New Republic sepertinya belum benar-benar hancur dan masih akan tetap muncul di film Star Wars: The Rise of Skywalkers nanti. Dalam film The Force Awakens, Starkiller Base berhasil menghancurkan Hosnian System, dan memperlihatkan jika ibu kota dari New Republic dan juga para senatnya sudah tersapu habis. Tapi, nampaknya dugaan kita salah mengenai hal tersebut.

Dalam seri animasi Star Wars Resistance musim kedua, terungkap bahwa ada setidaknya satu senator yang selamat dari peristiwa tersebut yang artinya New Republic tidak sepenuhnya hancur seperti yang diperlihatkan sebelumnya. Dalam episode kedua berjudul “A Quick Salvage Run”, Kaz menerima transmisi dari ayahnya yang memberitahukan bahwa dia dan keluarga yang lain sedang tidak berada di pusat Hosnian Prime ketika serangan tersebut terjadi.

Adegan tersebut memberi kita petunjuk bahwa setidaknya ada satu orang senator dari New Republic yang selamat dari peristiwa mengerikan itu, yang membuat para fans berspekulasi bahwa masih ada banyak senator lainnya yang selamat. Perang besar pun sudah pecah dan Kaz sudah secara terang-terangan diakui bahwa dia adalah bagian dari Resistance.

Hal ini tentunya membuat nyawa ayah dan keluarganya dalam bahaya. Ketika Kaz meminta kepada ayahnya, Hamato, untuk bertemu di markas Resistance, D’Qar, Hamato memperingatkan anaknya untuk tidak pergi kesana. Hal tersebut memberikan petunjuk jika Hamato sudah mengetahui serangan yang akan dilancarkan oleh First Order.

Ada kemungkinan, Hamato memang sedari awal sudah menjadi simpatisan dari First Order oleh karena itu Hamato tidak berada di wilayah Hosnian, karena sudah tahu bahwa akan ada serangan kesana. Namun, bisa jadi alasan Hamato melarang anaknya pergi kesana dikarenakan dia merasa skeptikal terhadap Resistance, seperti layaknya para senator yang lain.

Jika memang seperti itu, Hamato bisa jadi akhirnya akan bergabung ke Resistance seperti dalam cerita The Last Jedi. Dalam film tersebut diperlihatkan bahwa ketika Luke Skywalkers menghadapi First Orders, hal itu sudah menjadi pemicu untuk membuat gerakan pemberontakan dan terus memperbesar kekuatan dari Resistance. Dan ada kemungkinan juga jika ada senator lainnya yang akan bergabung selain Hamato, membentuk struktur pemerintahan baru di New Republic yang diperlihatkan di film The Rise of Skywalker.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.