Meskipun babak kedua dari arc Wano sudah ditutup, sepertinya masih belum ada tanda bahwa ketegangan akan reda. Justru malah berbagai kejadian yang semakin membuat tensi cerita naik mulai bermunculan. Mulai dari kabar tentang kabar adanya agen CP0 di Wano, insiden kerusuhan di Reverie, dan juga yang paling menghebohkan adalah kabar tentang kematian Sabo.

Lalu, apa yang disuguhkan Oda selanjutnya? Sepertinya di chapter 957 kita masih belum akan mulai memasuki babak ketiga Wano. Kita akan diberikan sebuah cerita lain yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pertama adalah tentang fakta Big Mom dan Kaido. Kedua Yonko ini memang sudah saling mengenal sejak lama, tapi ternyata mereka dulunya merupakan rekan satu kru.

Bukan hanya Kaido dan Big Mom, Yonko yang lain seperti Whitebeard juga ternyata dulunya merupakan bagian dari salah satu kru bajak laut bernama Rocks. Fakta lainnya adalah Rocks juga sebenarnya memiliki nama ā€œDā€ ditengahnya. Bajak laut Rocks merupakan bajak laut yang tidak kalah legendaris dengan bajak laut Roger.

Sama seperti Roger, Rocks juga menjadi salah satu incaran dari angkatan laut. Namun, ada hal menarik saat angkatan laut mencoba untuk mengalahkan Rocks. Monkey D. Garp dan Roger bekerja sama untuk mengalahkan Rocks. Peperangan tersebut disebut sebagai insiden lembah dewa (God Valley). Di chapter ini juga kita akhirnya mengetahui mengapa Garp disebut sebagai pahlawan perang dan juga mengapa dia menolak kenaikan pangkat ke posisi Admiral.

Kita juga akhirnya mengetahui berapa nilai buruan dari para Yonko. Pertama adalah Blackbeard yaitu 2.27 milliar Belly, Shanks 4 milliar Belly, Big Mom 4.3 milliar Belly, Kaido 4.6 milliar Belly, Whitebeard 5 milliar Belly, dan Roger 5.5 milliar Belly.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.