Krypto the Superdog merupakan salah satu kejutan yang dimunculkan dalam series Titans untuk musim kedua. Sebenarnya, kemunculan dari Conner Kent dan Krypto sendiri sudah diperlihatkan sekilas di akhir episode terakhir musim pertama. Meskipun baru saja muncul, dalam cerita komik Krypto merupakan salah satu karakter yang cukup populer. Siapa sebenarnya Krypto?

Origin Story Versi Komik

Krypto the Superdog pertama kali muncul pada komik Adventure Comics #210, yang dirilis pada 1955, dalam cerita “The Super-Dog From Krypton.” Dalam ceritanya, kita diperlihatkan bagaimana Superboy menginvestigas laporan seekor anjir liar di Smallville yang mengejutkan orang-orang dengan mampu menghentikan sebuah usaha perampokan.

Superboy benar-benar sangat singin bertemu dengan Krypto, dan ketika dia berhasi bertemu dengan anjing luar biasa tersebut anehnya Krypto justru bertindak seolah-olah sudah mengenal Superboy sejak lama. Krypto kemudian menuntuk Conner pergi ke sebuah tempat, yang ternyata merupakan lokasi dari jatuhnya pesawat luar angkasa milik bangsa Krypton.

Menurut catatan di pesawat tersebut menjelaskan bahwa seorang ilmuwan dari Krypton berusaha untuk mendsain sebuah roket yang mampu memindahkan orang-orangnya dari planet tersebut. Dan untuk melakukan beberapa tes kepada hewan, ilmuwan tersebut terpaksa mengorbankan anjing kecil peliharaannya, Krypto, di eksperimen terakhir.

Sebelum melihat tanda tangan dari penulis tersebut, Superboy sudah tahu jika yang menulis adalah ayahnya yaitu Jor-El. Krypto menyukai Superboy, karena dia memiliki bau atau aroma yang familiar dengan orang yang pernah merawatnya ketika dia masih kecil. Meskipun awalnya Superboy senang dengan kemunculan Krypto, tapi dia harus menyadari bahwa ada konsekuensinya. Krypto pada dasarnya memiliki sifat yang sama dengan anjing di bumi. Jika anjing di bumi senang untuk mengejar mobil atau truk, Krypto justru lebih senang mengejar pesawat dan dia mampu mengejarnya.

Apapun usaha yang dilakukannya, Superboy tentunya menyadari bahwa dia tidak bisa terus memaksa Krypto berada di sebuah ikat layaknya anjing bumi pada umumnya. Akhirnya terpaksa Conner harus merekalan Krypto bebas. Sekarang, Krypto sering kali pulang ke Smallville untuk bermain bersama anjing keluarga Kent, Skip, ketika tidak membantu Superboy atau tidak ada petualangan lainnya.

Krypto sendiri membentuk tim pahlawannya sendiri yaitu Legion of Super Pets (Legion of Superheroes versi binatang peliharaan) dan juga Space Canine Patrol Agents. Namun, sayangnya Krypto kemudian tewas karena melindungi Superboy dari serangan Kryptonite Man dalam cerita “Whatever Happened To The Man of Tomorrow?” sebuah cerita komik yang dibuat oleh Alan Moore.

Krypto kemudian kembali diperkenalkan pada 2011 dalam komik Return to Krypton, dimana dalam cerita tersebut Krypto berbeda dengan yang sebelumnya diperkenalkan. Karena dalam cerita tersebut Krypto merupakan sebuah anjing “buatan”, Krypton tidak memiliki kecerdasan seperti anjing bumi pada umumnya. Superman harus mengurung Krypto di dalam Fortress of Solitude sampai dia bisa mengajari Krypto untuk menuruti perintahnya.

Versi lainnya dari Krypto juga diperkenalkan sebagai bagian dari era New 52. Dalam versi ini, Krypto merupakan anjing yang mengorbankan dirinya untuk menyelamakan pemiliknya setelah Jor-El mencoba untuk menyelamatkan keluarganya dari kehancuran Krypton akibat terbukanya portal menuju Phantom Zone.

Krypto tewas diserang oleh para tahanan yang mencoba untuk kabur dari Phantom Zone dengan masuk ke dalam kapalnya. Krypto berhasil menahan serangan tersebut sampai akhirnya Jo-El mampu menutup pintu portalnya. Sayangnya, Krypto harus tinggal di Phantom Zone. Namun, beberapa tahun kemudian Superman kembali ke Phantom Zone dan menyelamatkan Krypto kemudian membawanya kembali ke bumi.

Kekuatan Krypto

Sama seperti Superman yang mengandalkan kekuatan matahari, Krypto juga mengandalkan kekuatan dari matahari. Krypto memiliki semua kekuatan yang dimiliki Superman, membuatnya menjadi anjing yang paling kuat yang pernah ada. Kekuatan tersebut termasuk super-strength, kecepatan super, terbang, tahan terhadap serangan apapun, tembakan sinar X, dan masih banyak lainnya.

Dalam beberapa hal, Krypto memiliki keunggulan dibanding Superman karena pada dasarnya anjing mampu mendengar suara yang lebih sensitif juga mampu mencium aroma atau bau. Di versi modern, Krypto memiliki kepintara yang sama dengan anjing bumi pada umumnya. Hanya saja dia lebih mengerti dan memahami apa yang diucapkan manusia, dibandingkan anjing pada umumnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.