Banyak yang menganggap jika Thanos merupakan salah satu villain terhebat dan terkuat di Marvel Universe. Kepintarannya dipadukan dengan kekuatan yang dia miliki membuat Thanos menjadi sebuah karakter yang patut untuk diperhitungkan. Butuh banyak sekali pahlawan untuk bisa mengalahkan satu orang Thanos. Meskipun dia merupakan sosok yang jahat, ada kalanya Thanos juga melakukan sesuatu hal yang baik diluar dugaan. Apa saja?

Pensiun

Buat Geeks yang sudah menonton Avengers: Endgame pasti tahu adegan dimana Thanos berada di sebuah planet yang indah, penuh dengan tanaman dan armornya disimpan di tengah-tengah ladang tersebut. Dalam cerita di komik Infinity Gauntlet, Thanos memiliki banyak waktu untuk memikirkan kegagalan yang sudah dia buat. Setelah pergolakan di dalam dirinya, akhirnya Thanos memutuskan untuk pensiun dan mulai membangun peternakan dan perkebunannya sendiri.

Thanos pun disangka sudah tewas oleh banyak orang di seluruh alam raya tersebut, dan Thanos benar-benar menikmati kedamaian, kesunyian, dan juga ketenangan dari kehidupan itu. Namun, sebenarnya Thanos kemudian memutuskan untuk kembali menguasai wilayah lain dan juga memiliki rasa lapar untuk kekuasaan yang besar seperti sebelumnya. Satu hal yang pasti, jauh di dalam hatinya Thanos sebenarnya ingin sebuah kehidupan yang sederhana.

Menghianati Annihilus

Dalam cerita Annihilation, makhluk kosmik dari Negative Zone yang gemar untuk menghancurkan planet lainnya, Annihilus, mencoba untuk mencuri Power Cosmic dan mengambil alih kendali alam raya ini. Annihilus meminta Thanos untuk bergabung bersamanya. Thanos pun kemudian dengan senang bergabung bersama Annihilus demi tujuan itu.

Thanos menjadi kesuksesan dari Annihilus untuk misi tersebut, namun ketika Thanos mengetahui bahwa Annihilus berencana untuk menghancurkan alam raya ini, Thanos pun membuat keputusan untuk menghianati partner barunya tersebut. Dengan sebuah rencana kerja sama dengan Silver Surfer, mereka kemudian membangkitkan Galactus untuk kemudian menghentikan rencana Annihilus.

Menenangkan Thor Yang Marah

Ketika dikuasai oleh amarah dan rasa haus darah yang besar, Thor pernah berusaha untuk menghancurkan tempat dan juga rumah yang selalu dia jaga yaitu Asgard. Mengetahui ada yang salah dengan diri Thor, Silver Surfer berusaha untuk menenangkan sang dewa petir yang marah. Namun, Silver Surfer nyatanya bukan lawan yang seimbang bagi Thor yang sedang marah.

Akhirnya Silver Surfer pergi menemui Thanos dan meminta bantuannya. Setelah berhasil diyakinkan, Thanos pun setuju untuk membantu Silver Surfer dan akhirnya pertarungan antara Thanos dan Thor pun terjadi. Thanos kemudian berhasil mengalahkan Thor dan menenangkan Thor yang sedang marah.

Menyelamatkan Marlo Jones

Istri Rick Jones, Marlo Jones, sering kali ikut terseret dalam setiap petualangan yang dialami oleh suaminya. Dalam suatu kesempatan, Marlo dirasuki oleh sosok Lady Death. Thanos pun akhirnya setuju dengan permintaan Death untuk keluar dari tubuh Marlo. Sebenarnya, Thanos melakukan hal ini lebih kepada rasa cintanya kepada Death daripada peduli terhadap keselamatan Marlo. Tapi, yang pasti ini merupakan salah satu tindakan heroik dari Thanos.

Menyembuhkan Cancerverse

Dalam salah satu petualangan dari Guardians of the Galaxy, tim manusia super tersebut tiba di sebuah alternatif universe yang bernama Cancerverse. Cancerverse sendiri merupakan tiruan dari universe utama Marvel. Hanya satu perbedaannya dengan universe utama Marvel, di Cancerverse tidak ada yang namanya kematian.

Meskipun terdengar “bagus,” pada kenyataannya mereka yang ada di Cancerverse harus mengalami penderitaan yang mengerikan. Cancerverse sendiri bukanlah sebuah universe yang menyenangkan, karena di universe tersbut sebuah penyakit mengerikan muncul. Demi menyelamatkan orang-orang di universe tersebut dan membuat kagum sosok Death, Thanos akhirnya membawa Death untuk pergi ke universe tersebut dan membantu tim GOTG.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2