DC Universe sudah diambil alih oleh Event Leviathan, seorang pria bertopeng yang menjadi pemimpin untuk membuat kepemimpinan yang baru di bumi ini. Tapi, yang membuat sosok Leviathan semakin misterius adalah justru dia tidak terlihat seperti villain. Berbagai agensi rahasia yang ada di DC Universe justru perlahan mendukung sosok Leviathan. Siapa sebenarnya sosok Leviathan ini? berikut adalah pembahasannya.

Sudah Ada Petunjuk Tentang Identitas Leviathan

Banyak fans yang masih curiga dengan sosok Jason Todd bahwa dialah orang yang ada dibalik topeng Leviathan. Batman pun sempat berpikir hal yang sama, namun pada akhirnya menghilangkan pikiran tersebut. Dalam sebuah wawancara dengan CBR, Michael Bendis sendiri senang dengan masih tersimpan dengan rapatnya rahasia tentang siapa sosok Leviathan, meskipun menurutnya ada beberapa tebakan yang benar.

Bendis juga mengatakan jika sebenarnya dia sudah menaruh sebuah petunjuk yang “baik” untuk menebak siapa sosok Leviathan. “Hanya beberapa orang yang sudah menebaknya dengan benar, jadi aku merasa percaya diri dengan Leviathan …. Jika semuanya bisa menebaknya, maka aku gagal. Tapi aku tahu berbagai petunjuk yang aku berikan sangatlah bagus.

Petunjuk Yang Terlewatkan

Mungkin banyak diantara Geeks yang merupakan penggemar dari karya Michael Bendis berusaha untuk mencari berbagai petunjuk dengan membaca komik lainnya, seperti Legion of Super-Heroes: Millenium untuk menemukan identitas sebenarnya dari sosok wanita misterius yang menyatukan seluruh timeline masa depan DC.

Pastinya Geeks akan bertanya apa hubungannya komik Millenium dengan Leviathan. Tapi, Michael Bendis sendiri memberikan pernyataan ahwa di dalam ceritanya ada sebuah petunjuk tentang Leviathan. “baca chapter Kamandi di Millenium, ada logo Leviathan disana. Ceritanya sendiri sangatlah besar dan ada sebuah petunjuk di dalamnya.”

Wajar jika semua orang “tertipu” dan tidak mengetahui jika Leviathan memiliki sebuah logo yang menjadi ciri khasnya, karena mayoritas fans pun pastinya merasakan hal yang sama. Dalam chapter tersebut memang ada sebuah simbol, yang mungkin sudha memberikan petunjuk lebih dari yang kita inginkan. Buat Geeks yang mengenal tentang simbol ini pastinya akan segera mengetahui sosok dibalik topeng Leviathan.

Leviathan Menggunakan Lambang Manhunter

Lambang atau simbol yang digunakan oleh Leviathan kemungkinan besar merupakan lambang yang sama yang digunakan oleh Manhunter alias Mark Shaw. Diperkenalkan pertama kali pada 1980an, Mark Shaw merupakan seorang pengacara bagi par apenjahat, yang sama seperti vigilante lainnya pada saat itu, lelah dengan sistem hukum sah yang ada.

Dengan menggunakan topeng dan armor yang berasal dari luar angkasa, dia pun melawan ketidak adilan dengan menggunakan identitas Manhunter. Karakternya sendiri sudah lama tidak dimunculkan dalam cerita apapun di komik DC. Jadi, meskipun Michael Bendis memang kembali menggunakan karakter dan ceritanya, penolakan moral yang perlihatkan oleh Shaw terhadap kecacatan sebuah sistem hukum, pengalamannya sebagai pahlawan dan villain, dan pengetahuannya tentang komunitas para superhero cocok dengan ambisi dari Leviathan.

Kemunculan Mark Shaw dalam cerita Leviathan juga bisa menjelaskan mengapa di volume terbarunya menghadirkan Kate Spencer, vigilante yang menggunakan nama Manhunter, yang merasa bingung mengapa dia menjadi target dari Leviathan. Selain itu, dia juga ingin tahu apa alasan Leviathan membuat hal ini terasa begitu pribadi.

Perngungkapan identtas rahasia dari Leviathan bukan hanya satu-satunya alasan mengapa kita harus melihat cerita Event Leviathan sampai akhir. Ini juga bisa menjadi petunjuk dan juga jalan masuk bagi para fans untuk lebih mengenal sosok Manhunter, dan juga berbagai misteri lainnya dalam cerita Event Leviathan.