Selama bertahun-tahun, Avengers sudah sering berhadapan dengan pengkhianatan yang terjadi di dalam tim tersebut. Pengkhianatan tersebut menjadi awal mula kehancuran apalagi terjadi dalam cerita superhero. Mereka pernah dikhianati oleh salah satu anggotanya, Gorrila-Man. Siapa saja karakter yang pernah mengkhianati Avengers?

Iron Man

Rasanya sulit untuk dibayangkan jika Iron Man merupakan seorang. Citra Iron Man sudah terpatri kuat jika dia merupakan salah satu sosok pahlawan terhebat. Tony selalu digambarkan sebagai seorang yang keras kepala, sedikit sombong, dan juga cerdas. Tapi, pada kenyataannya Tony pernah berkhianat kepada Avengers. Hal ini terjadi dalam cerita The Crossing, karya Bob Harras dan Terry Kavanaugh.

Dalam komik tersebut, diungkapkan jika Tony Stark sudah bertahun-tahun bekerja sama secara rahasia dengan Kang the Conqueror, setelah Tony membunuh Yellowjacket II dan membunuh pengasuh dari Luna Maximoff, Marilla. Meskipun di komik tersebut Tony dianggap sebagai seorang penghianat, dalam komik Avengers Forever dan Heroes Reborn Marvel kembali menghadirkan cerita kepahlawanan dari Tony yang sedikit banyaknya mengurangi citra penghianat yang sudah dia buat.

Ultimate Black Widow

Komik The Ultimate karya Mark Millar dan Bryan Hitch menghadirkan para pembacanya kelompok pahlawan Avengers dengan sentuhan baru dan juga modern yang bersetting di Ultimate Universe dan bukan Marvel Universe. Yang menarik, cerita dari komik The Ultimate ini sebenarnya merupakan insipirasi untuk film The Avengers yang tayang pada 2012 lalu.

Ada beberapa momen pengkhianatan yang terjadi di komiknya, salah satunya adalah dilakukan oleh Black Widow. Dalam komik The Ultimates 2, diceritakan jika Black Widow menjalin hubungan kerja sama dengan the Liberators untuk menghancurkan Amerika. Mereka menjebak Captain America dan Thor, juga menculik dan menyiksa tunangan dari Tony Stark. Pengkhianatan Black Widow ini juga berakibat pada keluarga Clint Barton, dimana mereka semua tewas terbunuh.

Sentry

Karakter Sentry alias Robert Reynold pertama kali diperkenalkan dalam mini seri The Sentry, yang ditulis oleh Paul Jenkins dan Jae Lee. Sentry kemudian bergabung  dalam grup Avengers dalam cerita New Avengers karya Michael Bendis. Meskipun Sentry baru diperkenalkan pada tahun 2000an, Sentry sendiri diceritakan sudah sejak lama muncul dalam cerita Marvel dan ingatan orang-orang tentang Sentry di bumi kemudian dihapuskan.

Sama seperti yang diceritakan dalam mini serinya, Sentry juga memiliki masalah ketika dia bergabung dengan Avengers. Hal itu dikarenakan kondisi mental Sentry yang tidak stabil. Hal ini dimanfaatkan oleh Norman Osborn untuk mengendalikan Sentry dan mengambil alih Avengers. Akibatnya, Sentry menjadi hilang kendali dan kepribadian jahatnya, Void, akhirnya mengambil alih Sentry. Akibat hal tersebut banyak hal buruk terjadi contohnya wilayah Asgard hancur, Loki terbunuh, Ares pun tewas.

Hank Pym

Doctor Hank Pym merupakan salah satu pendiri Avengers dengan identitasnya sebagai Ant-Man. Ada juga berbagai nama lainnya yang digunakan oleh Hank Pym, yaitu Giant-Man, Goliath, Yellowjacket, dan sebagainya. Dengan berbagai nama julukan tersebut membuktikan jika Hank Pym memiliki masalah mental selama bertahun-tahun. Hal ini membuat Avengers selalu waspada terhadap gerakan Hank Pym.

Berharap untuk bisa membuat posisinya semakin dihormati, Pym kemudian menciptakan kecerdasan buatan yang diberi nama Ultron. Tujuannya adalah untuk menyerang Avengers sehingga Pym bisa menjadi pahlawan. Tapi, Ultron kemudian melawan, berevolusi, dan menjadi musuh yang mematikan bagi Avengers. Dalam Avengers: Rage of Ultron, konsekuensi yang dihadapi Pym adalah dirinya menjadi terikat dengan Ultron dan membenci manusia.

Doctor Druid

Bisa dibilang Doctor Druid merupakan salah satu anggota Avengers yang berbahaya. Pada awal pembuatan karakter Doctor Duid, Stan Lee awalnya akan memberi nama karakternya Doctor Droom. Tapi, kemudian Marvel memperkenalkan kembali karakter ini sebagai salah satu murid yang dilatih oleh the Ancient One untuk menggantikan Doctor Strange, jika suatu saat diperlukan.

Saat masih bergabung bersama Avengers, Doctor Druid pernah berkhianat dan melakukan hal jahat kepada mereka. Tapi, hal itu diakibatkan oleh manipulasi yang dilakukan Terminatrix, ahli sihir dan telepati ini menggunakan kekuatannya untuk mengendalikan mental para Avengers. Dia memerintahkan She-Hulk untuk menyerang Avengers lainnya, yang membuat She-Hulk keluar dari Avengers. Setelah Druid berhasil dikalahkan, Avengers pun dibubarkan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.