Salah satu karya dari Masashi Kishimoto, Naruto, merupakan salah satu seri manga terpopuler di dunia saat ini meskipun manga atau pun animenya sendiri sudah selesai. Manganya sendiri berawal di tahun 1999, yang kemudian mulai perlahan meraih banyak perhatian para pembaca Weekly Shounen Jump. Tapi, meskipun ceritanya sudah selesai ada alur cerita yang dianggap masih “gantung” oleh para fans. Apa saja?

Truth-Seeking Balls

Untuk mengaktifkan Truth-Seeking Balls ini Naruto harus mengakses salah satu Senjutsu yaitu Rikkudo Senjutsu. Dalam perang besar ninja keempat, Hagoromo Otsutsuki memberikan setengah dari chakranya kepada Naruto, yang mana kemudian membuat Naruto membangkitkan senjutsu tersebut.

Naruto kemudian mampu mengakses 9 truth-seeking balls atau bola pencari kebenaran, tapi Naruto terus kehilangan satu persatu dalam peperangan. Dalam pertarungannya melawan Sasuke, dia kemudian hanya memiliki tiga buah bola lagi. Tapi, diceritakan ketiga bola tersebut hilang begitu saja, dan tidak diketahui digunakan untuk apa atau kemana perginya. Bahkan, dalam seri Boruto pun Naruto masih tidak memiliki ketiga bola tersebut.

Six Path Sage Mode

Dalam perjalannya sebagai shinobi dalam cerita Naruto, Uzumaki Naruto sudah banyak mendapatkan berbagai bentuk form dalam pertarungan. Tapi, form yang paling kuat adalah ketika Naruto mengaktifkan Sage modenya. Dia mengaktifkan Sage mode ini ketika perang dunia ninja keempat dan setelah dia diberikan separuh chakra oleh Hagoromo Otsutsuki.

Secara penampilan, Sage mode ini terlihat seperti mode chakra ekor sembilan. Hal ini sempat menimbulkan kebingungan di kalangan para fans. Dan Masashi Kishimoto pun tidak memberikan penjelasan apapun mengenai hal tersebut kepada para fans.

Mangekyou Sharingan Madara

Madara Uchihra merupakan sosok atau figur legendaris dari era lama dalam cerita Naruto. Bersama dengan saudaranya, Izuna, dia merupakan orang yang pertama kali mengaktifkan Mangekyou Sharingan. Seperti yang diperlihatkan dalam serinya, setiap Mangekyou memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Contohnya Mangekyou milik Itachi memiliki Amaterasu dan Tsukoyomi, dan Sasuke memiliki Amaterasu dan pengendalian api.

Ketika berbicara Mangekyou milik madara, anehnya dia tidak memiliki kemampuan seperti Sasuke ataupun Itachi. Yang hanya bisa dia lakukan adalah menggunakan kemampuan ketiga dari Mangekyou yang biasa disebut sebagai Susano’o. Kemampuan lainnya dari Mangekyou Madara masih belum diketahui sampai saat ini.

Kekuatan Rinnegan Sasuke

Dibandingkan Itachi, Sasuke berhasil mendapatkan berhasil mendapatkan atau menguasai kekuatan terbesar dari jurus mata yaitu Rinnegan dalam perang besar ninja keempat. Rinnegan disebut-sebut memiliki kekuatan yang sangat luar biasa, seperti Six Path Senjutsu yang dimiliki oleh Naruto, dan juga mampu mengeluarkan kemampuan Outer Path atau Gedo.

Dalam kasus Sasuke, beberapa kemampuan yang dimiliki oleh Rinnegan tidak bisa diakses olehnya. Sasuke hanya pernah mengakses dua kali untuk senjutsu Six Paths, dan tidak pernah mengeluarkan jurus lainnya. Rikkudo senjutsu memang merupakan teknik yang hebat, bahkan penggunanya bisa menjadi senjata yang kuat. Hanya saja belum diketahui mengapa Sasuke belum memanfaatkan secara sepenuhnya kemampuan dari Rinnegan.

Kekuatan Sebenarnya Hiruzen Sarutobi

Hiruzen Sarutobi merupakan Hokage ketiga dari desa Konoha. Dia merupakan pemimpin dari para Shinobi dan juga merupakan seorang pengajar. Kabarnya, Hiruzen merupakan Hokage terkuat yang pernah ada, bahkan lebih kuat dibandingkan para Hokage sebelumnya termasuk Hashirama Senju. Seperti yang diketahui, Hashirama merupakan shinobi yang sangat kuat. Apakah Hiruzen memang mampu melampauinya? Sayangnya, pertanyaan tersebut tidak pernah terjawab dan terungkap sepanjang serinya berlangsung.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.