Nama Gol D. Roger tentunya bukan sebuah nama yang asing bagi para fans One Piece. Sejak pertama kali One Piece muncul, sosok Roger bahkan sudah muncul. Dia adalah sang raja bajak laut yang menjadi inspirasi bagi berbagai orang lain untuk menjadi bajak laut. Sayangnya, Roger kemudian harus dieksekusi oleh angkatan laut.

Titel Roger sebagai raja bajak laut tentunya tidak perlu diragukan lagi, apalagi dia sudah pernah pergi ke pulau terakhir yaitu Laugh Tale. Semua harta karun yang dia punya disimpan disana. Tapi, ada sebuah hal menarik yang kemudian muncul kemarin. Ada sebuah fakta yang diungkapkan oleh Sengoku bahwa Monkey D. Garp, kakek dari Luffy, pernah bekerja sama dengan Roger untuk mengalahkan seorang bajak laut legendaris.

Nama bajak laut legendaris tersebut adalah Rocks dan dia juga memiliki nama “D” di tengahnya. Rocks sendiri mengalami masa kejayaannya sekitar 40 tahun yang lalu. Yang menakjubkan dari bajak laut Rocks adalah ada beberapa krunya yang menjadi Yonko saat ini. Mereka adalah Big Mom, Kaidou, dan Edward Newgate alias Whitebeard. Tentunya hal ini menjadi sebuah kejutan yang luar biasa buat para fans.

Kerja sama antara Garp dan Roger ini membuat nama Garp semakin melambung di mata angkatan laut. Begitu juga sosok Roger. Padahal, seperti yang kita ketahui, angkatan laut selalu berusaha untuk menangkap para bajak laut. Insiden pertarungan antara Rocks dan Garp juga Roger disebut sebagai insiden lembah dewa (God Valley).

Ada pertanyaan yang kemudian menggelitik, yaitu apakah Roger berart benar-benar seorang raja bajak laut? Pasalnya, dengan anak buah yang sangat luat biasa bahkan mereka menjadi Yonko, tentunya bukan hal yang sulit untuk menjadi seorang penguasa lautan. Sebuah spekulasi pun muncul bahwa jika Roger dan Garp tidak bekerja sama untuk mengalahkan Rocks, ada kemungkinan Roger tidak akan sepertisaat ini.

Meskipun belum ada informasi resmi, dengan kekuatan yang dahsyat, tentunya Rocks bisa jadi pada saat itu adalah sosok atau figur yang kuat. Jika masa kejayaan Rocks sekitar 40 tahun lalu, dan Roger juga Garp mendapatkan titel pahlawan angkatan laut dan Roger mendapatkan titel raja bajak laut ketika mengalahkan Rocks sekitar 20 tahu lalu, artinya Rocks diserang oleh sosok yang lebih muda darinya.

Sepertinya sejarah kembali berulang saat ini dimana apa yang dilakukan oleh Roger dan Garp terhadap Rocks, dilakukan oleh Luffy. Contohnya adalah ketika Luffy dan Smoker bekerja sama untuk mengalahkan Crocodile. Sebenarnya, informasi Whitebeard pernah menjadi kru seorang bajak laut pernah diperlihatkan dalam sebuah flashback di salah satu chapter. Tapi, pada saat itu kita masih belum tahu siapa bajak laut tersebut.

Kita juga masih belum tahu, seberapa kejam atau seberapa jahat Rocks sampai-sampai Garp dan Roger harus bekerja sama untuk mengalahkannya. Yang pasti tentunya butuh kekuatan yang luar biasa untuk mengalahkan sosok Rocks. Setelah kematian Rocks ada kemungkinan kelompok bajak lautnya bubar, seperti bajak laut Roger. Mereka pun kemudian mulai “mandiri” dan perlahan aksi mereka mendapatkan perhatian pemerintah.

Berbeda dengan kru Roger yang mencoba untuk usaha lainnya, sepertinya beberapa kru Rocks mencoba melanjutkan menjadi seorang bajak laut. Dengan aksi dan kekuatannya, perlahan angkatan laut mulai memperhatikan perilaku mereka dan melihat bagaimana kuatnya mereka akhirnya empat sosok bajak laut itu pun diberikan gelar Yonko, atau empat penguasa lautan.