Joshiro Ukitake

Sebelum digantikan oleh Rukia Kuchiki, Joshiro merupakan kapten di divisi 13 Gotei 13. Joshiro tewas dalam perang terakhir di seriesnya, tapi selama dia menjadi seorang kapten, dia secara konsisten memperlihatkan kemampuannya sebagai salah satu kapten terkuat. Dia ahli dalam taktik dan dalam merencanakan sebuah serangan.

Sudah tidak terhitung, berapa banyak pertarungan yang berhasil dimenangkan oleh Joshiro berkat kemampuan analisisnya. Kemampuan dari Zanpakuto miliknya yaitu mampu menyerap energi yang menyerang ke arah Joshiro, kemudian mengembalikan energi tersebut dua kali lipat kekuatannya.

Retsu Unohana

Mantan kapten di divisi 4 dan merupakan medis terhebat di Soul Society. Dia juga merupakan orang pertama yang memiliki gelar Kenpachi. Retsu Unohana merupakan seorang legenda Shinigami, yang terlepas sudah hidup lebih dari seribu tahun, dia hanya memiliki satu luka di tubuhnya. Hal ini tentunya menjadi bukti bahwa dia memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa, juga pengetahuan medis yang hebat.

Minazuki, Zanpakuto milik Retsu, memiliki kemampuan menyembuhkan dan ketika dia berubah ke form Bankai bentuknya berubah menjadi seekor makhluk yang mengerikan dan aneh. Dalam form tersebut, asam lambung dalam tubuhnya mampu menjadi obat yang bisa menyembuhkan luka dengan cepat. Hal inilah yang membuat Retsu mampu menyembuhkan beberapa rekannya sekaligus.

Kenpachi Zaraki

Kenpachi Zaraki tumbuh di wilayah yang tidak memiliki hukum, yaitu distrik 89. Disana, untuk bisa bertahan hidup Zaraki harus mampu bertarung. Masa lalu yang mengerikan inilah yang membuat Kenpachi Zaraki menjadi sosok yang kuat dan tangguh dalam sebuah pertempuran. Ketika dewasa, kenpachi kemudian direkrut untuk bergabung dengan Soul Society,

Setelah bergabung, Zaraki kemudian berhasil mengalahkan kapten dari divisi 11 sebelumnya dan menjadi pemimpin di divisi tersebut. Memang sudah sedari awal Kenpachi memiliki keuntungan dari segi kemampuan fisik dan daya hancur yang luar biasa. Nozarashi juga memberikan bantuan kepada Kenpachi untuk mampu menghancurkan apapun. Ketika dalam form Bankai, Zaraki akan mengakses mode berserk dimana semua kemampuan fisiknya meningkat dengan sangat drastis.

Shunsui Kyoraku

Shunsui merupakan kapten dari divisi 1 dan merupakan pemimpin dari para kapten di Soul Society. Oleh karena itu, Shushui memiliki kemampuna untuk mengeluarkan perintah kepada seluruh Gotei 13. Ketika pemimpin sebelumnya tewas, Shunshui kemudian diajukan untuk menjadi penggantinya. Hal itu menunjukan bagaimana kemampuan dari Shunsui sudah diakui oleh semuanya sebagai kapten.

Shunsui membuktikan dirinya dengan sering mengalahkan berbagai pemimpin dari pasukan musuh. Bankai dari Shunsui merupakan salah satu yang paling mematikan dalam seriesnya, dimana kemampuan unik dari Bankainya memaksa lawan untuk mengikuti perintah Shunsui.

Genryusai Shigekuni Yamamoto

Yamamoto merupakan pendiri dari Gotei 13 dan merupakan mantan pemimpin dari para kapten di divisi 1. Yamamoto tewas dalam pertarungan melawan Yhwach dan pasukannya. Yamamoto pada awalnya membentuk Gotei 13 untuk melawan serangan dari Quincy dalam perang besar pertama dan pada saat itu, dialah yang paling kuat.

Yamamoto memiliki Zanpakuto yang paling kuat di seluruh seriesnya. Ketika dalam form Bankainya, Yamamoto akan mengeluarkan api yang sangat dahsyat bahkan pengguna air dan es pun tidak mampu menyaingi kemampuannya. Hal yang unik dari Bankai Yamamoto adalah mereka yang tewas akibat apinya mampu dibangkitkan kembali dan kemudian bertarung untuknya. Dengan semua kemampuan Yamamoto, wajar jika dia merupakan kapten yang paling kuat diantara semuanya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.