Diantara para generasi baru lainnya yang seangkatan dengan Boruto, mungkin Boruto tidak terlalu kuat jika memang harus bertarung satu lawan satu. Justru anak dari Sasuke dan Sakura, Sarada, yang lebih unggul dibanding Boruto. Tentunya ini mengingatkan kita akan pola Naruto dimana dia memang lebih lemah dibanding Sasuke.

Tapi, seiring berjalannya waktu Naruto tumbuh menjadi sosok yang kuat. Hal ini juga sepertinya berlaku kepada Boruto dimana ada beberapa petunjuk tentang masa depan Boruto yang diprediksi akan lebih kuat dibanding Naruto. Pertama adalah Jougan. Sebenarnya konsepnya mirip dengan Byakugan milik ibunya, Hinata, dimana Jougan mampu menemukan titik lemah dari musuh.

Jougan milik Boruto terkadang bisa tiba-tiba aktif ketika situasi tertentu, misalnya seperti ketika Kagura mengayunkan Hiramekarei saat akan melawan Samehada. Tapi, akhir-akhir ini Jougan milik Boruto belum aktif lagi. Kedua adalahsegel Karma, dimana segel ini mampu menyerap jutsu. Ketika diaktifkan, Boruto akan memiliki peningkatan dari segi fisik dan juga jutsu. Dengan cepat Boruto bisa menjadi sosok yang mengerikan.

Ketiga adalah penggunaan pedang. Sasuke merupakan salah satu guru dari Boruto, sehingga wajar jika Boruto memiliki kemampuan untuk menggunakan pedang. Hal ini diperlihatkan saat Boruto bertarung melawan Kawaki. Mungkin, di masa depan kemampuan menggunakan pedang Boruto akan melampaui Sasuke.

Keempat adalah menjadi wadah Momoshiki. Meskipun belum ada konfirmasi tentang hal ini, diskusi mengenai apakah Boruto sebenarnya dikendalikan atau menjadi wadah bagi Momoshiki Otsutsuki sudah sering terjadi. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, seperti diperlihatkan oleh Kawaki ketika Karmanya muncul maka dia akan memiliki penampilan yang mirip dengan Jigen. Oleh karena itu, Kawaki disebut-sebut merupakan wadah milik Jigen.

Oleh karena itu, ada kemungkinan Boruto juga akan bertransformasi menjadi Otsutsuki ketika karmanya aktif. Momoshiki sendiri memiliki kekuatan yang mengerikan, seperti Rinnegan, yang mampu menyerap dan mengembalika jutsu berkali-kali lipat lebih kuat. Bila Boruto bisa memanfaatkannya, tidak aneh dia jadi sosok yang luar biasa.

Kelima adalah Boruto menjalin kerja sama dengan Garaga si ular. Hal ini tentunya berbeda dengan ayahnya yang memiliki kontrak kerja sama dengan pasukan dari gunung katak. Apa yang dilakukan oleh Boruto ini juga menegaskan jika dia akan lebih mengikuti jejak Sasuke dibanding jejak ayahnya. Dengan potensi yang besar dari Garaga, Boruto bisa menjadi seorang shinobi yang dahsyat.

Keenam adalah penggunaan teknologi modern. Era ninja di zaman Naruto dan Boruto tentu berbeda. Era Boruto lebih modern, oleh karena itu tidak aneh jika ada alat yang membantu para ninja dalam sentuhan yang modern juga. Meskipun Boruto memiliki pengalaman buruk dengan teknologi ninja, Boruto tentunya sadar jika teknologi ninja tersebut semuanya tergantung siapa yang mengendalikan. Jika jatuh di tangan yang salah, maka teknologi tersebut akan jadi mesin penghancur. Begitu juga sebaliknya.

Ketujuh adalah penggunaan elemen. Di video pembukaan seri animasi Boruto: Naruto Next Generation, kita melihat jika dia seolah sedang memanggil sebuah bada petir di sebuah tempat. Berdasarkan hal tersebut, ada spekulasi jika Boruto di masa depan akan memiliki kemampuan untuk menggabungkan elemen dan menjadikannya sebuah serangan yang dahsyat.

Selanjutnya adalah Kieru Rasengan. Teknik Rasengan merupakan teknik yang awalnya diajarkan Jiraiya kepada Naruto dan sekarang diajarkan kembali kepada Boruto. Yang menarik adalah ternyata Boruto mengembangkan teknik tersebut. Contohnya adalah Rasengan yang dia buat bisa menghilang. Mungkin di masa depan Boruto masih terus menyempurnakan teknik ini dengan efek yang lebih mematikan.

Terakhir adalah kemampuan petir Boruto. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, salah satu elemen yang bisa dikendalikan oleh Boruto adalah petir. Dan di poin sebelumnya, disebutkan jika Boruto memiliki potensi untuk menggabungkan elemen petir dengan berbagai elemen lainnya. Selain menggabungkannya dengan elemen yang lain, Boruto juga berpotensi untuk mengembangkan teknik elemen petir yang dia miliki.

Salah satunya adalah Kirin, salah satu jurus petir milik Sasuke. Tapi, yang jadi permasalahannya adalah Sasuke sendiri pun tidak bisa serta merta untuk mengeluarkan teknik ini karena ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti mendapatkan bantuan dari Amaterasu atau tergantung kepada awan yang ada di sebuah wilayah. Namun, Boruto tentunya akan menemukan cara untuk mengembangkan teknik ini sehingga menjadi lebih dahsyat lagi.