Dalam seri Dragon Ball Super, kita pernah beberapa kali diperlihatkan akan kekuatan super dari Ultra Instinct, tetapi ternyata Goku belum sepenuhnya menguasai kekuatan terebut. Goku masih jauh dari kata mampu untuk menggunakan kekuatan ini sesuka hatinya.

Namun ada fakta baru yang terungkap, dimana ternyata Merus yang merupakan anggota Galactic Patrol mengetahui lebih banyak tentang kekuatan Ultra Instinct. Hal itu terungkap dalam Dragon Ball Super di chapter terbarunya. Disana Goku diajari bagaimana agar bangsa Saiyan dapat mempercayai kekuatan penuh dalam dirinya.

Agar Goku dapat mengendalikan kekuatan terbesarnya, Goku harus mendapatkan pengendalian diri. Kontrol dari kemarahan, kesedihan, dan kesenangan bisa dirubah menjadi sebuah kekuatan yang luar biasa, yaitu Ultra Instinct dan itu adalah cara untuk mengendalikan kekuatan tersebut. Rupanya Merus telah mengetahui kekuatan yang dimiliki Goku sejak lama dan tetap merahasiakannya.

Bukan hanya Goku yang terkejut dengan saran itu, tetapi para pembaca pun mengalami hal yang sama. Hal ini tentu menimbulkan banyak spekulasi tentang asal-usul Merus. Walau asal-usulnya masih belum diketahui, tetapi Goku tahu bahwa Merus adalah orang yang tepat untuk mengajarinya.