Sebelum X-Men, Guardians of the Galaxy, atau pun Avengers muncul dan melindungi alam semesta, ada pasukan khusus kosmik Nova Corps yang sudah terlebih dahulu melakukan hal tersebut. Tapi, di tahun 1976, seorang pemuda dari New York, Richard Rider, kemudian dipilih untuk menjadi seorang superhero dan menjadi satu-satunya yang tersisa dari Nova Corps. Kabar yang berkembang menyebutkan jika Nova akan bergabung dengan MCU. Siapa sebenarnya Nova?

Origin Story

Setelah diberikan petunjuk tentang dirinya yang akan dipilih menjadi Nova terakhir, Richard Rider kemudian tumbuh dengan kekuatan super yang dia miliki. Semua kekuatan tersebut berasal dari para Nova Force. Kemampuan menjadi Nova, artinya Richard mampu mengakses kemampuan seperti terbang, strength, kecepatan, dan juga daya tahan yang tinggi.

Dia juga bisa menyerap energi yang meneyranganya dan kembali melemparkan energi tersebut. Richard kemudian pulang ke rumah dari para Nova Corps yaitu planet Xandar. Dengan bantuan dari Doctor Sun dan Rom the Space Knight, Nova akahirnya direkrut untuk bertarung dalam sejumlah pertempuran kosmik besar dan menghentikan peperangan tersebut di planet Xandar. Richard kemudian memutuskan untuk pulang ke bumi. Namun, sayangnya semenjak dia berada di bumi dia harus kehilangan Nova Force yang dia miliki.

Nova Muncul Dalam Annihilation

Sempat kehilangan kekuatan Nova Force, akhirnya Richard Rider kembali mendapatkan kekuatan tersebut dan bergabung dengan tim pahlawan Marvel dalam komik New Warriors #1 yang dirilis pada 1990an silam. Di seri ini juga Richard diceritakan kembali ke Xandar, dan akhirnya dia diberikan pangkat yang baru yaitu Centurion Prime. Setelah Nova Corps kembali bangkit, Rider pun “terbagi dua” antara menjalankan tugasnya sebagai pasukan Nova Corps dan menjadi bagian dari New Warrirors.

Tapi, cerita yang menampilkan sosok Richard Rider secara siginifikan adalah dalam cerita Annihilation: Prologue #1 ketika seluruh Nova Corps kembali dibangkitkan menuju Xandar, demi menghadang gelombang serangan dari Annihilus. Sayangnya, meskipun seluruh pasukan Nova ada di planet Xandar, Annihilus tetap mampu menghancurkan mereka dan kembali menyisakan Richard Rider.

Setelah berhasil menghubungi Xandarian Worldmind (sebuah superkomputer yang menjadi pusat informasi Nova), kekuatan Richard pun meningkat secara drastis. Selain peningkatan dari segi kekuatan dan daya tahan, dia juga memiliki kemampuan untuk menggunakan energi secara tidak terbatas. Demi menghancurkan Annihilus, Richard dan superkomputer tersebut sepakat untuk menggabungkan kekuatan mereka.

Hasilnya adalah Richard menjadi sosok karakter kosmik yang dahsyat di Marvel Universe. Hal ini pula yang kemudian menjadi jembatan munculnya Guardians of the Galaxy. Fakta menarik, setelah Richard berhasil mengalahkan Annihilus dia pun kemudian emmbantu Star-Lord membentuk tim GOTG.

Kemunculan kembali Nova Corps dan Kematian Rider

Dalam twist terakhir kisah Richard Rider, memperlihatkan bahwa Worldmind setuju untuk menyatu dengan Richard sebenarnya merupakan sebuah taktik licik dari sang superkomputer. Hal ini disadari oleh Richard ketika Xandar membentuyk kembali Nova Corps. Richard menyadari bahwa Worldmind menggunakannya untuk membentuk Nova Corps yang baru.

Richard mungkin sudah tidak lagi menjadi yang terakhir pada saat itu, dan akhirnya dia pun membantu Star-Lord untuk mengalahkan Thanos, sebelum mereka bertiga akhirnya menghilang dan terjebak di Cancerverse. Richard kemudian menggunakan kemampuannya untuk membantu Star-Lord keluar dari Cancerverse, demi mengalahkan Thanos. Tapi, sayangnya kini hanya Richard yang terjebak di universe tersebut. Meskipun terjebak di universe lain, Richard tertap terhubung dengan Worldmind.

Richard kemudian berhasil diselamatkan oleh Nova yang baru, yaitu Sam Alexander, dan akhirnya Richard pun akhirnya melanjutkan hidupnya sebagai superhero. Saat kebangkitan Richard sebagai salah satu karakter populer milik Marvel, Richard kemudian dihadirkan dalam permainan video Marvel Ultimate Alliance dan juga berbagai seri animasi seperti Marvel Superhero Squad Show. Selanjutnya adalah versi live-action, hanya tinggal masalah waktu sampai Marvel mengumumkan kemunculannya di layar lebar.