Namor

Namor merupakan salah satu karakter klasik dari Marvel Comics, dengan kemunculan pertamanya pada 1939 silam. Karakternya juga unik, dimana Namor merupakan setengah warga Atlantis dan setengah lainnya adalah manusia biasa. Karena “kelebihannya” ini, Namor lebih unggul dibandingkan warga Atlantis yang lain. Meskipun Namor bukanlah mutan pertama yang muncul dalam cerita canon, tapi dia adalah mutan yang pertama kali muncul dalam cerita komik Marvel.

Dalam event Avengers vs X-Men, Namor menjadi salah satu karakter yang terkena ledakan senjata milik Beast yang ditembakan ke arah Phoenix. Hal itu kemudian membuat Namor kemudian terkena kekuatan dari Phoenix itu sendiri. Namor kemudian dikendalikan oleh kekuatan Phoenix Force dan menyerang Wakanda. Avengers kemudian berusaha mengeluarkan Phoenix Force dari dalam diri Namor.

Nightcrawler

Meskipun Nightcrawler tidak pernah diasosiasikan dengan Phoenix Force di universe utama yaitu Earth-616, namun dalam universe alternatif di event “What If” Nightcrawler adalah karakter yang pernah merasakan kekuatan Phoenix Force. Hal ini terjadi dalam komik What If Vol. 2 #23, dimana diceritakan dalam dunia tersebut generasi kedua dari para X-Men tidak pernah ada. Nightcrawler kemudian menjadi host bagi Phoenix Force atas kemuannya sendiri dan kemudian mengorbankan dirinya demi menyelamatkan bumi.

Madelyne Prior

Madelyne Prior merupakan seorang kloning dari Jean Grey yang diciptakan oleh Mister Sinister, sebagai bagian dari sebuah eksperimen. Meskipun Madelyne tidak mendapatkan kekuatan Phoenix Force sebesar Jean Grey, kekuatan tersebut yang memilih sendiri Madelyne setelah Jean Grey tewas dan merupakan alasan mengapa dia bisa hidup di lab milik Mister Sinister.

Phoenix Force sendiri tidak banyak memberikan kekuatan kepada Madelyne selain memberikannya kesempatan untuk hidup. Tapi, Madelyne memiliki kekuatan telepati dan telekinesis milik Jean Grey juga memiliki kemampuan sihir Asgardian dengan mampu untuk menyembuhkan orang lain. Mister Sinister sempat membuat enam kloning yang sama sebelum akhirnya dihancurkan oleh Phoenix Force.

Hope Summers

Hope Summers merupakan mutan pertama yang lahir ke dunia setelah Scarlet Witch menghabisi seluruh mutan yang ada. Karena hal itulah Hope sering menjadi incaran banyak orang dan Cable berusaha untuk melindungi Hope. Cable sendiri merupakan ayah dari Hope dan Summers merupakan nama dari ibu Hope. Meskipun tidak ada hubungan apapun dengan Jean Grey dan Scott Summers, dia tetap memiliki kekuatan yang luar biasa dan juga mampu mendapatkan kekuatan Phoenix Force.

Ternyata terungkap jika lahirnya Hope ke dunia memiliki tujuan untuk menjadi host yang baru bagi Phoenix Force, dan ketika kekuatan kosmik tersebut tiba di bumi, Avengers dan X-Men pun berusaha untuk mencegah agar Hope bisa berhubungan dengan Phoenix Force. Namun, tujuan tersebut ternyata tidak bisa dicegah dan dia menggunakan kekuatan Phoenix Force untuk mengembalikan seluruh ras mutan dan mengeluarkan kekuatannya secara mandiri.

Cyclops

Setelah harus berulang kali melawan mereka yang dirasuki oleh kekuatan Phoenix Force, akhirnya Scott sendiri merasakan kekuatan tersebut. Cyclops merupakan salah satu mutan yang terkena ledakan alat milik Beast, yang kemudian membuatnya terkena kekuatan dari Phoenix Force. Kekuatan tersebut terbukti sangat merusak dan merubahnya menjadi Dark Phoenix.

Setelah membunuh Professor Xavier, arwah dari Jean Grey kemudian membantu Scott untuk kembali tersadar dan melepaskan semua kekuatan Phoenix Forcenya. Cyclops kemudian kembali dirasuki phoenix Force setelah mendapatkan sebuah telur Phoenix. Sebelum menyatunya Earth 616 dan Ultimate 1610 yang kemudian memunculkan event Secret Wars.

Cyclops menggunakan telur tersebut untuk mendapatkan Phoenix Force setelah multiverse tersebut hancur. Cyclops dan Phoenix Force kemudian berhasil dibunuh oleh Doctor Doom yang mendapatkan kekuatan dari the Beyonders.

1
2
3
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.