Siapa, sih, yang enggak suka liburan? Pastinya berlibur adalah saat yang ditunggu-tunggu  banyak orang. Apalagi kalau pacar yang mengajak liburan. Sayangnya, kondisi keuangan lagi enggak bersahabat. Bisa-bisa uang habis hanya untuk berlibur. Namun, belum rela kalau pacar liburan sendirian.

Sebenarnya, kamu masih bisa liburan bareng pacar dengan bahagia, kok. Coba lakukan beberapa hal ini terlebih dulu.

1Cari paket liburan yang bisa dicicil

Kamu sebenarnya tertarik untuk pergi liburan. Cuma saja terlalu berisiko bila harus menghabiskan seluruh isi dompet. Khawatirnya ada kondisi darurat yang membutuhkan dana untuk menyelesaikannya.

Untuk itu, kamu sebenarnya bisa memilih situs perjalanan yang menjual paket liburan dengan cara dicicil. Tentunya, ini bisa menyelamatkan hari-harimu ke depannya.

Kamu tak punya kartu kredit untuk mengikuti program cicilan liburan? Perlu kamu tahu, sekarang ini beberapa situs perjalanan menawarkan program cicilan tanpa kartu kredit.

Jadi, kamu bisa memilih cara dan waktu cicilannya sesuai kemampuan. Semakin mudah untuk pergi liburan, kan.

2Cari hotel dan transportasi yang sedang diskon

Percayalah kalau kamu berusaha pasti ada jalan. Salah satunya adalah dengan mencari diskon untuk transportasi dan akomodasi.

Bisa juga menggunakan point-point penawaran yang ada di marketplace. Setidaknya, potongan harga dapat mengurangi budget liburan kamu.

Tentunya, ini tidak akan membuat dompetmu mengering dan kosong melompong. Untuk itu, kamu harus pantang menyerah menyusuri pencarian diskon di internet.

3Pilih destinasi wisata yang mudah dijangkau

Salah satu yang membuat biaya perjalanan liburan kamu membengkak adalah destinasi wisata tujuan sulit dijangkau. Maksudnya, untuk mencapai tujuan memerlukan transportasi khusus.

Bila itu yang terjadi, lebih baik kamu memilih lagi destinasi wisata lain. Carilah yang transportasi dan tempat menginapnya mudah dicari. Bahkan, tidak terlalu jauh dari keramaian atau obyek wisata yang mau dituju.

4Tidak memilih pick season saat mau berlibur

Untuk liburan dadakan, ada baiknya dilakukan setelah pick season berakhir. Saat itulah, harga penerbangan dan penginapan sudah kembali normal. Bahkan, bisa lebih murah.

Kamu juga sebaiknya menghindari perjalanan liburan ketika weekend. Biasanya harga akomodasi dan transportasi lebih mahal pada saat tersebut. Pilihlah weekday dan jauh dari liburan anak sekolah.

Selain itu, kalau pick season, obyek wisata yang terkenal akan penuh lautan manusia. Kamu jadi tak bisa menikmati obyek wisata tersebut. Sayang, kan, bayar mahal hanya untuk berdesakan.

5Cari obyek wisata murah meriah atau tak berbayar

Ada baiknya kamu banyak browsing soal tempat yang mau dituju untuk liburan. Bila beruntung, kamu akan menemukan kegiatan atau acara spesial yang terjadi di daerah tersebut.

Bahkan, beberapa acara atau aktivitas lokal tidak mengeluarkan biaya. Ada juga beberapa obyek wisata yang sifatnya gratis. Misalnya, pantai, pergi ke air terjun, atau sekadar menikmati museum.

Kalau kamu menggunakan paket liburan, biasanya juga ada bonus-bonus yang menarik. Bisa jadi kamu bisa mendapat potongan harga di restoran legendaris atau gratis naik sepeda di pinggir pantai untuk menikmati sunset.

Apa pun kondisimu, pasti ada jalan untuk pergi berlibur. Bisa dengan cara cicil ataupun menekan budget sekecil-kecilnya. Intinya, kamu harus lebih teliti mengatur perjalanan liburan yang akan dilakukan.

FOLLOW US