adalah Mangekyou Sharingan milik Shisui. Dengan menggunakan mata ini, dia bisa mengaktifkan genjutsu yang disebut Kotoamatsukami yang mampu membuatnya memanipulasi orang lain tanpa korbannya menyadari bahwa dia sedang dimanipulasi. Itu baru satu Mangekyou Sharingan, sedangkan Danzo memiliki banyak sekali Mangekyou Sharingan. Benar-benar mengerikan.

Shin Uchiha

Dalam bahasa Indonesia, Shin Uchiha bisa diartikan sebagai Uchiha yang baru. Dia merupakan manusia buatan yang diciptakan oleh Orochimaru. Setelah menggali banyak informasi tentang klan Uchiha, khususnya Itachi, dia kemudian berencana untuk membunuh Sasuke dan mengembalikan klan Uchiha. Shin kemudian membangkitkan Mangekyou Sharingan miliknya melalui hal yang tidak diketahui, namun dia sendiri mengalami trauma emosional.

Kekuatan Mangekyou Sharingan miliknya mampu menandai setiap senjata yang ada dan kemuian memanipulasinya melalui telekinesis. Berkat tubuhnya yang memiliki cel Hashirama, dia mampu menghindari efek samping dari Mangekyou Sharingan. Dia ampu melawan Sasuke dan Naruto sekaligus, yang menunjukan betapa kuatnya seorang Shin Uchiha.

Uchiha Shisui

Shisui terkenal karena kemampuannya sebagai Jonin di Konogha. Dia membangkitkan Mangekyou Sharingan miliknya pada saat perang besar ninja ketiga, dan berkat kemampuan tersebut, dia juga mampu mengeluarkan sebuah genjutsu kuat Kotoamatsukami. Seperti yang dijelaskan sebelumnya kekuatan Sharingan Shisui mampu memanipulasi orang tanpa korbannya menyadari bahwa dia sedang dimanipulasi. Dia juga mampu mengeluarkan Susano’o dari tubuhnya.

Itachi Uchiha

Itachi merupakan anak dari Fugaku Uchiha dan juga kakak dari Sasuke. Sejak kecil, Itachi memang dikenal sebagai seseorang yang tidak menyukai peperangan, tidak menyukai pertumpahan darah, dan juga tidak berminat untuk menjadi Hokage. Sayangnya, semuanya berubah. Setelah menyaksikan Shisui yang mengakhiri hidupnya, Sharingan milik Itachi pun bangkit.

Kemampuan Mangekyou Sharingan miliknya benar-benar berbeda. Di mata kirinya, Itachi mampu membangkitkan Amaterasu yang mampu membakar apapun. Sementara di mata kanan, dia mampu mengeluarkan Tsukoyomi, yaitu sebuah genjutsu yang sangat kuat yang mampu memanipulasi ruang dan waktu. Berkat Mangekyou ini, Itachi menjadi lawan yang sulit untuk dikalahkan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

FOLLOW US