Bumi Langit Studios dan Screenplay Pictures sukses membuka Jagat Bumi Langit dengan dirilisnya film Gundala pada Agustus kemarin. Film Gundala sendiri akan menjadi film pertama dari Jagat Bumi Langit dan masih akan diikuti oleh berbagai fim-film lainya. Film ini sendiri mengisahkan tentang Sancaka yang sejak kecil sudah diincar oleh petir.

Namun, saat dia dewasa petir tersebut memberikannya kekuatan untuk memperjuangkan keadilan seperti yang diperlihatkan dalam trailer dan filmnya. Disana, Sancaka harus berhadapan dengan seorang penjahat bernama Pengkor, yang memiliki pasukan yatim piatu untuk menyerang Sancaka. Tapi, di akhir film kita diperkenalkan oleh sosok penjahat lainnya dari masa lalu yaitu Ki Wilawuk. Nah kali ini kita akan coba membahas tentang siapa villain ini.

Ki Wilawuk adalah salah satu karakter penjahat yang diciptakan oleh almarhum Harya Suraminata alias Hasmi, kreator dari karakter Gundala. Ki Wilawuk merupakan salah satu musuh yang paling kuat dan berbahaya yang pernah dihadapi oleh Gundala. Jadi selain, Pengkor, Ghazul, dan Dokter Setan, Ki Wilawuk adalah salah satu musuh “abadi” dari Gundala. Selain kekuatannya, salah satu alasan mengapa dia merupakan musuh abadi yang berbahaya adalah dia hampir tidak bisa mati.

Dalam komiknya sendiri diceritakan jika Ki Wilawuk merupakan sosok penjahat dari masa lampau, tepatnya dari masa kerajaan Mataram pada masa Panembahan Senopati. Sosok ki Wilawuk ini berhasil dikalahkan oleh Tumenggung Wiralaga dengan sebuah senjata khusus, dengan begitu kekuatan dari Wilawuk tak dapat ia gunakan. Untuk mencegah ki Wilawuk kembali bangkit, akhirnya kepala dan tubuhnya ditempatkan di tempat yang berbeda. Namun ternyata, Ki Wilawuk dapat bangkit dari kematian dengan meminum darah Manusia. Sejak itulah Ki Wilawuk bersumpah untuk membalas dendamnya kepada Tumenggung Wiralaga dan semua keterunannya.

Sosok Ki Wilawuk memiliki kekuatan ilmu hitam yang sangat dahsyat yaitu ajian Pancasona. Ajian atau jurus ini memberikan Ki Wilawuk kemampuan untuk bisa kebal atau tahan terhadap serangan apapun. Bahkan ajian ini memberikannya sebuah kekuatan untuk bisa kekal abadi alias tidak bisa mati. Ketika tubuhnya terpisah atau terpotong, dia bisa kembali menyatukan badannya. Mirip seperti ajian Rawarontek.

Oleh karena itu, saat berhasil dikalahkan oleh Tumenggung Wiralaga, tubuh dan kepala dari Ki Wilawuk sengaja dipisah sejauh mungkin jaraknya. Salah satu bagian dari tubuh Ki Wilawuk disimpan oleh keturunan Tumenggung di tempat yang aman. Selain kemampuan magis ilmu hitam yang dahsyat, kemampuan bela diri Ki Wilawuk juga sangatlah dahsyat.  Oleh karena itu, Ki Wilawuk sangat sulit untuk dikalahkan.

Ada beberapa perbedaan cara untuk membangkitkan Ki Wilawuk untuk versi film dan komik. Dalam komik Dr. Jaka dan Ki Wilawuk, diceritakan bahwa cara untuk membangkitkan Ki Wilawuk dari kematiannya adalah dengan mengumpulkan darah manusia sebanyak mungkin. Hal inilah yang dilakukan oleh Dr. Jaka yang merupakan keturunan dari Ki Wilawuk.

Sedangkan dalam versi film, Ghazul harus menemukan terlebih dahulu potongan kepala Ki Wilawuk dan kemudian menemukan badannya yang tersimpan di dalam museum. Setelah menemukan badannya, Ghazul kemudian mencampurkan darah pahlawan, yaitu Gundala, dan menempelkannya ke badan Ki Wilawuk. Dengan otomatis kepala dan tubuhnya akan kembali menyatu dan kembali hidup. Rupanya, Ghazul meyakini bahwa Gundala akan muncul dan ia membangkitkan Ki Wilawuk untuk mengalahkannya.

Ki Wilawuk Versi Bumilangit Cinematic Universe

Dalam film Gundala di layar lebar yang disutradarai oleh Joko Anwar, karakter Ki Wilawuk ini diperankan oleh seniman, aktor, dan juga musisi Sudjiwo Tedjo. Meskipun kemunculannya di akhir film sangatlah singkat, namun penampilan Ki Wilawuk benar-benar mencuri perhatian penonton. Bahkan bukan tidak mungkin banyak yang kemudian penasaran dengan sosok Ki Wilawuk ini.

Nuansa mistis dan menyeramkan dari sosok Ki Wilawuk memang dirasa sangat pas saat diperankan oleh Sudjiwo Tedjo, dan karakter bernuansa mistis sudah bukan hal aneh bagi Sudjiwo Tedjo. Dia sebelumnya pernah berperan dalam film horror Kafir dan juga Peti Mati (The Coffin). Di film Kafir sendiri dia diperankan sebagai seseorang yang memuja kepada setan.

Dengan kemunculannya di akhir film, kemungkinan Ki Wilawuk akan menjadi musuh Gundala di film selanjutnya. Karena Ki Wilawuk adalah sosok yang kuat, tentunya dia membutuhkan bantuan dari pahlawan lainnya. Salah satu contohnya adalah Sri Asih yang diperankan oleh Pevita Pearce dan sudah muncul di akhir filmnya. Sri Asih juga sudah membantu Sancaka dengan menghentikan mobil kiriman serum amoral.