DC Comics memang memiliki kumpulan pahlawan super paling kuat di alam semesta. Dari mulai Superman yang memiliki kekuatan yang hampir seperti dewa, hingga Batman dengan kecerdasannya yang luar biasa dan juga ahli taktik yang handal. Tapi selain kedua superhero tadi, ternyata Wonder Woman juga salah satu superhero yang patut diperhitungkan. Putri Amazon ini telah hidup dan melindungi umat manusia selama beberapa dekade di DC Comics, dan tak hanya melindungi ancaman yang berasal dari dalam bumi tetapi juga ancaman dari dimensi lain. Nah kali ini kita akan melihat sepuluh alternate version Wonder Woman (Diana) di DC Comics.

Wonder Woman Earth-2

Salah satu alternate version dari Wonder Woman tentu saja adalah sosok Wonder Woman dari Earth-2. Versi ini menampilkan Wonder Woman pada masa Golden Age. Dalam universe ini, Wonder Woman selalu mengunakan seekor pegasus untuk berpergian dan ia tinggal di Paradise Island. Uniknya, Wonder Woman disini memiliki seorang putri bernama Fury hasil dari “hubungannya” dengan Steppenwolf.

Disini, Diana memiliki misi untuk menghentikan Apokoliptian yang berupaya untuk menculik Bruce Wayne dan Clark Kent muda, dan dengan bantuan dari Mercury, Diana pun berhasil menyelamatkan mereka berdua. Namun nasibnya harus berakhir tragis, dimana ia ditusuk dari belakang oleh Steppenwolf yang mengakhirir karirnya yang panjang dan heroik.

Amazon

Dalam salah satu crossover DC Comics dan Marvel Comics untuk menyatukan universe mereka, versi baru Wonder Woman akhirnya muncul. Dalam universe yang disebut Amalgam, kedua universe Marvel dan DC bergabung sehingga menghadirkan banyak superhero baru, termasuk adanya penggabungan atau “fusion” dari Wonder Woman dan Strom dari X-Men.

Versi baru Wonder Woman ini bernama Amazon, dan dikenal sebagai Putri Ororo dari Themyscira. Walau staminanya luar biasa, namun tak seperti Wonder Woman versi biasa, kulit Amazon tak sepenuhnya kebal dan dapat ditembus oleh peluru tajam. Hal ini tentu saja membuatnya rentan terhadap berbagai senjata musuh jarak jauh. Uniknya, Amazon memiliki sebuah indra yang memungkinkannya dapat berkomunikasi dengan semua binatang.

Nubia

Superhero lain yang memiliki koneksi dengan Wonder Woman dan di universe lainnya pernah menjadi Wonder Woman adalah Nubia. Nubia juga menjadi salah satu wanita kulit hitam pertama yang menjadi superhero dalam komik DC, meskipun beberapa orang beranggapan bahwa gelar tersebut adalah milik anggotan Teen Titans, Bumblebee.

Awalnya Nubia diceritakan sebagai saudara kembar Diana, namun kemudian sejarahnya diubah untuk menunjukan bahwa dia adalah seorang Amazon yang ditugaskan untuk menjaga pintu ke Tartarus. Tugasnya adalah untuk menghentikan penyusup dan mencegah pelarian, dan akhirnya ia bertemu dengan Wonder Woman.

Wonderous Man

Mungkin alternate version Wonder Woman yang satu ini tak bisa disebut sebagai Woman, karena sosok yang satu ini adalah seorang pria yang berasal dari Earth-11. Ia adalah Wonder Man, yang namanya pun sama persis dengan pahlawan super dari Marvel Comics. Nama aslinya adalah Dane, dan ia hidup di universe yang jauh lebih keras dari pada di universe tempat Wonder Woman tinggal.

Wonder Man bahkan pernah dikeluarkan dari JLA karena ia ingin sekali untuk mengeksekusi Maxwell Lord. Dane atau Wonder Man akhirnya memimpin Amazonian untuk melawan dunia modern, sampai akhirnya Flashpoint mereboot ulang universenya dan mengubahnya menjadi Wonderous Man.

Bombshells Wonder Woman

Cerita dari salah satu alternate version Wonder Woman ini berpusat pada masa perang dunia II. Versi Diana ini tak berbeda dengan kisah originalnya, dimana ia bekerja sama dengan Steve Trevor untuk menghentikan perang sebelum semua itu akhirnya terlambat. Diana pun lantas meninggalkan tempat tinggalnya dan menjadi seorang Wonder Woman.

Namun, para superhero dan antihero dari zaman modern yang kita semua tahu, berada di era yang sama dengan Diana ini, dan versi ini direkrut ke dalam kelompok rahasia superhero wanita yang dipimpin oleh Amanda Waller. Kelompok ini dikenal sebagai Bombshell, dan Diana disini juga dibantu oleh sekutu terbaiknya yaitu Mera yang merupakan ratu atlantis.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2