Sebelum Disney membeli Lucasfilm, cerita dari franchise Star Wars terus diperluas dalam apa yang dikenal sebagai Expanded Universe. Cerita ini dilampirkan dalam berbagai media, seperti komik, novel, dan banyak lagi. Tetapi, setelah Lucasfilm dibeli Disney, cerita EU dibuat secara resmi non-kanon, dan kini resmi dinamai Legends. Hingga segala sesuatu yang bukan film atau Star Wars: Clone Wars dipindahkan ke status Legends. Tetapi lucunya, materi kanon saat ini meminjam banyak elemen dari Legends, seperti komandan Empire, Thrawn, yang baru-baru ini diperkenalkan kembali ke kanon di Star Wars Rebels.

Menjelang rilis The Mandalorian di Disney +, para penggemar bertanya-tanya apakah Favreau dan produser Dave Filoni akan membawa beberapa karakter Legends ke live-action. Salah satu tokoh Legends yang populer dan diharapkan akan muncul adalah Mara Jade – penyelundup yang peka terhadap force yang bekerja untuk Empire namun akhirnya menikah dengan Luke Skywalker. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan EW, Favreau ditanya apakah Mara akan muncul di The Mandalorian, dan dia hanya menjawab bahwa gagasan menyatukan semua aspek Star Wars adalah sesuatu yang mereka harapkan untuk dicapai.

“Saya tidak ingin membicarakan apa pun yang mungkin menyenangkan untuk ditemukan orang. Tapi kami memiliki percakapan, mengenai bagian apa yang menyenangkan untuk dilihat jika kita dapat menggabungkan dunia dari trilogi asli, prekuel, sekuel, The Clones Wars, dan apa yang dianggap kanon hingga saat ini dan apa yang dianggap sebagai bagian dari Legends. Saya pikir acara ini menawarkan kesempatan untuk membawa semua elemen itu jadi apa pun menjadi Star Wars yang anda sukai, jadi akan ada sesuatu untuk dinikmati. “

Favreau dikenal handal dalam menyimpan rahasia, tapi jawaban “gantungnya” mungkin menyiratkan jika ia telah menyiapkan kejutan yang di ambil dari Legends. Hanya saja apakah itu Mara Jade atau hal lain, tentu harus kita tunggu di seriesnya yang akan rilis pada November mendatang.

Disisi lain, ada pula rumor yang menyebutkan bahwa Mara Jade akan hadir dalam film Star Wars: The Rise of Skywalker. Cukup wajar jika hal itu terjadi, karena sebagai film terakhir dari trilogi generasi baru, Rise of Skywalker harus menyiapkan kejutan untuk penggemarnya. Apalagi banyak dari penggemar hardcore Star Wars yang kecewa dengan film sebelumnya. Tentu jika mereka berhasil membawa hati para penggemar, kelanjutan franchise Star Wars akan sangat di tunggu oleh kita.