Sejak pertama kali diperkenalkan di Marvel Cinematic Universe, Thor sang putra Odinson sudah digadang-gadang menjadi superhero terkuat di franchise tersebut. Kemunculan Scarlet Witch sempat menimbulkan persaingan, namun Thor tetap menjadi yang terbaik. Kemudian MCU memperkenalkan Captain Marvel, superhero yang beroperasi di luar bumi. Dengan kekuatan Kree yang dimilikinya, Carol Danvers menjadi pesaing kuat saat ini bagi Thor. Lalu, siapa yang akan menang dalam pertarungan mereka?

Pengalaman: Thor

Untuk pengalaman, rasanya sudah jelas siapa yang akan menang yaitu Thor Odinson. Carol sendiri usianya mungkin sudah 50 tahun, tapi Thor yang merupakan seorang dewa sudah berusaha lebih dari 1500 tahun. Selain itu, pengalaman bertarung Thor juga jauh diatas Carol. Captain Marvel mungkin beroperasi di luar bumi, tapi Thor beroperasi di sembilan alam.

Captain Marvel sendiri “baru” memiliki pengalaman bertarung sekitar dua dekade, dan dia sebenarnya tidak bertarung untuk planet tersebut. Carol lebih kepada membantu planet-planet lain yang sedang dalam masa krisis. Pengalaman bertarung memperlihatkan bagaimana cara seseorang bertarung, artinya cara bertarung Thor jauh lebih baik dibanding Captain Marvel.

Kecepatan: Captain Marvel

Dengan kekuatan petir yang dimiliki Thor mungkin memiliki kecepatan yang luar biasa, namun kecepatan tersebut masih kalah dibandingkan kecepatan dari seorang Carol Danvers. Buktinya adalah dengan wilayah operasinya yang berada di luar bumi, perlu kecepatan yang tinggi untuk bisa berpindah dari satu planet ke planet lainnya. Contoh lainnya adalah dalam film Avengers: Endgame, Carol tepat pada waktunya ketika para Avengers sedang bertarung melawan Thanos padahal dia sedang berada di luar bumi.

Contoh lainnya adalah dia berhasil menyelamatkan Nebula dan Tony Stark yang terjebak di tengah-tengah luar angkasa yang kosong dan sepi. Carol kemudian membawa kembali pesawat Benathar ke bumi dalam waktu singkat. Dia juga bahkan melakukan pengintaian di sebuah planet tempat Thanos bersembunyi, dan perlu beberapa menit saja untuk Carol pergi dan kembali ke Benathar.

Kekuatan (Yang Ditembakan): Seimbang

Untuk poin ini, bisa dibilang kekuatan photon blast yang ditembakan oleh Captain Marvel dan kemampuan mengeluarkan petir yang dimiliki Thor memiliki kekuatan yang sama. Mungkin Geeks ada yang berpendapat jika photon blasts Captain Marvel lebih kuat, tapi kekuatan petir Thor pada nyatanya memiliki kekuatan yang lebih kuat.

Thor sendiri mampu melelehkan besi terkuat yaitu vibranium dengan kekuatan petirnya ketika dipadukan dengan kekuatan Iron Man dan Vision. Thor juga menggunakan petirnya untuk mengalahkan Hulk, bahkan dia juga membantai sleuruh pasukan Hela dengan petirnya. Photon blasts juga sering kali membuat banyak musuh kewalahan dengan kekuatannya yang besar.

Kemampuan Bertarung: Thor

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan pengalaman bertarung selama lebih dari ribuan pertarungan dan terjadi di sembilan alam Thor memiliki kelebihan dari segi kemampuan bertarung. Sedangkan Carol Danvers, lebih mengedepankan kekuatan superhero yang dia miliki dibandingkan kekuatan fisiknya. Contohnya adalah ketika Yon Rogg yang mencegah kepalan tangan Carol yang akan mengeluarkan photon blast miliknya.

Di sisi lain, Thor pernah bertarung secara langsung dengan Hulk dan berhasil mengalahkannya. Semua berkat kemampuan bertarung Thor yang mumpuni. Namun, saat melawan Thanos Thor memang sedikit kewalahan karena kekuatan fisik Thanos yang berada di atas Thor.

Stamina: Captain Marvel

Beberapa kali Captain Marvel diperlihatkan bertarung dengan berbagai macam lawan, Carol jarang memperlihatkan bagaimana dia kelelahan dalam pertarungan tersebut. Bahkan, ketika Carol Danvers berkeliling alam raya ini dan kembali bertarung dia tidak terlihat kelelahan sedikit pun. Dia menghancurkan kapal induk milik Thanos dan mendarat di atas tanah dengan santai seperti seseorang yang benar-benar datang dalam keadaan “segar.”

Dengan berubahnya bentuk fisik Thor, memiliki pengaruh terhadap kekuatan dan stamina Thor. Tapi, sebenarnya dia sudah menunjukan bagaimana seorang Thor juga kelelahan setelah mengeluarkan tenaga yang cukup banyak. Contohnya adalah dalam pertarungan Battle of New York, Thor terlihat kewalahan ketika pasukan Chitauri terus bertambah banyak.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2