Untuk kekuatan tentunya hal ini sudah bukan pertanyaan besar. Marcus mampu menghancurkan sebuah meteor jika memang diperlukan Marvel sendiri mengklasifikasikan kekuatan Hyperion sebagai class 95, namun kemudian dirubah menjadi class 100+ yang artinya kekuatan Hyperion sama dengan kekuatan binary level Captain Marvel dan Sentry.

Bukti dari kekuatan super Hyperion adalah dia pernah memegang sebuah planet dan menghajar Hulk sampai berubah bentuknya kembali ke Bruce Banner. Sebenarnya, kekuatan yang luar biasa dari Hyperion sangat sulit untuk diklasifikasikan. Karena, dibandingkan yang lain Hyperion lebih over powered.

Dengan kekuatan yang besar, dibarengi juga dengan daya tahan yang luar biasa. Menjadi saingan dari Superman, Hyperion pun mampu menahan serangan atau pukulan apapun. Sudah banyak karakter Marvel yang dia kalahkan, contohnya adalah Namor, High Evolutionary, anggota dari Black Order, dan Hulk yang sedang dalam keadaan benar-benar marah.

Yang lebih gila lagi, Hyperion juga selamat dari bukan hanya satu universe melainkan dua! Hampa udara di luar angkasa pun tidak banyak berpengaruh baginya. Dengan kekuatan ini  tentunya wajar jika Hyperion menjadi pesaing bagi Superman dan juga menjadi karakter yang paling kuat di seluruh Marvel Universe dan Multiverse.

Bagaimana dengan kemampuan terbang? Hyperion tentunya juga memiliki kemampuan ini. Selain mampu bergerak secara cepat, Hyperion juga mampu untuk terbang secara cepat. Terbukti dia mampu terbang 61 mil per jam di bumi. Kecepatan tersebut mampu mengalahkan kecepatan terbang dari Thor. Tapi, tentunya itu bukan kecepatan Hyperion yang sebenarnya.

Jika memang diperlukan, Hyperion akan terbang dalam kecepatan cahaya. Karena apa yang dilakukannya ini sangat berbahaya, Hyperion sangat jarang memperlihatkan kemampuannya ini. Kemampuan Hyperion lainnya adalah healing factor. Terlepas dari refleks yang cepat dan tahan terhadap berbagai serangan, Hyperion juga bisa terluka dan mengeluarkan darah

Namun, separah apapun luka yang dideritanya dia bisa dengan segera pulih berkat healing factor ini. Bukti healing factor Hyperion diperlihatkan saat pertarungannya melawan Corvus Glaive. Senjata yang dia gunakan mampu membelah atom menjadi dua, sehingga wajar jika Hyperion terluka parah akibat senjata Corvus Glaive.

Jika yang dilukai adalah karakter biasa, mungkin mereka sudah mati. Tapi tidak dengan Hyperion, yang mana berkat healing factornya dia mampu bertahan dan kemudian membalikan keadaan dan mengalahkan Glaive dengan serangan atomnya. Berbicara tentang serangan atom, salah satu yang menarik dari Superman adalah kemampuannya menembakan sinar atom dari matanya.

Hyperion pun memiliki kemampuan tersebut. kekuatan Heat Vision atau atomic Vision dari Hyperion mampu mengeluarkan energi atom yang sangat dahsyat. Suhu dari energi tersebut mencapai 12,000 Fahrenheit. Hyperion menggunakan kemampuannya ini untuk membunuh Namor, juga melukai Hulk dan High Evolutionary.

Penampilan

Hal unik lainnya dari Marcus adalah dia memiliki fisik dari Eternals. Jika Kal-El memiliki fisik seorang penduduk Krypton meskipun berada di bumi, Marcus memiliki penampilan fisik seorang Eternals. Seperti yang disebutkan di atas, Marcus merupakan satu-satunya Eternals yang selamat dari kehancuran dan dikirim ke bumi. Semua kekuatan yang disebutkan sebelumnya, sebenarnya merupakan “warisan” dari Eternals.

Seperti yang diketahui, Eternals merupakan hasil ciptaan dari Celestials. Sehingga wajar mereka memiliki kekuatan para Celestials. Karena Marcus berasal dari ranah kosmik, artinya Marcus pun memiliki kemampuna untuk memanipulasi energi kosmik. Dia menggunakan kekuatan dari energi kosmik untuk disalurkan menjadi sumber kekuatannya.

Hal ini sama seperti Superman yang mengandalkan kekuatan Matahari. Artinya selama ada matahari, kekuatan Superman tidak akan pernah habis. Namun, masih belum terlalu dipahami bagaimana caranya Marcus menghubungkan kekuatan kosmik miliknya menjadi kekuatan yang dia gunakan untuk membantu yang lain. Intinya, berdasarkan penutuan ini, Hyperion bisa jadi lawan yang seimbang bagi Superman. Sayangnya, Hyperion merupakan salah satu karakter yang jarang ditampilkan.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.