Marvel Studios baru saja mengungkapkan semua fungsi tambahan dari armor Iron Spider di MCU. Tony Stark menciptakan armor Iron Spider untuk membantu Peter Parker guna melakukan beragam tugas heroiknya, apalagi setelah ia akhirnya bergabung dengan Avengers. Spider-Man pertama kali mengenakan Iron Spider pada film Infinity War dimana Stark memanggil armor tersebut untuk menyelamatkan nyawa Peter saat dia terjebak oleh serangan anak buah Thanos di New York.

Tony Stark adalah seorang mekanik yang handal, yang berarti ia memasukan banyak fungsi canggih dalam Iron Spider yang ia buat. Tak butuh waktu lama bagi Peter Parker untuk menemukan kecanggihan dari armor tersebut, dimana sebuah lengan robot dapat keluar dari belakang Iron Spider dan membantunya dalam pertempuran saat melawan anak buah Thanos. Selain itu dalam Spider-Man: Far From Home, kita melihat Peter bereksperimen dengan jaring laba-labanya yang berbeda. Tetapi ternyata itu hanya sedikit dari segala kemampuan Iron Spider yang terungkap.

Bagian Art dari Spider-Man: Far From Home mengungkapkan apa yang mampu dilakukan oleh Iron Spider. Menurut Senior Visual Development Artist, Rodney Fuentebella mengungkapkan bahwa armor tersebut lebih hebat dari pada apapun yang pernah Peter gunakan setelah itu. Fuentebella mengatakan “Aku ingin menunjukan bahwa berkat armor ini, Spider-Man mampu bergerak dengan sembunyi-sembunyi, dan dengan lengan ekstra yang ia miliki, ia dapat menyelinap ke tempat-tempat yang sulit. Iron Spider bisa menjangkau area yang lebih jauh dan mungkin lebih cepat dari setelan Spider-Man lainnya.”

Selain itu, Fuentebella menambahkan bahwa lengan robotik itu mampu memotong segala bentuk senjata musuh menjadi dua bagian dan mampu menembakan sebuah jaring dengan kekuatan yang besar. Lengan robotik itu dirancang dengan sempurna untuk misi spionase dan infiltrasi, dan meningkatkan kemampuan stealth bagi Spider-Man itu sendiri. Ketika Spider-Man menekan ujung lengan robotik ini ke dinding, maka ia dapat mendeteksi getaran yang disebabkan dari sumber suara dan langsung memberi tanda ke topeng Spider-Man, jadi Spider-Man dapat mengetahui letak musuh ataupun obrolan dari musuhnya.

Uniknya lagi tiap lengan memiliki semacam lampu yang dapat membantu Peter dalam tempat yang gelap. Bahkan yang luar biasanya lagi, lengan ini dapat bergerak dengan cepat untuk menghalau peluru. Fuentebella juga menyebut bahwa mereka memberi kemampuan untuk memproyeksikan sonic blasts pada armor tersebut. Memang, sebagian sketsa ini sebagian besar menampilkan kemampuan dari lengan robotik itu dan hal itu membuktikan bahwa lengan tersebut tak hanya dapat digunakan untuk memukul musuh-musuhnya atau membantu Peter untuk bergerak di dinding saja.

Dalam concept art ini juga menunjukan bagaimana Iron Spider dapat ditempatkan dan di dalam sebuah docking untuk pengisian daya. Tidak jelas apakah bagian docking itu memiliki emacam Reactor Arc yang menyalakannya, atau apakah hanya dihubungkan ke listrik.