Moondragon

Nama Moondragon mungkin merupakan salah anggota Avengers yang kurang begitu dikenal secara luas. Tapi, Moondragon memiliki cerita origin yang menarik. Bernama asli Heather Douglas, Moondragon merupakan anak dari Arthur Douglas alias Drax the Destroyer. Heather diculik dan dibawa ke planet Titan, untuk dilatih sebagai seorang ahli dalam hal pertarungan dan juga ahli dalam bidang telepati yang kemudian dikenal sebagai Moondragon.

Moondragon pernah bergabung bersama Avengers dan menghadapi berbagai ancaman kosmik. Dia kemudian menemukan sebuah planet yang hancur akibat peperangan dan dengan kekuatannya, Moondragon menggunakan kekerasan kepada para penghuni di planet tersebut untuk berdamai. Mengetahui hal tersebut, Avengers berusaha untuk mencegah apa yang dilakukan oleh Moondragon. Dia pun memanipulasi Thor untuk mencintai Moondragon dan memaksa Thor untuk menyerang Avengers.

Quicksilver

Pietro Maximoff memulai “karir” menjadi Quicksilver dengan bergabung bersama Brotherhood of Evil Mutants, kelompok mutan yang didirikan oleh Magneto. Pietro bergabung bersama kakaknya, Wanda Maximoff. Tapi, setelah itu Wanda dan Pietro kemudian bergabung dengan anggota terbaru Avengers lainnya seperti Hawkeye di bawah kepemimpinan Captain America.

Quicksilver sendiri tidak selalu menjadi bagian dari Avengers, karena dia harus membagi waktu dengan kelompok lainnya yaitu X-Factor dan Inhumans. Pietro berhasil mengkhianati ketiga kelompok yang dia ikuti tersebut. Pietro berkonspirasi dengan kakaknya untuk menghancurkan Avengers dalam cerita populer House of M. Dia pergi meninggalkan X-Factor, dan mencuri Terrigen Mists milik Inhumans untuk memperkuat dirinya dan populasi mutan lainnya.

Hulk

Sebenarnya untuk poin ini sedikit berbeda dengan karakter yang sudah disebutkan sebelumnya, dimana merekalah yang menghianati Avengers. Dalam cerita Planet Hulk, justru Avengers (khususnya Tony Stark dan Illuminati) yang berkhianat kepada Hulk. Dalam komik tersebut diceritakan jika para Avengers dan Illuminati berusaha untuk menyingkirkan sejauh mungkin ancaman terbesar bumi, yaitu Hulk.

Seperti yang kita ketahui, Hulk merupakan bagian dari tim Avengers. Tapi, apa yang dia lakukan sering kali membuat Avengers harus waspada apalagi masalah kestabilan emosinya. Akhirnya Iron Man dan Illuminati memutuskan untuk mengirim Hulk keluar dari bumi. Singkat cerita, Hulk diceritakan mampu kembali ke bumi dengan kemarahan yang tinggi untuk membalas dendam kepada Iron Man dan Avengers.

Scarlet Witch

Sebelumnya sudah disebutkan bagaimana adik dari Wanda Maximoff, yaitu Pietro Maximoff, berkhianat kepada Avengers dan berbagai kelompok lainnya. Hal ini juga pernah terjadi kepada kakaknya, Wanda. Akibat kekuatan sihir yang dia miliki, kekuatan mental dan kekuatan mutan yang dia miliki sering tidak stabil. Hal inilah yang membuat Wanda sering menjadi pengkhianat baik bagi kaum mutan ataupun Avengers.

Setelah Wanda kehilangan anak kembarnya, dia benar-benar berubah menjadi tidak terkendali. Mentalnya hancur. Wanda kemudian mulai melakukan hal yang mengerikan seperti menghancurkan Avengers, mengendalikan She-Hulk dan membuat Vision tewas, dan juga menghancurkan pesawat perang Kree yang sekaligus membunuh Hawkeye. Dalam cerita House of M, bahkan Wanda pernah hampir menghapus atau memusnahkan seluruh kaum mutan yang ada di dunia ini sebelum dihentikan oleh Avengers.

Captain America

Selain Tony, Captain America juga pernah melakukan pengkhianatan terhadap tim yang dia pimpin. Dalam cerita Secret Empire, diceritakan jika Steve Rogers atau Captain America sudah sejak lama menjadi agen rahasia bagi Hydra. Tapi, ada fakta menarik tentang Steve Rogers tersebut yaitu Steve Rogers ataupun Captain America yang menjadi agen rahasia Hydra bukanlah Captain America yang asli. Steve Rogers palsu tersebut merupakan “buatan” dari Red Skull.

Berkat kekuatan dari Kobik, Red Skull kemudian menciptakan sebuah realita dimana Steve Rogers merupakan orang yang sudah lama dilatih dan menjadi bagian dari HYDRA. Captain America versi jahat ini berhasil mengalahkan Avengers mengambil alih dunia. Beruntung, sebelum Hydra akhirnya benar-benar menguasai dunia Steve Rogers yang asli pun muncul dan menghentikan Steve Rogers jahat tersebut.