Sejak pergi ke Wano, tujuan Luffy hanya satu yaitu mengalahkan salah satu Yonko yang juga merupakan orang paling kuat di dunia yaitu Kaido. Tapi, bukan sesuatu yang mudah untuk mengalahkan Kaido mengingat bagaimana reputasinya sebagai orang paling kuat di dunia. Bahkan, saat pertarungan pertama pun Luffy bisa dikalahkan dengan mudah.

Kini, tugas Luffy semakin berat ketika Luffy bukan hanya menghadapi satu orang Yonko melainkan dua Yonko sekaligus yaitu Big Mom dan Kaido. Di beberapa chapter sebelumnya diperlihatkan jika Big Mom akhirnya membentuk aliansi bersama Kaido yang tentunya semakin memperburuk suasana. Tapi, apakah Big Mom memang benar ingin menguasai dunia bersama Kaido? Atau ada maksud lain?

Ada beberapa hal yang bisa menjadi petunjuk jika Big Mom sepertinya tidak akan setia kepada perjanjian mereka. Pertama adalah kalah jumlah. Seperti yang kita ketahui, Big Mom tidak dikawal oleh anak buah serta krunya sejak diculik oleh Queen dan dibawa ke Onigashima. Berada di markas musuh tanpa adanya dukungan, tentunya membuat kesempatan untuk menang lebih kecil.

Big Mom mungkin kuat apalagi dengan titelnya sebagai Yonko, namun 30.000 pasukan ditambah satu orang Kaido dan beberapa komandan terkuat melawan satu orang tentunya bukan ide yang bagus. Kedua adalah pesta besar. Kaido dan Big Mom merayakan sebuah pesta besar untuk merayakan penggabungan dua kekuatan terbesar sekaligus memang menjadi sebuah rutinitas yang digelar setiap tahunnya.

Seperti yang dijelaskan; pesta yang diadakan setahun sekali tersebut diselenggarakan untuk memberikan hiburan kepada para pasukan Kaido dan juga Orochi. Kaido mengundang seluruh tamu untuk berpesta dalam jamuan tersebut. Ini bisa menjadi sebuah jalan masuk bagi anak-anak Big Mom juga krunya untuk membantu menciptakan kerusuhan di wilayah tersebut.

Ketiga adalah sifat licik Big Mom. Selain kuat, Big Mom juga memiliki sifat yang licik. Berencana untuk menghabisi keluarga Germa di pernikahan Sanji dan Pudding demi merebut teknologi keluarga Vinsmoke menjadi salah satu buktinya. Sengoku juga menjelaskan bahwa, bajak laut Rocks lebih senang bertindak masing-masing dan anak buah Rocks bukanlah sosok yang “bersih.”

Pertarungannya melawan Kaido mungkin hanyalah emosi sesaat saja dari Big Mom. Tapi, setelah dia menyadari situasinya yang terjebak tanpa adanya bantuan atau dukungan dari kru dan anak-anaknya, dia pun memikirkan sebuah rencana besar untuk keluar dari situasi tersebut. Salah satunya adalah merebut kepercayaan Kaido, dan setelah dia percaya barulah Big Mom menghancurkan Kaido dari belakang.

Tapi, yang perlu diperhatikan adalah jika memang Big Mom akan mengkhianati Kaido, secara tidak langsung Luffy akan mendapatkan bantuan kekuatan yang tidak terduga. Apakah artinya Big Mom ada di pihak Luffy? Tidak juga. Berada di tempat yang sama dan melawan musuh yang sama, tentunya Luffy akan menyingkirkan egonya untuk menghabisi Big Mom dan fokus pada Kaido.

Seperti pepatah barat lama mengatakan, “the enemy of my enemy is my friend”. Sebelum, mungkin, pada akhirnya Luffy akan bertarung dengan Big Mom mereka akan terlebih dahulu menghabisi Kaido. Tapi, jika skenario terburuknya adalah anak buah Big Mom yang berhasil masuk ke Onigashima pun ternyata menyerang Luffy, setidaknya itu bisa menjadi sebuah “keuntungan” bagi Luffy karena anak buah Kaido dan Orochi tidak akan fokus ke satu titik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.