Persenjataan: Thor

Berbicara mengenai senjata yang digunakan dalam sebuah pertempuran atau peperangan, Captain Marvel tidak bisa mengalahkan Thor. Warga Asgardian memang sudah sejak lama menggunakan senjata seperti pedang, panah, kapak, dan sebagainya sebagai alat bantu bertarung mereka. Contoh nyatanya adalah selain Mjolnir, Thor juga memiliki Stormbreaker.

Untuk Captain Marvel, sangat jarang kita melihat Carol menggunakan senjata. Carol lebih senang menggunakan kekuatan yang ada dalam dirinya, seperti photon blast. Jadi, ketika ada pertarungan dengan menggunakan senjata, Thor memiliki keuntungan lebih dengan sudah mengenal baik berbagai senjata.

Kekuatan Khusus: Captain Marvel

Thor mungkin kuat dengan kekuatan petirnya, namun kekuatan spesial Thor tersebut masih jauh dibandingkan kekuatan spesial milik Carol. Contohnya dalam film Thor: Ragnarok, meskipun Thor sudah menggunakan semua kemampuannya hal itu tetap tidak cukup untuk mengalahkan kakaknya, Hela. Contoh nyatanya adalah ketika Thanos berhasil mengalahkan Thor di Infinity War, mungkin Thor yang akan mati jika Loki tidak menginterupsi Thanos.

Di sisi lain, kekuatan binary mode Captain Marvel benar-benar sangat fantastis. Bahkan form tersebut terbukti sangat kuat sampai sejauh ini dibandingkan kekuatan Scarlet Witch. Buktinya adalah dia tahan terhadap berbagai serangan Thanos dan dia juga bisa menghancurkan seluruh armada Kree yang dipimpin oleh Ronan dan kapal milik Thanos.

Daya Tahan: Thor

Captain Marvel memang memiliki kekuatan yang dahsyat dengan seluruh binary mode dan photon blast yang dia miliki. Dia juga mampu menahan berbagai serangan yang mengarah kepadanya, tapi Thor juga tidak kalah mengagumkan terutama untuk masalah daya tahan atau durability. Contohnya dia berhasil bertahan dari paparan Power Stone.

Contoh lainnya adalah dia pernah terkena pukulan oleh Hulk yang tepat mengenai mukanya, tapi tidak ada sedikit pun bekas luka yang dimiliki oleh Thor. Dia pernah terkena serangan Thanos, namun berhasil kembali bangkit. Thor juga beberapa kali terkena serangan dari Hela dan tidak ada bekas apapun selain sebelah matanya yang hilang. Yang paling monumental adalah dia menahan kekuatan penuh dari sebuah bintang saat akan membuat Stormbreaker.

Pertarungan Melawan Thanos: Captain Marvel

Pertarungan melawan Thanos perlu dijadikan acuan mengingat Thanos merupakan karakter yang tidak pernah kalah dalam peperangan, dan hanya dikalahkah oleh Iron Man yang berhasil mengelabuinya dengan mengambil keenam Infinity Stones. Jadi, Thanos bisa dijadikan sebuah patokan yang cukup baik.

Thor sudah beberapa kali berhadapan dengan thanos, dimana saat pertama berhadapan Thanos berhasil menang. Dan di akhir Infinity War, Thor berhasil mengalahkan Thanos berkat Stormbreakernya. Kemudian di film Endgame Thor berhasil menebas kepala dari Thor. Di sisi lain, Thanos sendiri baru pertama kali bertemu dengan Thanos di film Endgame dan sudah hampir membunuhnya jika saja Power Stone tidak menjadi halangan.

Pemenang: Tidak Ada

Tidak ada yang menang dalam pertarungan Captain Marvel dan Thor. Kemenangan salah satu diantaranya bisa muncul tergantung dari siapa sutradara yang mengarahkan filmnya, dan bukan kemampuan atau power. Contohnya, dalam film Ragnarok Thor merupakan sosok yang sulit dikalahkan dan bahkan mampu menghabisi pasukan Thanos (dan Thanos sendiri) di film Infinity War.

Namun, di film Endgame Thor seolah tidak mampu melakukan hal itu lagi. Captain Marvel sendiri baru muncul beberapa kali, namun dari semua pertarungan yang ada dia selalu dapat memenangkan pertarungan itu. Tapi, tetap saja pencapaian Thor masih jauh lebih baik dibandingkan Captain Marvel. Carol sendiri baru muncul di film solonya dan film Endgame, itupun dengan screentime yang sangat kurang. Jadi, untuk sementara tidak ada yang menang.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.