Setelah tampil di Avengers: Endgame, Thor Odinson rencananya akan kembali muncul dalam film solo keempatnya yaitu Thor: Love and Thunder. Kabarnya, film garapan Taika Waititi ini akan menghadirkan sosok baru pengganti Odinson untuk menjadi sang dewa petir alias Thor, yaitu Jane Foster. Tapi, Jane dan Odinson bukan hanya karakter yang pantas untuk Mjolnir.

Dalam beberapa komiknya, ada beberapa karakter lainnya yang bisa menjadi pengganti Thor. Bahkan, di Endgame MCU sudah membuktikan bahwa karakter lainnya pun bisa menggunakan Mjolnir jika memang dirasa pantas. Berikut adalah beberapa karakter yang bisa muncul di film Thor: Love and Thunder.

Beta Ray Bill

Di tahun 1980, salah satu penulis komik Thor, Walt Simonson, ingin mengeksplor ide tentang karakter lainnya di dunia Marvel universe yang luas tersebut mampu untuk mengangkat Mjolnir dan menggunakan kekuatannya. Hal inilah yang kemudian menjadi cerita dibalik pembuatan karakter Beta Ray Bill, seorang alien dari ras Korbinites.

Sebagai seorang petarung dan pejuang sejati, Beta Ray Bill sudah terbukti pantas untuk menggunakan Mjolnir. Karena hanya tersedia satu tempat untuk menjadi Thor, Odin pun kemudian mendeklarasikan Odinson dan Beta Ray Bill untuk bertarung demi memperebutkan titel tersebut. Beta Ray Bill berhasil mengalahkan Odinson dan menolak untuk membunuhnya.

Beta Ray Bill sendiri belum pernah muncul di MCU, tapi senjata andalannya yaitu Stormbreaker, yang merupakan pemberian Odin, sudah muncul dan digunakan untuk mengalahkan Thanos. Stormbreaker sendiri dibuat oleh Thor di Nidavellir untuk menggantikan Mjolnir yang hancur. Sebenarnya, pada awalnya Beta Ray Bill akan muncul di Thor: Ragnarok. Namun, perannya di film tersebut terlalu “kecil” sehingga Marvel memutuskan untuk menjadikan Beta Ray Bill sebagai Easter Egg.

Eric Masterson

Eric Masterson adalah seorang single father dan juga seorang arsitek yang muncul dalam cerita petualangan dari Thor dan Hercules. Dalam sebuah pertarungan melawan villain bernama Mongoose, Thor terluka parah dan tidak bisa menggunakan Mjolnir dalam pertarungan tersebut. Masterson, secara ajaib, kemudian mampu mengangkat palu ajaib tersebut dan menyelamatkan Thor dari Mongoose.

Karena bukan seorang petarung, Eric pun terluka parah dan Thor yang melihat hal tersebut pun tidak bisa berbuat banyak. Thor pun kemudian meminta Odin untuk menyelamatkan nyawanya karena Eric sudah mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan jiwa Thor. Odin setuju, dan akhirnya Odin pun menyatukan Thor dan Eric menjadi satu sosok. Selama beberapa waktu, Eric Masterson adalah sosok manusia dari Thor.

Masterson kemudian kemudian berubah menjadi Thor yang baru. Sebagai Thor, dia kemudian menjadi bagian dari Avengers dan ikut muncul dalam berbagai event crossover, seperti ”Kree-Shi’ar War”. Yang menarik adalah Thor versi Masterson tersebut muncul di komik Infinite Gauntlet, yang mana merupakan komik inspirasi untuk film Avengers: Infinity War.

Masterson sendiri kemudian kembali ke bentuk aslinya, dan sama seperti Beta Ray Bill, Odin memberikannya sebuah senjata yang digunakan untuk menjadikannya sebagai superhero. Menggunakan senjata palu pemberian Odin, Masterson kemudian menggunakan nama “Thunderstrike” dan bahkan memiliki komiknya sendiri yang sempat terbit selama dua tahun.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.