Selain keluarga, kebanyakan orang melakukan traveling bersama teman. Bisa hanya pergi berdua, berempat atau beramai-ramai dalam kelompok. Menggabungkan pikiran dan karakter tiap orang tentu tak mudah. Walaupun mungkin kamu pergi dengan sahabat yang sudah kenal bertahun-tahun sehingga kadang traveling bisa dipenuhi drama hanya karena masalah dengan teman seperjalanan. Tentu ini dapat menjadi hambatan saat liburan.

Masalah dapat terjadi karena berbagai hal. Salah satunya tempat yang ingin dikunjungi saat traveling. Sebab tiap individu umumnya punya pilihan masing-masing. Oleh karena itu, perlu pembahasan dalam menentukan rencana perjalanan. Nah, kalau tiket pesawat Sriwijaya Air di Traveloka telah di-booking, sebaiknya lakukan sejumlah cara di bawah ini agar perjalanan liburanmu bersama teman-teman dapat berjalan menyenangkan. Yuk, coba!

1Bersikap fleksibel

Sangat penting bersikap fleksibel dan beradaptasi dengan situasi apa pun, termasuk jika keadaan tidak begitu menyenangkan. Ini mungkin terdengar mudah, tapi tidak semua orang sesantai apa yang mereka pikirkan. Saat traveling, rencana bisa berubah karena berbagai hal. Baik cuaca, kondisi maupun suasana hati.

Bila berlibur dengan kelompok besar, tentu semakin banyak karakteristik, opini dan keinginan. Maka semakin besar pula kemungkinan segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana.  Oleh karena itu, tiap orang perlu bersiap untuk melakukan penyesuaian agar tercipta keharmonisan dalam kelompok.

2Buat rencana perjalanan tempat tujuan

Kebanyakan dari kita setidaknya punya satu tempat tujuan yang ingin didatangi saat traveling. Baik tempat bersejarah, taman atau sekadar restoran. Tetapi tidak semua rekan seperjalanan mungkin punya tujuan sama. Jika kamu memang punya suatu tempat yang ingin dikunjungi saat liburan dengan teman-teman, buatlah rencana terlebih dahulu. Atur juga supaya tempat tersebut bisa didatangi sehingga nantinya tidak bentrok dengan jadwal bepergian dengan teman-teman.

3Tetapkan anggaran

Masalah pengeluaran selama liburan juga bisa jadi drama antarteman. Ada hal-hal yang perlu direncanakan dan dikomunikasikan lebih dulu sebelum berangkat. Bisa saja tiap orang punya pandangan berbeda mengenai pengeluaran untuk akomodasi hingga makanan. Khususnya bila pergi dalam kelompok, kemungkinan ada beragam tingkat penghasilan.Bicarakan mengenai budget sebelum pergi. Kemudian tetapkan anggaran yang cocok untuk semua sehingga tidak ada yang merasa tak senang dengan pengeluaran saat traveling.

4Sesuaikan tingkat aktivitas

Beberapa orang ada yang memilih bersantai di pantai atau pinggiran kolam renang saat liburan. Namun ada pula yang senang berpetualang keliling kota maupun ke taman bermain. Meski begitu, kebanyakan orang senang melakukan keduanya. Jadi saat liburan, cari teman seperjalanan yang tingkat aktivitasnya cocok dengan kamu. Bila perlu pisah, lebih baik pergi sendiri-sendiri dulu ke tempat yang diinginkan. Baru kumpul kembali saat makan malam.

5Hilangkan rasa tak nyaman

Ketika traveling dalam grup mungkin ada orang yang kamu tidak cocok. Bisa juga orang tersebut sebelumnya sempat berkonflik dengan kamu. Kalau merasa dalam keadaan seperti ini, maka cobalah lupakan segala masalah. Jangan sampai liburan rusak hanya karena perasaan tidak nyaman dengan seseorang. Ini pun bisa membuat canggung teman lainnya karena ada percikan perasaan negatif dari kamu terhadap teman seperjalanan.Jika memang ada masalah kecil timbul saat liburan, sebaiknya segera diselesaikan dan saling meminta maaf.

Traveling bersama teman memang dapat membuahkan berbagai hal, tapi yang pasti kamu harus bisa bersikap adil kepada semua temanmu. Jadi, sudah siap liburan bersama sahabat tercinta?