Spongebob SquarPants diciptakan oleh Stephen Hillenburg pada akhir 1980-an, tetapi kartunnya baru dikembangkan pada tahun 1996 dan akhirnya membuat debutnya di Nickelodeon pada tahun 1999. Serial ini sangat sukses besar, dan menjadikannya sebagai seri animasi terpanjang kelima di Amerika, dan memperluas ekspansinya ke video game dan bahkan buku komik.

Spongebob SquarePants mengisahkan tentang petualangan dari spons kuning bernama SpongeBob dan teman-temannya seperti Patrick, Sandy, Squidward, dan juga bosnya, Mr. Krabs, dan tak ketinggalan dua musuh abadinya yaitu Plankton dan Flats the Flounder, yang kesemua semua karakter ini memiliki keunikan dan bakat khususnya masing-masing. Namun dibalik itu semua ada sebuah misteri yang masih menyelimuti kota Bikini Bottom yang merupakan tempat tinggal semua karakter tesebut.

Banyak teori-teori yang bermunculan tentang SpongeBob SquarePants, tetapi sebuah teori tentang Bikini Bottom yang merupakan tempat uji coba nuklir mungkin memang benar adanya. Teori ini berasal dari Reddit, dimana salah seorang anggota disana menunjukan bahwa Bikini Bottom diberi nama demikian karena berada di bawah Bikini Atoll, sebuah terumbu karang di Marshall Islands yang terdiri dari 23 pulau. Ternyata kepulauan tersebut pernah digunakan untuk pengujian nuklir dari tahun 1946 hingga 1958.

Karena uji coba nuklir tersebut, makhluk-makhluk yang tinggal di daerah itu telah bermutasi, dan itulah sebabnya mereka dapat berbicara, memainkan instrumen, membuat robot, dan itulah mengapa mereka menjadi benar-benar aneh. Seorang pengguna Reddit menambahkan bahwa ada seekor tupai yang berada diantara hewan-hewan lain yang disimpan dalam sebuah kapal milik Angkatan Laut Amerika selama test nuklir tersebut berlangsung, itulah sebabnya Sandy mengenakan sebuah armor pelindung dan berubah menjadi makhluk yang luar biasa kuat saat ia hibernasi.

Selain itu, nama Sandy juga seperti diambil dari kata sand (pasir) yang tentu saja ketika nuklir diledakan maka akan menciptakan hembusan pasir yang besar. Sementara itu, pengguna Reddit lain menyebut bahwa Rock Bottom bisa menjadi sebuah kawah hasil dari ledakan tersebut, yang akan menjelaskan pula mengapa penghuni Rock Bottom lebih aneh, dengan bentuk fisik yang lebih mengerikan dibanding penduduk Bikini Bottom.

Seperti yang disebutkan di atas, teori ini juga terhubung dengan fakta di dunia nyata, dimana Bikini Bottom terletak di bawah Bikini Atoll, sehingga sebagian dari teori itu mungkin benar. Bahkan salah satu bom dari pengujian tersebut pernah diledakan di bawah air, dan ledakan itu pernah diambil gambarnya. Dari semua teori SpongeBob SquarePants di luar sana ini mungkin salah satu yang paling masuk akal dan memiliki bukti yang lebih substansial untuk mendukungnya.

Apakah SpongeBob SquarePants sebenarnya dibuat untuk menunjukan konsekuensi dari pengujian nuklir di bawah air atau Bikini Atoll hanyalah inspirasi untuk nama dan kota tersebut? Yang jelas, itu adalah sesuatu yang hanya diketahui oleh Hillenburg dan perusahaannya. Namun, ada banyak detail yang sesuai dengan sejarah Bikini Atoll yang tentu jika ini benar maka akan membuat seri ini cukup menyeramkan sekaligus menarik.