Meskipun sosoknya pada awalnya hanya menjadi “pendamping” bagi Tony Stark, James Rhodes kini sudah menjadi salah satu pahlawan Marvel yang ikonik. Rhodes dikenal sebagai sahabat dari Tony Stark dan juga dia merupakan orang dibalik kendali armor War Machine, salah satu armor yang juga buatan Tony. Meskipun War Machine sekarang sudah cukup populer, ada beberapa rahasia dibalik armor tersebut. Apa saja?

Pernah Digabungkan Dengan Teknologi Sentinel

Meskipun program Sentinel dan Sentinel secara keseluruhan dilihat sebagai musuh dari X-Men, di Marvel universe publik merasa jika Sentinel bukanlah kelompok atau pihak yang disalahkan atas perburuan para mutan. Pada dasarnya, mereka adalah sebuah alat yang digunakan oleh berbagai kelompok individu dan juga pemerintah demi kepentingan mereka masing-masing.

Dalam komik Sentinel Squad O.N.E., James Rhodes pernah menggunakan armor War Machine versi Sentinel. Armor tersebut merupakan hasil kombinasi dari berbagai aspek Sentinel dalam peciptaan robot, juga aspek War Machine itu sendiri.

Eidolon Warwear

Mungkin rahasia yang paling aneh dari armor War Machine adalah Eidolon Warwear. Dalam hal ini, War Machine berbagi banyak properti miliknya dengan symbiote alien yang sering membuat repot Spider-Man. Eidolon Warwear juga merupakan makhluk hidup, sekalgius armor yang bisa digunakan yang mampu merespon penggunannya secara telepati.

Sama seperti symbiote pada umumnya, Eidolon Warwear mampu “menyembunyikan” dirinya seperti teknologi nano yang dimiliki Tony Stark terhadap armor Iron Man miliknya. Ketika tidak digunakan, armor ini disimpan di dalam tato milik Rhodey yang berada di dadanya. Kapapun ketika Rhodey membutuhkannya, armor tersebut akan langsung menutupi tubuhnya.

Technomorphing

Salah satu hal yang paling berguna dari armor War Machine adalah Technomorphing, atau teknologi untuk mengubah ukuran benda secara otomatis. Dengan menggunakan teknologi yang sama dengan Stark, War Machine mampu berasimilasi dan menggunakan berbagai bentuk teknologi yang berada di luar armornya.

Contohnya adalah armor ini mampu mengubah bentuk senjata yang berbeda seperti meriam atau minigun, seperti yang kita lihat di film MCU. Dengan ukurannya yang hanya seukuran tubuh manusia, artinya tidak ada banyak ruang yang bisa digunakan untuk meletakan berbagai senjata di armor tersebut. Oleh karena itu, teknologi ini sangat membantu Rhodey untuk menggunakan berbagai senjata di armornya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2