Beberapa minggu setelah film Spider-Man: Far From Home menjadi film solo Spider-Man yang paling sukses, kabar tentang keluarnya Peter Parker dari MCU benar-benar memberikan kejutan bukan hanya para cast tetapi juga para fans. Meskipun saat ini masa depan Spider-Man masih belum bisa ditentukan, namun ada beberapa proyek film tentang para villain Spider-Man yang sedang dikembangkan dan diproduksi oleh Sony. Apa saja?

Venom 2

Venom 2 merupakan film yang diutamakan oleh Sony untuk dikembangkan. Film pertamanya sendiri mendapatkan pemasukan yang cukup fantastis, sebanyak USD 856 juta dari seluruh dunia dan USD 213 juta untuk domestik. Hal ini membuat tidak perlu berpikir panjang untuk memberikan lampu hijau kepada film sekuelnya. Bahkan, banyak yang melabeli film-film Sony ini sebagai Venom-Verse dan bukan Spider-Verse.

Beberapa detail terkait proses produksi Venom 2 mengalami sedikit perubahan. Pertama Ruben Fleischer tidak lagi menjadi sutradara film ini. Posisi Fleischer digantikan oleh sutradara sekaligus aktor, Andy Serkis. Pergantian sutradara ini tidak merubah detail lainnya seperti kemunculan Woody Harrelson sebagai Kletus Casady alias Carnage. Tom Hardy dan Anne Weying akan kembali ke peran lama mereka. Film ini rencananya akan dirilis pada 2 Oktober 2020.

Morbius the Living Vampire

Proyek film Morbius the Living Vampire sendiri diumumkan sebelum rencana sekuel Venom muncul. Daniel Espinosa ditunjuk sebagai pengarah untuk film ini. Pemeran Joker di film Suicide Squad, Jared Leto, dipilih untuk berperan sebagai Dr. Morbius, sementara aktor Matt Smith akan berperan sebagai Loxias Crown, villain dari Morbius yang juga memiliki penyakit yang sama dengan Morbius.

Film ini juga akan kembali mempertemukan Matt Smith dengan Jarred Harris, yang dalam series The Crown berperan sebagai raja George VI. Jarred Harris sendiri akan berperan sebagai mentor bagi Morbius. Selain itu ada nama beken lain seperti Adira Arjona yang akan berperan sebagai kekasih Morbius dan juga Tyreese Gibson akan memerankan karakter agen FBI yang akan memburu Morbius. Film ini sendiri rencananya akan dirilis pada musim panas mendatang.

Kraven The Hunter

Film solo tentang salah satu villain Spider-Man, Kraven the Hunter, sudah memasuki tahap pengembangan saat ini. Pada akhir 2018 kemarin, screenwriter filmnya yaitu Richard Wenk mengatakan Spidey dan Kraven akan saling berhadapan dalam film ini. Meskipun pada saat itu terdengar mustahil, karena Spidey bagian dari MCU, tapi untuk saat ini hal itu bisa saja dilakukan.

Banyak yang menduga jika cerita Kraven’s Last Hunt akan menjadi sumber yang akan diadaptasi ke filmnya. Menurut Wenk, cerita tersebut merupakan cerita yang paling sering dibahas ketika ia merencanakan film ini. Sony sendiri kabarnya sedang mengincar sutradara kawakan, Antoine Fuqua, sebagai sutradara di film ini. Masih belum diketahui kapan film ini akan tayang dan siapa saja cast yang akan bermain di film ini.

Black Cat

Selain Venom, salah satu film yang menghadirkan sosok villain (dan kadang merupakan sekutu) bagi Spider-man yaitu Silver & Black. Film tersebut akan berfokus pada cerita tentang kerja sama dan saling benci antara Silver Sable dan Black Cat kepada Spider-Man. Sayangnya, rencana proyek film ini harus dibatalkan tanpa diketahui penyebabnya.

Meskipun film tersebut kemungkinan besar tidak akan diproduksi, produser film Spider-Man, Amy Pascal, mengatakan bahwa Sony sendiri masih ingin membuat sebuah film yang menghadirkan sosok Black Cat. Amy mengatakan jika dirinya masih mengusahakan film tersebut pada awal 2019 ini. Dirinya juga mengatakan jika Sony memiliki rencana untuk karakter tersebut.