Mungkin kebanyakan Geeks banyak yang mengira jika Phoenix Force merupakan sebuah reprentasi dari kekuatan penuh dari Jean Grey. Tapi, sebenarnya Phoenix Force merupakan sebuah kekuatan kosmik yang sangat dahsyat yang bukan hanya Jean Grey yang pernah merasakannya. Ada berbagai karakter Marvel lainnya yang pernah merasakan kedahsyatan Phoenix Force, siapa saja?

Spider-Man

Peter Parker mendapatkan kekuatan Phoenix Force dalam komik Spider-Man #25 yang diterbikan pada 2002 silam. Spidey mendapatkan kekuatan tersebut saat pertarungan kelompok pahlawan Excalibur dengan Arcade. Dalam pertarungan tersebut, Arcade menjebak seluruh tim Excalibur, termasuk Spidey, dalam Murderworlds. Arcade kemudian mengganti beberapa anggota Excalibur dengan robot android yang mampu menciptakan ilusi dari para karakter utama seperti Rachel Grey, yang dibunuh secara dramatis.

Spidey kemudian sadar bahwa ini hanyalah sebuah trik ilusi, dan dia pun kemudian menggunakan teknik ini untuk menciptakan ilusi Spider-Man yang menggunakan kekuatan dari Phoenix Force. Sebenarnya Spidey tidak pernah mendapatkan kekuatan atau kemampuan Phoenix tersebut, tapi triknya itu mampu mengakhiri pertarungan melawan Arcade. Spider-Phoenix sendiri pernah muncul dalam permainan PlayStation Spider-Man 2: Enter Electro, dan Stan Lee memberikan sebuah ceirta khusus terhadap karakternya.

Rachel Grey

Rachel Summers merupakan putri dari pasangan Scott Summers dan Jean Grey Summers dalam sebuah universe alternatif yang disebut Earth-811. Rachel Grey sendiri pertama kali muncul pada 1981 dalam cerita “Days of Future Past,” di komik Uncanny X-Men #141 dan #142. Sejak saat itu, Rachel Grey mulai sering muncul di berbagai komik X-Men.

Selain memiliki kekuatan telekinesis dan telepati seperti ibunya, Rachel juga lahir dengan hubungan yang alami bersama Phoenix Force. Dalam setiap kemunculannya di komik, Rachel sering kali memperlihatkan kemampuannya untuk mengendalikan energi kosmik, yang dia gunakan untuk meningkatkan kekuatan telepati, memanipulasi benda, dan terhubung dengan luar angkasa. Dalam cerita X-Men Kingbreaker, Rachel sempat kehilangan sebagian besar kekuatannya yang diakibatkan oleh arwah dari Jean Grey yang mengambil kembali energi tersebut demi keseimbangan kosmik.

Amber Hunt

Amber Hunt merupakan sebuah karakter dari universe Ultraverse, yang muncul dalam komik cetakan hasil kerja sama Marvel dan Malibu Comics. Amber bergabung dengan salah satu tim pahlawan, Exiles, dan menjadi anggota utama dari tim superhero Ultraverse. Amber sendiri pada awalnya hanyalah seorang murid SMA biasa yang kemudian terinfeksi virus Theta yang memberikannya kekuatan super.

Kekuatan utamanya adalah terbang dan mengeluarkan api dari tubuhnya, mirip seperti Human Torch dari Fantastic Four. Dalam mini seri Break-Thru, Amber diberikan kekuatan yang memiliki hubungan dengan radiasi dan spektrum cahaya. Meskipun tidak memiliki kemampuan telekinesis atau telepati, dalam komik Phoenix Ressurection: Genesis Amber Hunt tetap dipilih oleh Phoenix Force ketika kekuatan kosmik tersebut berada di Ultraverse. Terpilihnya Amber lebih mengarah kepada untuk melindungi Phoenix Force dan bumi dibandingkan menjadi host atau inang bagi sumber kekuatan tersebut, seperti Jean Grey.

Emma Frost

Emma Frost sebenarnya sudah memiliki sejarah yang cukup panjang dengan Phoenix Force, bahkan sebelum dia menjadi inang bagi kekuatan kosmik itu. Sebagai White Queen dari the Hellfire Club, dia merupakan penyebab “rusaknya” Jean Grey yang kemudian menjadi jalan menuju kemunculan Dark Phoenix. Emma juga pernah mengencani suami Jean, Scott, dan menjadi pasangannya ketika kekuatan Phoenix Force kedua bangkit dan kematiannya dalam komik New X-Men.

Emma pernah terpilih dan dirasuki oleh Phoenix Force dalam waktu singkat dalam cerita “Phoenix Endsong” dan memiliki peran yang penting dalam “Phoenix Warsong,” yang memperlihatkan bagaimana Phoenix Force berhasil merasuki beberapa muridnya, Stepford Cuckoos, dan menghancurkan kloning yang dia buat dari DNAnya. Dalam Avengers vs X-Men, Emma Frost kembali dirasuki oleh Phoenix Force namun kali ini dia terkena paparan alat milik Beast dan bukan dipilih oleh kekuatan tersebut. Emma kemudian berhasil lepas, ketika Scott yang juga dirasuki Phoenix Force berubah menjadi gila sehingga kekuatan yang ada pada diri Emma pun keluar.

Stepford Cuckoos

Stepford Cuckoos merupakan sekelompok remaja putri yang pertama kali diperkenalkan dalam komik New X-Men. Pada awalnya ada lima orang Cuckoos, yaitu Sophie, Celeste, Mindee, Esme, dan Phoebe. Namun, sayangnya dua diantara mereka, Sophie dan Esme, harus tewas. Ketiga Cuckoos tersebut kemudian sering menjadi karakter pendukung dalam setiap cerita X-Men sampai saat ini.

Stepford Cuckoos merupakan pengguna kekuatan telepati yang kuat dan merupakan hasil kloning dari Emma Frost. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ketiga murid dan juga kloning dari Emma Frost ini pernah dirasuki oleh kekuatan kosmik Phoenix Force yang mereka gunakan untuk membangkitkan kembali Sophie dan Esme.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2