Ketika pertama kali diumumkan bahwa Marvel Studios akan mulai memproduksi TV series mereka sendiri untuk saluran Disney Plus, banyak orang-orang yang kemudian memahami bahwa Kevin Feige pastinya akan mengedepan sisi kualitas, terlepas dari “hanya” series saja. Dengan pencapaian selama lebih dari satu dekade ini, rasanya tentu tidak mungkin Feige akan menghancurkan kualitas yang sudah dibangun.

Sempat diterpa rumor bahwa series yang mereka buat akan memiliki budget atau ongkos produksi yang kecil, The Hollywood Reporter mengabarkan jika Disney Plus sudah menyiapkan dana besar untuk masing-masing series yang mereka rencanakan. Menurut laporan tersebut, Disney akan menggelontorkan dana sebesar USD 150 juta untuk series The Falcon and The Winter Soldier, Hawkeye, dan WandaVision.

Dengan masing-masing series akan memiliki enam buah episode, artinya Disney akan mengeluarkan USD 25 juta untuk setiap episodenya. Angka USD 150 juta sendiri merupakan rata-rata ongkos produksi untuk film Marvel non Avengers. Jadi, dengan angka yang besar series tersebut dipastikan akan memiliki kualitas yang sama dengan sebuah film.

Angka tersebut juga dirasa sangat besar jika dibandingkan TV series besutan Marvel lainnya yang tayang di saluran streaming lain. Contohnya, ongkos produksi rata-rata untuk series Agents of S.H.I.E.L.D. yang hanya menyentuh angka USD 6-9 juta. Artinya ongkos produksi series di Disney Plus tiga kali lebih besar dibandingkan series Marvel yang lain.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.