Musim kedelapan sekaligus musim terakhir dari series Arrow akhirnya resmi tayang perdana, dibuka dengan episode pertama berjudul “Starling City”. Episode tersebut ternyata memberikan gambaran beberapa perbedaan antara realita di Earth-1 dan Earth-2. Ini mengejutkan karena meskipun episodenya jelas  berlatar di suatu tempat selain rumah dari Oliver Queen yaitu Earth-1, tapi kemungkinan dia ada di Earth-2. Berikut adalah perbedaan antara Earth-1 dan Earth-2 berdasarkan episode perdana tersebut.

Starling City Masih Jadi Rumah Oliver Queen

Yang mengejutkan adalah wilayah Oliver Queen tinggal ternyata masih bernama Starling City di tahun 2019. Pada Earth-1, kota ini dipersingkat menjadi Star City demi menghormati Dr. Raymond Palmer dan juga inisiatifnya untuk mengubah nama kota tersebut menjadi Star City. Hal ini terjadi ketika Palmer tewas pada 2015 silam.

Namun, sepertinya alasan perubahan nama kota ini berbeda di Earth-2. Ray Palmer justru tidak pernah mendapatkan popularitas yang sama seperti di Earth-1. Meskipun belum diketahui apakah Ray Palmer juga ada di Earth-2, yang jelas dia tidak sesukses dan sepopuler versinya di Earth-1. Hal ini diperlihatkan ketika Queen Consolidated bereksperimen untuk mengembangkan bahan bakar alternatif di 2019, yang mana di Earth-1 Ray membangun kostum ATOM miliknya dengan menggunakan material yang sama di 2014.

Topeng Batman di Lian Yu

Adegan awal dari episode pertama ini memperlihatkan adegan yang sebelumnya pernah terjadi, yaitu ketika Oliver Queen berada di pulau Lian Yu untuk meledakan sebuah sinyal darurat agar bisa dilihat oleh kapal-kapal yang sedang melintas. Ketika dia sedang berlari, kita melihat sebuah topeng dengan sebua anak panah. Topengnya mirip dengan dengan topeng dari Batman (atau Batwoman?).

Perbedaannya adalah di Earth-1, topeng tersebut bukanlah topeng berbentuk kelelawar melainkan topeng Deathstroke. Ini menjadi petunjuk lainnya jika Oliver Queen sedang berada di Earth yang berbeda dan semua hal juga dunia yang ada di episode tersebut akan berbeda dengan dunia yang selama ini kita lihat.

Oliver Queen Sudah Tewas

Sebuah laporan di series The Flash pada musim kedua episode 6, “Enter Zoom,” mengkonfirmasi bahwa Oliver Queen dari Earth-2 hilang di laut dan ayahnya, Robert Queen, kembali ke permukaan untuk menjadi seorang vigilante bernama “The Hood.” Episode “Starling City” memberikan referensi terhadap hal tersebut, dengan Oliver yang akhirnya bisa kembali pulang setelah 12 tahun dianggap sudah tewas. Tapi, justru di Earth-2 ini tidak ada informasi sedikit pun tentang Robert Queen yang kembali ke kota.

Malcolm Merlyn dan Moira Queen Menikah

Pertanyaan tentang apa yang terjadi kepada Robert Queen menjadi penting untuk dijawab, karena ada sesuatu yang mengejutkan ketika Oliver Queen kembali ke Starling City; ibunya, Moira Queen, sudah kembali menikah dengan Malcolm Merlyn dan bukan mantan partner bisnis ayahnya Walter Steele.

Keduanya juga sepertinya sudah melakukan merger perusahaan mereka menjadi Queen-Merlyn Consolidated. Hal ini sepertinya membantah apa yang terjadi di series The Flash, bahwa Robert Queen menjadi seorang vigilante di Earth-2 dan identitasnya terungkap. Ada kemungkinan hal tersebut masih terjadi di Earth-2, namun Moira lebih memilih untuk menceraikan suami pertamanya setelah dia ditahan dan identitasnya diketahui publik pada 2015.

Jika memang begitu, maka rasnaya masuk akal jika Moira kembali menikah dengan Malcolm. Bisa juga ini terjadi akibat Barry Allen yang “mengacaukan” timeline. Tapi, yang pasti adalah rasanya canggung bagi Oliver melihat ibunya menikah dengan rival terbesarnya di Earth-1, meskipun di Earth-2 Malcolm adalah sosok yang baik dan berbeda dengan versinya di Earth-1.

Thea Meninggal Akibat Overdosis

Setelah disambut kepulangannya oleh sahabat baiknya, Tommy Merlyn, Oliver kemudian bertanay mengapa adiknya, Thea Queen, tidak ada menyambutnya. Setelah hening beberapa saat, Moira kemudian mengatakan kepada Oliver bahwa The tewas akibat overdosis obat-obatan di ulang tahunnya yang ke 18.

Hal ini seolah menjadi alternatif lainnya dari cerita tentang Thea di Eart-1. Di series Arrow musim pertama, dalam episode “Trust, But Verify,” Thea juga sebenarnya tewas. Hanya saja penyebabnya berbeda. Pada saat ulang tahunnya yang ke 18, Thea Queen tewas setelah dia mengalami tabarakan ketika mencoba mobil barunya. Dia mengendarai mobil dan berada di bawah kendali obat-obatan.

Adrian Chase Adalah The Hood

Ketika Oliver Queen menyusup ke lab yang memiliki partikel dwarf star yang dia butuhkan, Oliver melihat beberapa tubuh yang yang sudah tidak bernyawa penuh dengan anak panah dan juga dia bertemu dengan seseorang yang menggunakan kostum. Beruntung, pertarungan keduanya berhasil dilerai oleh Laurel, yang ternyata mengungkapkan fakta mengejutkan.

Sosok misterius lainnya itu ternyata merupakan orang yang dikenal oleh Oliver, yaitu Adrian Chase/Promotheus. Ternyata di Earth-2 bukan ayahnya yang menjadi The Hood, melainkan Adrian. Menurut Laurel, Adrian Chase versi Earth-2 ini berbeda dengan versi Earth-1. Dia justru merupakan sosok yang baik, dan mau melindungi Starling City.

Sayangnya, kita tidak dijelaskan mengapa atau bagaimana Adrian bisa menggunakan nama Promotheus. Padahal di Earth-1 nama aasli Promotheus sendiri adalah Simon Morrison, dan dia menggunakan nama Adrian Chase sebagai sebuah alias untuk bisa mendekati Oliver Queen.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2