Sutradara Taika Waititi telah menandatangani kontrak untuk menyutradarai film live-action Akira pada 2017 lalu. Namun, Waititi direkrut oleh Marvel untuk menyutradarai film Thor lain setelah kesuksesan Thor: Ragnarok, dan hal tersebut harus membuat proyek live-action Akira harus “mengalah” untuk sementara waktu.

Saat mempromosikan film Jojo Rabbit, Waititi menjelaskan keterlambatan produksi untuk live-action Akira, dimana ia terus mengundur jadwal produksi dari film tersebut dan kini ia masih berfokus untuk menyelesaikan film Thor: Love and Thunder. Namun meskipun komitmennya pada Marvel lebih didahulukan, Waititi menjanjikan para penggemar bahwa ia masih akan terlibat sebagai sutradara untuk live-action Akira nanti.

Sebenarnya Waititi bukanlah orang pertama yang mencoba mengadaptasi film live-action Akira. Sebelumnya, Warner Bros berusaha untuk mengadaptasi film tersebut selama bertahun tahun, dengan beberapa penulis dan sutradara yang berbeda. Bahkan sutradara George Miller dan Jordan Peele diberi kesempatan untuk menyutradarai film tersebut tetapi mereka menolak tawaran itu.

Akira awalnya adalah seri manga yang kemudian diadaptasi menjadi film animasi pada tahun 1988. Berlatar di post-apocalyptic masa depan, Akira berkisah tentang pemimpin geng motor yang temannya mendapatkan kekuatan telekinetik setelah kecelakaan sepeda motor. Akira dianggap sebagai salah satu film sci-fi terbesar yang pernah dibuat dan memiliki basis fans yang besar diseluruh dunia.