Dunia dalam cerita One Piece karangan Eiichiro Oda memang penuh dengan berbagai keunikan dan ciri khas. Salah satunya adalah buah iblis, yang memberikan penggunanya berbagai kemampuan yang unik sesuai dengan buah yang mereka konsumsi. Tapi, selain buah iblis ada hal unik lainnya yang menjadi ciri khas One Piece yaitu kekuatan Haki.

Sebenarnya ada tiga jenis Haki dalam cerita One Piece, yaitu Observation Haki, Armament Haki, dan Conqueror Haki. Dua dari  tiga Haki tersebut bisa dilatih atau dipelajari oleh siapa saja, namun untuk Conqueror Haki tidak semua bisa melakukannya. Haki mampu menahan segala serangan musuh yang menggunakan buah iblis. Berikut adalah pengguna buah iblis terkuat dalam cerita One Piece.

Monkey D. Luffy

Sebagai protagonis dalam serinya, tidak aneh memang jika Luffy memiliki kemampuan untuk menggunakan Haki. Luffy bahkan mampu mengendalikan semua Haki, yang tidak semua karakter mampu melakukannya. Kemampuan Haki Luffy dilatih oleh mantan kru bajak laut Rogers, Silvers Rayleigh, di sebuah pulau.

Dalam pertarungannya melawan Katakuri, dia bahkan mampu membangkitkan kemampuan untuk melihat beberapa saat ke masa depan dengan Observation Hakinya. Tapi, perkembangan kemampuan Haki Luffy tidak hanya sampai disitu. Dia sudah belajar lebih banyak tentang Armament Haki dari Hyougoro di babak kedua Wano.

Charlotte Katakuri

Charlotte Katakuri merupakan salah satu anak dan juga tangan kanan dari Big Mom. Katakuri juga merupakan karakter terkuat dibandingkan dengan anak buah Big Mom yang lain. Katakuri memiliki nilai buruan sebesar 1.057 milliar Belly. Sama seperti Luffy, Katakuri juga mampu mengendalikan ketiga Haki. Dengan kemampuan Hakinya, katakuri merupakan bajak laut yang ditakuti di New World.

Selama ini, berkat kemampuan yang dia miliki ditambah kemampuan Haki, Katakuri tidak pernah kalah dalam sebuah pertempuran. Dia baru satu kali kalah dalam hidupnya, yaitu ketika bertarung melawan Luffy. Meskipun Luffy berhasil menang, dia harus susah payah untuk melakukannya. Bahkan Katakuri merupakan lawan paling kuat yang pernah dihadapi. Armament dan Observation Hakinya pun masih unggu dibanding Luffy.

Kozuki Oden

Kozuki Oden merupakan pemimpin di salah satu wilayah di Wano. Dia merupakan sosok yang kuat dan juga ramah. Bahkan, Oden mendapatkan rasa hormat dari bajak laut sekelas Whitebeard, Roger, bahkan Shanks. Oden juga merupakan seorang pengguna pedang yang sangat ahli, ditambah dengan kemampuan Armament Haki miliknya membuat Oden menjadi karakter yang dahsyat.

Salah satu bukti nyatanya adalah bekas luka yang ada di tubuh Kaido, Yonko yang disebut-sebut tidak bisa mati dan juga tidak bisa dilukai. Oden mengalirkan Haki miliknya ke pedang legendaris Enma, yang sekarang sudah berada di tangan Zoro. Meskipun belum diketahui seberapa kuat sebenarnya Oden, tapi dari bekas luka yang ada di tubuh Kaido tentunya menunjukan bahwa Oden adalah sosok pengguna Haki yang luar biasa.

Admiral Sakazuki

Akainu alias Sakazuki merupakan pemimpin dari angkatan laut saat ini. Sakazuki dikenal sebagai sosok yang tegas dan tanpa ampun. Ketika bertarung, selain menggunakan kemampuan magma yang dia miliki Sakazuki juga menggunakan Armament Haki. Dengan Haki tersebut, dia mampu menahan serangan dari orang paling kuat di dunia, Whitebeard.

Sakazuki juga diketahui memiliki kemampuan Observation Haki, sehingga dia mampu melihat ke masa depan, seperti Katakuri dan Luffy. Perpaduan semua karakter dan juga Haki yang dia miliki, wajar jika Sakazuki menjadi salah satu angkatan laut terkuat dan juga memimpin para pasukan armada angkatan laut.

Monkey D. Garp

Monkey D. Garp merupakan kakek dari Luffy, dan juga merupakan salah satu karakter terkuat di series ini. Garp dikenal sebagai rival sejati bagi Gol D. Roger, karena saking seringnya mereka berseteru. Garp juga dikenal sebagai pahlawan angkatan laut berkat kekuatannya dan kerja samanya dengan Roger dalam menghadapi bajak laut Rocks.

Garp juga ternyata memiliki Haki, tepatnya Armament Haki. Garp bisa dibilang menguasai Armament Haki, levelnya sudah berada di level tertinggi. Contohnya adalah dia mampu mengalahkan bajak laut Don Chinjao hanya dengan satu buah tinju Haki saja. Kemampuan Garp dalam menggunakan Armament Haki juga mengerikan, dia bisa menghancurkan gunung dengan kekuatannya tersebut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.